Teknis supervisi pendidikan berarti suatu cara atau jalan yang di gunakan supervisor pendidikan dalam memberikan pelayanan atau bantuan kepada guru.
adapun teknik-teknik dalam supervisi pendidikan untuk meningkatkan program sekolah dapat mengunakan berbagai teknik atau metode sepervisi pendidikan. Dari sejumlah teknik yang dapat diterapkan dalam pembelajaran, ditinjau dari banyaknya guru dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian besar, yakni teknik individual dan teknik kelompok. Berikut uraiannya:
1. teknik individual
teknik ini digunakan apabila masalah yang dihadapi bersifat pribadi apalagi khusus atau “secret”.
Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan antara lain:
a. Kunjungan Kelas d. Kunjungan antar Kelas
b. Observasi Kelas e. Menilai Diri Sendiri
c. Pertemuan Individu
1) Kunjungan kelas (classroom visitation)
Kunjungan kelas ialah kunjungan sewaktu-waktu yang dilakukan oleh supervisor (kepala sekolah, penilik, atau pengawas) untuk melihat atau mengamati pelaksanaan proses pembelajaran sehingga diperoleh data untuk tindak lanjut dalam pembinaan selanjutunya.
Tujuannya :
mengobservasi bagaimana guru mengajar.
Menolong para guru untuk mengatasi masalah-masalah yang mereka hadapi.
Fungsi:
Mengoptimalkan cara belajar mengajar yang dilaksanakan para guru.
Membantu mereka untuk menumbuhkan profesi kerja secara optimal.
2) Observasi kelas ( classroom observation)
Observasi kelas adalah teknik observasi yang dilakukan ketika supervisor yang secara aktif mengikuti jalannya kunjungn kelas ketika proses sedang berlangsung.
Tujuannya:
Memperoleh data yang subjektif mengenai aspek situasi dalam proses pembelajaran yang diamati.
Mempelajari praktek-praktek pembelajaran setiap pendidik dan mengevaluasinya.
Menemukan kelebihan dan sifat yang menonjol pada setiap pendidik.
Menemukan kebutuhan para pendidik falam menunaikan tugasnya.
Memperoleh bahan-bahan dan informasi guna penyusunan program supervise.
Mempererat dan memupuk integritas sekolah.
Aspek-aspek yang diobservasi:
Usaha dan aktifitas guru-siswa dalam proses pembelajaran.
Cara penggunaan media pembelajaran.
Reaksi mental para peserta didik dalam proses pembelajaran.
Keadaan media yang digunakan.
Lingkungan social, fisik sekolah, baik di dalam maupun di luar kelas dan factor-faktor penunjang lainnya.
Alat-alat Observasi:
Check-List, yakni alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam melengkapi keterangan-keterangan yang lebih obyektif terhadap situasi pembelajaran dalam kelas.
3) Pertemuan Individu )Individual Conference(
Yaitu percakapan pribadi antara supervisor dengan seorang guru mengenai usaha-usaha untuk memecahkan problematika yang dihadapi oleh seorang pendidik.
Tujuannya:
Memupuk dan mengembangkanpembelajaran yang lebih baik.
Memperbaiki kelemahan dan kesalahan yang sering dialami.
Jenis-jenis Pertemuan Pribadi:
Classroom Conference, percakapan di kelas ketika para peserta didik tidak berada di dalam kelas.
Office Conference, percakapan yang dilakukan di ruang kepala sekolah atau ruang guru.
Casual Conference, percakapan yang dlaksanakan secara kebetulan.
4) Saling Mengunjungi Kelas (Intervisitation)
Saling mengunjungi antar rekan guru yang satu dengan guru yang lain yang sedang mengajar.
Keuntungan-keuntungan:
Memberikan kesempatan pada guru untuk mengamati rekan lain yang sedang mengajar.
Membantu guru untuk mendapatkan pengalaman yang sangat berguna mengenai teknik dan metode pembelajaran dalam kelas.
Memberikan motivasi terhadap aktivitas mengajar.
Menciptakan suasana kewajaran dalam berdiskusi mengenai masalah yang dihadapi.
2. teknik kelompok
teknik yang digunakan bersama-sama oleh supervisor dengan sejumlah guru dalam satu kelompok. benyak bentuk-bentu teknik yang bersifat kelompok ini sebagai berikut
- pertemuan orientasi bagi guru baru
- rapat guru
- kepanitiaan
- diskusi
- seminar
- organisasi jabatan
- bulletin supervisi
- perpustakaan jabatan
- simposium
penulis : OKTA YURINA (2120203026)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H