Mohon tunggu...
Nur Zadila
Nur Zadila Mohon Tunggu... Full Time Blogger - hello

Tulis apa aja, sesukamu.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

5 semester sebagai Mahasiswi Farmasi, Rasanya Gimana?

28 Oktober 2019   23:00 Diperbarui: 3 November 2019   12:46 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh,

Ingat jawab salamnya dulu, hehe.

Selamat malam buat orang-orang yang sempat mampir baca tulisan ini. Sudah hampir lebih setahun saya tidak pernah menulis di akun ini, terakhir kali update dan bercerita ria pas saya masih menyandang gelar 'maba' atau mahasiswa baru yang masih lucu dan polos. Eh, apanya yang lucu? haha. Dan hari ini, aku kembali dengan keisengan ingin menulis lagi dan sekaligus sedang mengikuti sebuah challenge. 

4 semester sudah saya lewati sebagai mahasiswi Farmasi dan sekarang telah menginjakkan kaki di semester 5 yang luar biasa. Seorang mahasiswi semester 5 seperti aku masih 'bukan apa-apa' jika dibandingkan dengan kakak-kakak yang sudah melewati semua lab, sudah lulus S1, atau yang sudah Apoteker. Ya, jelas pengalaman mereka lebih banyak dan masih banyak proses-proses yang sudah mereka lewati dan tentunya... dengan manis menunggu saya untuk melewatinya juga.

But, mungkin saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya selama hidup di dunia yang asik, dunia Farmasi. Cieee, asik.

Jujur, masuk di Farmasi memang awalnya murni ingin berkontribusi dalam dunia kesehatan. Keren aja gitu liat orang-orang yang bantu orang banyak melalui pekerjaan mereka sebagai petugas kesehatan, entah itu dokter, bidan, perawat, maupun Farmasis. Takdir memang membawa saya hingga kesini, dan akan sangat panjang dan menyedihkan jika menceritakan detailnya perjuangan hingga terdampar di Farmasi. Awalnya, saya yakin akan sulit bertahan di Farmasi yang katanya berat. Tapi memang dasarnya keras kepala, tetap bertekad 'Yasudahlah, aku keterima disini, berarti rezeki ku disini. urusan susah ngaknya, nanti diatur' dan ya... nanti diatur dan ternyata sulit diatur.

Semester 1, semuanya baik-baik saja hingga akhir semester yang luar biasa banget. Mulai dari berkenalan dengan laporan, tugas pendahuluan, respon, dan laporan lengkap yang benar-benar memberi pengalaman baru. Awalnya, saya berpikir kalau masuk Farmasi tidak akan bertemu dengan fisika, biologi, matematika dan sebagainya kecuali kimia. Tetapi tidak semudah itu bambang. Farmasi ibaratnya all in one buat saya pribadi, haha. Kita belajar tanaman-tanaman juga, sampe ciri-cirinya, bentuk daunnya, batangnya, akarnya, pokoknya tentang morfologi tumbuhan. Berkenalan dengan hewan-hewan coba yang lucu-lucu tapi ganas, berkenalan dengan farmasi fisika yang bikin saya berpikir 'ini apaan sih', berkenalan dengan segala macam jenis rumus, hitungan dan struktur-struktur kimia yang waktu SMA saya nyesal terlalu se-bodoamat itu tidak belajar dengan baik.

Semester 2, ibarat dunia terbalik, mungkin dunia ku waktu itu benar-benar terbalik. Semester 2 tidak sebercanda itu, mulai dari bertemu dengan proker-proker kimia analisis, jurnal-jurnal internasional, instrumen-instrumen analisis, dan dunia farmasetik yang jujur banget sangat seru. Terkhusus bagian farmasetika, percayalah kawan, waktu itu saya yang masih ibaratnya new member di Farmasi benar-benar bangga banget bisa bikin sediaan yang sederhana dengan hitung-hitungan dosisnya yang ribet. Jujur, di semester ini adalah semester paling berat sepanjang saya hidup di Farmasi, haha. Soal nangis, itu sudah menjadi hobi apalagi buat anak rantau yang lemah seperti saya. Meski seru, sulit juga merupakan hal yang paling mendominasi apalagi bisa dikatakan bahwa semester ini sudah masuk ke level 1 nya Farmasi yang sebenarnya.

Semester 3, lab makin banyak, semester 4 sama aja, susah iya, seru iya, capek juga iya, jenuh nya lebih iya. Sampai semester 4, saya pribadi dapat menyimpulkan bahwa farmasi itu SUSAH SUSAH MANTAP, haha. Apalagi semester 4 sudah kenalan dengan lab baru yang akrab disapa lab tekno. honestly, lab ini benar-benar farmasi banget. Dari formulasi, produksi, dan evaluasi sediaan padat seperti tablet, kapsul dkk semuanya dipelajari disini.

tahukah kalian? asik banget ala ala begini, haha.

oke lanjut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun