2.3.a.8. Koneksi Antarmateri - Modul 2.3
Â
Keterkaitan Coaching untuk Supervisi Akademik (Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran Sosial Emosional, dan Peran Pemimpin Pendidikan)
Â
Oleh: Sumiani
CGP angkatan 6 Kab. Wakatobi
8 Desember 2022
Â
Refleksi Pembelajaran Coaching untuk Supervisi Akademik
Salah satu materi yang yang dibahas dalam pendidikan calon guru penggerak adalah materi terkait nilai dan peran guru penggerak. Dalam materi ini, setiap CGP dituntut untuk memahami bagaimana nilai dan perannya. Peran yang dimaksud dalam modul 1.3 tersebut berupa : 1) menjadi pemimpin pembelajaran, 2) menjadi coach bagi guru lain, 3) mendorong kolaborasi, 4) mewujudkan kepemimpinan murid (student agency), dan 5) menggerakkan komunitas praktisi. Kelima peran inilah yang memiliki korelasi dengan modul 2.3 tentang coaching untuk kebutuhan supervisi akademik, namun lebih difokuskan pada peran kedua yakni, menjadi coach bagi guru lain.
Realita di lapangan menggambarkan bahwa supervisi akademik yang sering dilakukan di setiap satuan pendidikan sering diasumsikan sebagai bentuk kegiatan observasi atau penilaian terhadap kinerja guru, yang memiliki kecenderungan untuk mencari kelemahan dan keunggulan guru sehingga guru merasa terbebani.