Smart Hotel
Hotel diharuskan memiliki bentuk pelayanan yang terbaik untuk ditawarkan kepada tamu hotelnya agar tamu hotelnya memilih jasanya. Adapun istilah baru yakni smart hotel, yang mana dikenal sebagai hotel yang menggunakan teknologi terbaru penunjang kebutuhan guna pelayanan tamu.Â
Teknologi yang digunakan merupakan teknologi yang perkembangan paling terbaru yang mana penggunaannya diharapkan dapat memudahkan pihak hotel dalam memberikan sebuah suasana baru dalam proses pelayanan tamu dan tamu juga dapat merasakan bagaimana sebuah sentuhan teknologi dapat menggantikan peran manusia dalam pelayanan akan tetapi tidak mengurangi esensi dalam pelayanan tersebut.Â
Bagaimana Smart Hotel Melayani Tamu?
Beberapa hotel yang sudah menggunakan teknologi terbaru dan juga kecerdasan buatan merupakan contoh perwujudan dari konsep smart hotel. Sebuah studi menunjukan bahwa smart hotel mengacu pada penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dilakukan untuk meningkatkan efisiensi layanan kepada tamu.Â
Bentuk contoh kenapa sebuah hotel dikatakan smart hotel adalah penggunaan teknologi terbaru seperti proses check in dan check out secara self service, teknologi pengenalan wajah, akses komunikasi dan pelayanan menggunakan satu aplikasi dalam smartphone, perangkat sterilisasi pada kamar yang otomatis, robot pembersih dan masih banyak lagi teknologi yang sudah diadaptasi pada hotel-hotel diseluruh dunia.
Sebagai contoh wujud pelaksanaan smart hotel diantaranya ada Marriot International yang telah bekerjasama dengan Samsung dalam mewujudkan kamar yang memiliki sistem penunjang komunikasi pintar untuk melayani tamu.Â
Hotel Henn-na di Jepang yang menggunakan robot sebagai penyambut tamu dan pembawa koper, dan Hotel Flyzoo di Tiongkok yang menggunakan teknologi robot, kecerdasan buatan dan pengenalan wajah.Â
Pada dasarnya smart hotel melayani tamu dengan sentuhan teknologi terbaru dengan harapan dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan kemudahan tanpa menghilangkan nilai-nilai hospitality.
Bagaimana Kepuasan Tamu Terbentuk?
Fenomena kepuasan tamu diartikan dapat diartikan bahwa tamu yang pengalamannya di bawah ekspektasi akan merasa tidak puas. Tamu yang pengalamannya sesuai dengan harapan akan puas.Â