Mohon tunggu...
Okky Rizal R
Okky Rizal R Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hanya Seorang Laki-Laki Biasa

Master Student of Tourism at Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Trip

Smart Hotel Membuat Kepuasan Tamu Selama Pandemi

21 Desember 2021   08:25 Diperbarui: 21 Desember 2021   08:56 614
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi. ( Kamar Smart Hotel Foto: Shutter Stock)  

Smart Hotel

Hotel diharuskan memiliki bentuk pelayanan yang terbaik untuk ditawarkan kepada tamu hotelnya agar tamu hotelnya memilih jasanya. Adapun istilah baru yakni smart hotel, yang mana dikenal sebagai hotel yang menggunakan teknologi terbaru penunjang kebutuhan guna pelayanan tamu. 

Teknologi yang digunakan merupakan teknologi yang perkembangan paling terbaru yang mana penggunaannya diharapkan dapat memudahkan pihak hotel dalam memberikan sebuah suasana baru dalam proses pelayanan tamu dan tamu juga dapat merasakan bagaimana sebuah sentuhan teknologi dapat menggantikan peran manusia dalam pelayanan akan tetapi tidak mengurangi esensi dalam pelayanan tersebut. 

Bagaimana Smart Hotel Melayani Tamu?

Beberapa hotel yang sudah menggunakan teknologi terbaru dan juga kecerdasan buatan merupakan contoh perwujudan dari konsep smart hotel. Sebuah studi menunjukan bahwa smart hotel mengacu pada penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dilakukan untuk meningkatkan efisiensi layanan kepada tamu. 

Bentuk contoh kenapa sebuah hotel dikatakan smart hotel adalah penggunaan teknologi terbaru seperti proses check in dan check out secara self service, teknologi pengenalan wajah, akses komunikasi dan pelayanan menggunakan satu aplikasi dalam smartphone, perangkat sterilisasi pada kamar yang otomatis, robot pembersih dan masih banyak lagi teknologi yang sudah diadaptasi pada hotel-hotel diseluruh dunia.

Sebagai contoh wujud pelaksanaan smart hotel diantaranya ada Marriot International yang telah bekerjasama dengan Samsung dalam mewujudkan kamar yang memiliki sistem penunjang komunikasi pintar untuk melayani tamu. 

Hotel Henn-na di Jepang yang menggunakan robot sebagai penyambut tamu dan pembawa koper, dan Hotel Flyzoo di Tiongkok yang menggunakan teknologi robot, kecerdasan buatan dan pengenalan wajah. 

Pada dasarnya smart hotel melayani tamu dengan sentuhan teknologi terbaru dengan harapan dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan kemudahan tanpa menghilangkan nilai-nilai hospitality.

Bagaimana Kepuasan Tamu Terbentuk?

Fenomena kepuasan tamu diartikan dapat diartikan bahwa tamu yang pengalamannya di bawah ekspektasi akan merasa tidak puas. Tamu yang pengalamannya sesuai dengan harapan akan puas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun