NAMA Â Â Â Â Â : Â NURYATI
KELAS Â Â Â Â Â : A2
NO UKG Â Â Â : 2019
PPG DALJAB KATEGORI II TAHUN 2022
Â
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
TK PERTIWI IV TANJUNGKALANG
Lingkup Pendidikan
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan kemampuan bahasa anak menceritakan kembali cerita yang di dengar menggunakan bahasa anak sendiri
Penulis
Nuryati
Tanggal
10 November  2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Literasi dan numerasi  adalah dua keterampilan yang berkembang sejak usia dini dan menjadi faktor penting yang menentukan kesuksesan akademik di kemudian hari.Oleh karena itu literasi dan numerasi perlu untuk di kenalkan sejak dini ke anak-anak .Dalam hal ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan kepala sekolah dan rekan guru kelas terkait kemampuan literasi pada anak di TK Pertiwi IV Tanjungkalang terdapat permasalahan sebagi berikut:
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan kepala sekolah terkait kemampuan literasi Dari 16 Anak kelompok A terdapat 9 anak yang kesulitan untuk mengungkapkan bahasa yaitu menceritakan kembali isi cerita yang di dengar menggunakan bahasa anak sendiri Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:
- Media yang digunakan guru kurang bervariatif hanya menggunakan buku cerita bergambar
- Dalam penyampaikan cerita guru berekspresi dengan mimik muka yang datar dan dengan suara kurang keras
- Guru kurang memperhatikan kondisi posisi duduk anak saat menyimak guru bercerita
- Metode yang digunakan kurang bervariatif hanya menggunakan metode bercerita dengan buku gambar
Praktek ini penting dibagikan agar dapat menjadi referensi untuk pendidik atas kendala -kendala yang sama
Peran dan tanggung jawab guru pada praktik pembelajaran ini mempersiapkan dan mengelola pembelajaran dengan sebaik-baiknya agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Tantangan-tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran ini adalah :
- Saat kegiatan ada anak sd yang bising di sebelah kelas sehingga suara nya masuk di rekaman
- Listrik padam saat kegiatan menayangkan PPT tentang Kupu-kupu setelah di cek ternyata Token listrik habis
Adapun pihak-pihak yang terlibat pada Praktek Pembelajaran ini yaitu:
- Kepala Sekolah TK Pertiwi IV Tanjungkalang yang memberikan izin persetujuan pelaksanaan PPL Siklus 3
- Teman guru sebagai kameramen dalam perekaman video paktik PPL Siklus 3
- Wali murid yang mendukung proses pelaksanaan PPL Siklus 3
- Dosen dan Guru Pamong yang memberikan bimbingan, saran dan kritik yang bersifat membangun sebelum dan sesudah kegiatan PPL Siklus 3
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam menghadapi tantangan-tantangan pada proses pembelajaran:
- Untuk siklus berikutnya koordinasi ke pada guru sd untuk memberitahu kepada anak sd agar  saat ada kegiatan PPL tidak bermain atau bergurau di sekitar area TK
- Sebelum kegiatan PPL mengecek terlebih dahulu token listriknya
Adapun strategi yang digunakan untuk menghadapi tantangan-tantangan ini adalah:
Strategi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan pada siklus 3 adalah menggunakan  Media Media audio Visual karena Dapat meningkatkan kemampuan anak dalam memahami isi gambar tersebut cara melihat dan menyimak gambar yang ada di Powerpoint.selain itu media audio visual juga memiliki beberapa kelebihan di antaranya:
Pemakaiannya tidak membosankan
Hasilnya lebih mudah untuk dipahami,
Informasi yang diterima lebih jelas dan cepat dimengerti
Sumber daya dan materi yang diperlukan:
- Kemampuan TPACK dalam penayangan video pembelajaran yang dapat memberikan stimulus kepada peserta didik pada kegiatan pendahuluan
- Pembuatan PPT untuk penjelasan materi dan membuat video cerita
- Bahan ajar, LKPD, dan instrumen penilaian yang sesuai dengan materi
- Biaya yang digunakan untuk print out bahan ajar dan LKPD
- Waktu pelaksanaan PPL Siklus 1 adalah 3 x 45 menit (3 JP)
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari aksi langkah-langkah yang sudah dilakukan guru pada pemaparan di atas memberikan hasil yang positif, hal ini terlihat dari:
- Anak Antusias pada saat kegiatan bercerita karena cerita  di tampilkan di layer proyektor menggunakan LCD
- Saat diminta untuk maju kedepan menceritakan Kembali isi cerita yang di dengar anak antusias  dan bersemangat  untuk maju kedepan
- Menggunakan media oudio visual untuk menayangkan cerita membuat anak lebih paham tentang alur cerita hal itu membuat kemampuan anak meningkat dalam menceritakan kembali isi cerita yang di dengar menggunakan Bahasa anak terlihat dari hasil pengamatan guru yaitu 83% Anak mendapatkan nilai Berkembang sangat baik dan 17% anak mendapatkan nilai berkembang sesuai harapan
- Pembelajaran lebih menyenangkan karena anak anak terlihat antusias dan juga semangat Anak bersemangat karena dalam kegiatan mengkreasikan warna anak mendapatkan pengalaman baru yaitu mengkreasikan warna secara mandiri menggunakan catton bad pada bentuk kupu-kupu
Respon dari orang lain yang ikut memantau kegiatan ini seperti Kepala Sekolah, teman sejawat, Dosen dan Guru Pamong dan teman PPG memberi tanggapan bahwa pembelajaran lebih menarik saat menggunakan media sehingga belajar tidak mudah bosan dan menjadi lebih menyenangkan
Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan strategi pembelajaran dilaksanakan antara lain:
- Pembuatan Perangkat Pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak
- Kemampuan guru dalam memilih jenis kegiatan yang dapat dijadikan muatan materi pelajaran, sehingga dapat merangsang kemampuan anak
- Daya dukung media ajar yang berbasis IT (TPACK) yang membuat pembelajaran lebih menarik.
- Penggunaan media bahan kongkrit membuat anak lebih memahami materi yang di sampaikan lebih jelas dan nyata
RTL 1 (Perangkat Pembelajaran Kurikulum 13 Kelompok A)
Dalam rangka Diseminasi pengembangan perangkat pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait menggunakan format berikut.
Nama             : NURYATI
Instansi      : TK Pertiwi IV TanjungkalangÂ
Prodi   : Pendidikan Anak Usia Dini
Rencana Kegiatan
Waktu
Tempat Kegiatan
Pihak Yang Terkait
Keterangan
Menyusun
RPP 1
Rabu, 02
November 2022
Ruang
Guru
Guru, Guru Sejawat
dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Membuat Bahan Ajar
Kamis, 03
November 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Membuat Media
Jumat, 04
November 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Membuat LKPD
Sabtu, 05
November 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Membuat Instrumen
Penilaian
Senin,07
November 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Â
RTL-2 (Membuat video dalam pembelajaran)
Dalam rangka Diseminasi pembutan dan edit video praktik pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait. menggunakan format berikut.
Nama             : NURYATI
Instansi     : TK Pertiwi IV Tanjungkalang
 Prodi        : Pendidikan Anak Usia Dini
Rencana
Kegiatan
Waktu
Tempat
Kegiatan
Pihak Yang Terkait
Keterangan
Pembuatan skenario video
RPP 1
Selasa, 08 Nopember
2022
Kelas Kelompok A
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Latihan buat
video
Rabu, 09 Nopember
2022
Kelas Kelompok A
Guru dan Teman
Sejawat
Pukul 07.00
Rekaman
video
Kamis, 10Nopember
2022
Kelas Kelompok A
Guru dan Teman
Sejawat
Pukul 07.15
Editing video
Jumat, 11 Nopember
2022
Dirumah
Guru
Pukul 08.00
Finalisasi
video
Sabtu, 12 Nopember
2022
Dirumah
Guru
Menyesuaikan
RTL-3 (Menyusun Best Practise)
Dalam rangka Diseminasi penyusunan best practice pembelajaran dengan  pendekatan STAR, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan
Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait dengan menggunakan format berikut
Nama         : NURYATI
Instansi      : TK Pertiwi IV TanjungkalangÂ
Prodi : Pendidikan Anak Usia Dini
Rencana Kegiatan
Waktu
Tempat Kegiatan
Pihak Yang Terkait
Keterangan
Koordinasi
persiapan Best Practise
Senin, 05
Desember 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Pelaksanaan Best Practise
Senin, 07
Nopember 2022
Kelas Kelompok A
Guru dan Teman Sejawat
Pukul 07.15
Pelaksanaan Best Practise
Senin, 14
Nopember 2022
Kelas Kelompok A
Guru dan Teman Sejawat
Pukul 07.15
Analisis Data
Sabtu, 19 Nopember
2022
Kelas Kelompok A
Guru
Pukul 11.00
Pembuatan laporan Best
Practise
Jumat, 09
Desember
2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI