pendidikan adalah salah satu unsur paling penting dalam kehidupan manusia yang merupakan proses pembentukan pribadi dan karakter manusia. supervisi pendidikan adalah alat yang digunakan oleh supervisor untuk mencapai supervisi itu sendiri yang pada akhir nya dapat melakukan perbaikan pengajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi dalam pelaksanaan supervisi pendidikan sebagai supervisor harus mengetahui dan memahami serta melaksanakan teknik-teknik dalam supervisi.
 seorang sepervisor juga sering di berikan kekuasaan untuk mengangkat, memberhentikan, atau memindahkan pekerja, dan untuk melakukan tindakan-tindakkan lain selakun manager. kemudian konsep supervisi modern dirumuskan oleh kimbal wiles (1967) sebagai berikut Supervision is assistance in the devolepment of a better teaching learning situation". Supervisi adalah bantuan dalam pengembangan situasi pembelajaran yang lebih baik.
Proses supervisi merupakan rangkaian kagiatan yang dilaksanakan ketika melakukan supervisi. Menurut Tim Pakar Manajemen Pendidikan (2004:53) secara umum proses pelaksanaan supervisi dilaksanakan melalui tiga tahap
yaitu:
1. perencanaan
2. pelaksanaan
3. evaluasiÂ
4. tidak lanjut
Macam-Macam Supervisi Pendidikan Berdasarkan Sudut Pandang Supervisi pendidikan adalah suatu kegiatan pemberian bantuan yang berupa pembinaan, bimbingan dan arahan yang diberikan oleh pengawas, kepala sekolah/madrasah atau pembina lainnya kepada para guru dan personalia sekolah untuk dapat meningkatkan kualitas proses mutu hasil belajar mengajar.
menurut substansi nya, supervisi pendidikan dibagi menjadi 6 :
1. pengawasan bidanng profesional
2. pengawasan bidang sarana dan prasarana