Pendahuluan
Â
Situasi
Kondisi yang menjadi latar belakang
Partisipasi aktif siswa sangat berpengaruh pada proses perkembangan berpikir, emosi, dan sosial. Beberapa upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengembangkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran dengan meningkatkan peran aktif, minat siswa, membangkitkan motivasi siswa, serta menggunakan model dan media dalam pembelajaran. Keterlibatan siswa dalam belajar, membuat anak secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran.
Dari pengalaman Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang penulis alami menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan metode belajar yang menyebabkan siswa menjadi pasif seperti : a). pemberian tugas, dan b). guru mengajar dengan model dan metode ceramah, c). guru kurang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, sehingga cenderung membosankan dan menghambat perkembangan aktivitas siswa.
Permasalahan utama pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi (EBK) yaitu mata pelajaran EBK dianggap sulit. Penyebab dari permasalahan tersebut adalah kegiatan pembelajaran yang menimbulkan sebagian besar peserta didik kurang aktif, kurang tertarik dan merasa bosan.
Faktor yang mempengaruhi dalam keberhasilan pembelajaran Estimasi Biaya Konstruksi antara lain model dan media pembelajaran sebagai komponen pendukung materi yang diajarkan oleh pendidik atau guru, (Yuwono, 2014:3). Ketepatan pemilihan model dan media pembelajaran diharapkan dapat mengatasi persoalan peserta didik pada pembelajaran Estimasi Biaya Konstruksi (EBK) berlangsung, sehingga mampu menumbuhkan peran aktif, minat belajar dan memaksimalkan hasil belajar pada peserta didik.
Mengapa masalah ini penting untuk dibagikan
Praktik ini penting dibagikan agar menjadi bahan evaluasi, referensi dan motivasi untuk guru serta memperbaiki kegiatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik yang aktif, interaktif, dan senang dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan TPACK dan model pembelajaran yang inovatif, kreatif dan sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik peserta didik.