Mohon tunggu...
Oktariana Mar G
Oktariana Mar G Mohon Tunggu... Lainnya - Agribisnis - Faperta

Mahasiswa Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Meningkatkan Minat Baca dengan Mengoptimalkan Literasi Siswa pada Masa Pandemi Covid-19

24 Agustus 2021   15:12 Diperbarui: 25 Agustus 2021   13:39 417
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Tugu selamat datang di Desa Locare KEC. Curahdami


Nama : Marhamah

NIM : 181510601129

Fakultas : Pertanian

DPL : drg Agustin Wulan Suci Dharmayanti. MDSc

Desa locare merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Bondowoso, Provensi Jawa Timur. Desa Locare terbagi menjadi 7 dusun yaitu terdiri dari : Krajan I, Krajan II, Krajan III, Krajan IV, Kidul Kali I, Kidul Kali II dan Batas. Dalam rangka memaksimalkan fungsi pelayanan terhadap masyarakat di Desa Locare dari tujuh Dusun tersebut terbagi menjadi 4 Rukun warga (RW) dan 3 Rukun Tetangga (RT). Secara geografis Desa Locare terletak di sebelah Barat  Kecamatan, yang berbatasan dengan Hutan, dengan luas wilayah total 257,725 Ha. Berdasarkan Data Administrasi Pemerintah Desa, jumlah penduduk yang tercatat secara administrasi, jumlah total 1961 jiwa.

Mata pencarian masyarakat di Desa Locare sebagaian besar ialah sebagai buruh tani yakni mencapai sebanyak 31,2%, Petani 2, 9%. Jumlah penduduk di desa locare yang mempunyai mata pencaharian ada 61,34% dari total penduduk. Jumlah tersebut, kehidupannya bergantung pada sektor pertanian, jasa angkutan, perdagangan dll. Sementara penduduk yang lain mempunyai mata pencaharian yang berbeda-beda, ada yang berprofesi sebagai PNS, TNI, POLRI, pedagang, karyawan swasta, sopir, wiraswasta, tukang bangunan, dan lain-lain.

Pendidikan merupakan satu hal penting dalam memajukan tingkat kesejahteraan dan tingkat perekonomian. Dengan tingkat pendidikan yang tinggi maka akan mendongkrak tingkat keterampilan. Desa locare memiliki sarana prasarana pendidikan yaitu play group, TK, SD, SMP, SMA, RA, Ibtidaiyah, Tsnanawiyah, Aliyah dan Ponpes. Akan tetapi semenjak pandemi seluruh kegiatan dilakukan di rumah saja. Desa locare ialah desa yang memiliki sarana prasarana yang berpotensi terhadap dunia pendidikan selain di sekolah, akan tetapi kurangnya minat baca sehingga banyaknya buku yang terabaikan yang ada di kantor desa.

Melalui kegiatan KKN ini penulis tertantang sekaligus berusaha membimbing dan meningkatkan potensi minat baca siswa sebagai program KKN. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back to village 3 di Desa Locare Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso yang di laksanakan pada tanggal 11 Agustus 2021 hingga 9 September 2021. Pelaksanaan program literasi desa yang dilakukan memiliki tujuan yaitu meningkatkan minat baca dan ilmu pengetahuan serta kreativitas siswa. 

Adapun pembimbingan kegiatan literasi desa dengan meningkatkan minat baca siswa yang dilakukan terhadap siswa MIN di Desa Locare, Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso terdapat beberapa metode, diantaranya pada Pemberian sosialisasi pada siswa tentang pentingnya budaya gemar membaca, Pembuatan panflet untuk donasi buku, pendampingi proses membaca berantai dan terakhir evaluasi penerapan proses membaca berantai.

Sosialisasi tentang pentingnya buda membaca dan pendampingan proses proses membaca secara berantai, bertujuan agar siswa mengetahui tentang pentingnya membaca dalam meningkatkan ilmu pengetahuan, menumbuhkan jiwa siswa yang percaya diri dan kreatif.  

Oleh sebab itu dalam berbagai kegiatan yang di lakukan di harapkan mampu menumbuhkan minat baca siswa dalam budaya membaca. Perencanaan kegiatan ini dilakukan dalam kegiatan ini yaitu, dilakukan komunikasi dengan Kepala Desa Locare dalam meminta izin serta dukungan dalam keberlangsungan proses program KKN back to village 3. Wawancara dan diskusi yang di laksanakan dengan kepala desa locare diantaranya yaitu permasalahan serta tempat pelaksanaan kegiatan. 

Metode pelaksanaan program kerja KKN dalam mencapai tujuan terbagi menjadi empat kegiatan yaitu kegiatan yang pertama observasi desa dan pengenalan kepada sasaran serta diskusi mengenai permasalahan. Kegiatan selanjutnya yaitu Pemberian sosialisasi pada siswa tentang pentingnya budaya gemar membaca, pendampingan proses membaca secara berantai dan Open donasi buku. Kegiatan keempat yaitu proses evaluasi mengenai proses membaca secara berantai yang telah di terapkan kepada siswa. (Marhamah//16/Locare//drg. AgustinWulan Suci D.,MDSc )

Gambar road map kegiatan KKN BTV 3 Universitas Jember 
Gambar road map kegiatan KKN BTV 3 Universitas Jember 


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun