Product placement atau disebut juga embedded marketing strategy adalah teknik pemasaran di mana suatu produk atau layanan dipamerkan dalam beberapa bentuk media, seperti acara televisi, film, atau video musik.
Bagaimana cara kerja Product placement?
Product placement berfungsi dengan menampilkan item dan layanan di luar konteks iklan tradisional. Saat blok iklan TV muncul di tengah acara, atau iklan spanduk muncul di bagian atas situs web, orang memahami bahwa mereka melihat iklan berbayar tradisional. Tetapi ketika orang menonton promosi berbayar yang ditempatkan dengan hati-hati dalam suatu film atau acara televisi, mereka bahkan mungkin tidak menyadari bahwa mereka sedang melihat iklan. Disadari atau tidak oleh audiens, penempatan visual produk dimaksudkan untuk menarik perhatian audiens dan memengaruhi keputusan pembelian mereka di masa mendatang.
1. Meningkatkan visibilitas dan kesadaran merek. Product placementmembuat suatu barang dan jasa diingat oleh lebih banyak konsumen potensial. Saat mereka menemukan produk  dalam suatu film, produk tersebut akan mendapatkan banyak peluang untuk membuat kesan yang halus.
2. Memperkuat kesadaran merek yang positif. Penempatan yang cerdas dalam memamerkan produk , tetapi melakukannya tanpa mengganggu pengalaman menonton seseorang. Sebaliknya, iklan tradisional berpotensi mengganggu pelanggan , menciptakan asosiasi merek negatif. Bahkan penempatan produk yang paling mencolok pun masih terasa lebih organik daripada iklan tradisional karena tidak menempati ruang iklan tradisional; itu muncul sebagai bagian dari konten lain.
Berikut contoh product placement pada sebuah drama korea  Descendant Of The Sun. Untuk kalian yang sudah pernah menonton drama tersebut boleh sambil meningat kembali apa saja produk yang kalian lihat di drama tersebut.
1. Samsung
Sumber:nikenwidiya.blogspot.com
Pada drama kalian pasti tidak sadar sedang melihat iklan dari Samsung, mulai dari smarthphone, tablet, smarthwatch, hingga laptop. Â Produk - produk tersebut diperlihatkan secara jelas dengan alami oleh karakter - karakter pada drama dalam adegan - adegan mereka sehingga penonton tidak terlihat seoerti sedang menonton iklan.
2.Hyundai
Sumber:nikenwidiya.blogspot.com
Mobil Hyundai yang dikendarai kapten Yoo Si Jin (Song Joong Ki) dan  Seo Dae Young (Jin Goo) dibilang sukses karena dikabarkan mengalami kenaikan penjualan. Kemudian dalam adegan dimana Seo Dae Young (Jin Goo) danYoon Myung Joo (Kim Ji Woon) pada gambar diatas mobil hyundai dibawakan dengan apik mengikuti plot cerita namun juga dengan memperlihatkan fitur mobil yang bisa berkendara otomatis.
3. Dal.Komm Coffee dan SUBWAY
Melihat product placement tersebut pasti kalian juga merasa lebih ingin makan di tempat tersebut karena karakter dalam drama ataupun drama tersebut, bukan?
4.Leneige
Sumber:nikenwidiya.blogspot.com
Product placement brand tersebut juga termasuk brand yang berhasil dari drama tersebut karena saat itu merk tersebut menjadi trending. Saat itu lipstik Song He Kyo atau nama brand tersebut menjadi paling banyak dicari.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H