Mohon tunggu...
NURUL AINI
NURUL AINI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

saya adalah mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling Universitas Negeri Malang.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

BK Itu Seru Loh! Bermain Monopoli untuk Merancang Karier

5 Juni 2023   17:39 Diperbarui: 14 Juni 2023   09:20 804
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Serunya Merancang Karier Untuk Masa Depan Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Permainan Monopoli

 

Mahasiswa Asistensi Mengajar Bimbingan dan Konseling melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan metode permaianan meenggunakan permainan monopoli dan mengangkat tema mengenai "Merancang Karier Untuk Masa Depan". Perencanaan karir bukanlah semata-mata merupakan jangka pendek yang dilakukan siswa apabila menyelesaikan pendidikan, namun merupakan proses sepanjang hidup. Hal ini mengandung makna perencanaan karir siswa tidak hanya berlangsung pada saat SMK saja, namun berlangsung sampai siswa dapat mencapai apa yang mereka harapkan sesuai dengan rencana yang telah mereka buat sebelumnya. Untuk membantu siswa dalam mempersiapkan dirinya dalam pemilihan karir, maka siswa terlebih dahulu dapat memahami dirinya yaitu dengan cara memahami ketrampilan yang dimiliki, bakat, minat, cita- cita, serta aspek lain yang mendukung pemahaman diri siswa.

Dalam hal ini, peran guru BK sangat diperlukan untuk membantu siswa dalam mengenali dirinya guna merencanakan karir siswa di masa depan. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh guru BK ialah melalui pemberian layanan bimbingan kelompok. Mengingat daya tarik siswa yang rendah terhadap layanan bimbingan dan konseling, sehingga guru BK diharapkan dapat berkreasi dalam memberikan layanan pada siswa, salah satunya bisa melalui permainan monopoli pada layanan bimbingan kelompok seperti yang mahasiswa AM BK di SMK Negeri 3 Malang lakukan pada beberapa siswa kelas X kuliner 4.

source pribadi
source pribadi

Layanan bimbingan kelompok ini dilakukan pada minggu ke 3 bulan Mei 2023. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan tema/ topik Rencanakan Karier untuk Masa Depanmu! bersama peserta didik berjumlah 6 orang, dimulai dari masuk ke kelas dan menawarkan layanan bimbingan kelompok melalui permainan monopoli dengan tema perencanaan karier untuk mengambil peserta didik yang berminat dan sukarela untuk mengikuti layanan tersbeut, kemudian diruangan yang berbeda, mahasiswa AM dan peseta didik sebagai anggota kelompok melakukan layanan bimbingan kelompok dengan permainan monopoli yang urutan langkah langkahnya sesuai dengan RPL yang sudah dibuat. Persiapan yang dilakukan mahasiswa dalam menyiapkan permainan kelompok untuk layanan bimbingan kelompok, diantaranya:

  • Mahasiswa AM membuat media monopoli yang berisi kartu materi, kartu tantangan, kartu pesan, pion dan dadu.
  • Mahasiswa AM membuat kartu materi yang berisi materi tentang konsep, tujuan, faktor yang mempengaruhi perencanaan karier, mengenal kelebihan dan kelemahan diri, serta mengenal bakat dan minat karir.
  • Mahasiswa AM membuat kartu tantangan yang berisi,

Kartu tantangan

  • Gambarkan cita cita atau profesi impianmu dan minta teman disampingmu menebaknya
  • Tebak gambar profesi selama 3 menit (yang memberikan instruksi hanya bisa menjawab "iya" "tidak" "bisa jadi"
  • Tunjukkan bakat dalam dirimu (menyanyi, menari, dan sebagainya)
  • Peragakan 5 profesi impianmu (tanpa suara) dan anggota kelompok lain akan menebaknya!
  • Ajak 3 temanmu berpose sesuai dengan profesi impian masing masing, foto dan upload di instragram!
  • Tunjukkan 3 tokoh terkenal yang kamu kagumi! Jelaskan alasanmu!
  • Tanyakan ke teman di depanmu, "sebutin 3 kelebihan dan 3 kekuranganku, menurutmu profesi apa yang cocok untukku?"
  • Mahasiswa AM membuat kartu pesan yang berisi,
  • Kartu pesan 
  • "Tidak ada yang mustahil, katakan pada diri sendiri 'aku bisa'.
  • "Jika hidup ini sebuah permainan, mainkanlah. Jika hidup ini adalah mimpi, maka wujudkanlah. Jadikan setiap momen berharga dalam hidup kita."
  • "Terkadang mungkin kita butuh berhenti sejenak untuk menyusun strategi dan menyiapkan energi untuk lebih cepat lagi berlari menggapai mimpi."
  • Gantungkan Cita-Citamu Setinggi Langit! Bermimpilah Setinggi Langit. Jika Engkau Jatuh, Engkau akan Jatuh di antara Bintang-Bintang
  • "Semakin tinggi kita bermimpi, semakin besar juga perjuangan yang harus kita lewati, dan banyak pula rintangan yang harus kita lalui. Berusahalah, yakin pada dirimu sendiri."
  • "Sukses bukanlah kebetulan. Ia terbentuk dari kerja keras, ketekunan, pembelajaran, pengorbanan, dan yang paling penting, cinta akan hal yang sedang atau ingin kau lakukan."

Adapun langkah langkah permainan monopoli dalam layanan bimbingan kelompok dengan tema perencanaan karier, diantaranya

  • Mahasiswa melakukan pembinaan hubungan baik dengan menyapa dengan menyapa, menanyakan kabar, berdoa bersama dan melakukan presensi
  • Mahasiswa mengarahkan peserta didik dalam kelompok untuk saling menyebutkan nama panggilan untuk membangun keakraban dan kepercayaan
  • Mahasiswa Konselor menyampaikan materi yang akan disampaikan mengenai perencanaan karier
  • Mahasiswa menyampaikan tujuan dari layanan yang akan dilakukan
  • Mahasiswa melakukan ice breaking/ games sederhana untuk pemanasan
  • Mahasiswa menjelaskan langkah langkah pokok kegiatan yang akan dilakukan mulai dari penjelasan orientasi materi mengenai perencanaan karier
  • Konselor menjelaskan tata cara bermain monopoli
  • Konselor menjelaskan peraturan permainan kelompok
  • Peserta didik mulai bermaian menggunakan dadu dan pion
  • Jika pion peserta didik tepat di kolom materi maka peserta didik harus menyampaikan materi kepada teman yang lain
  • Jika pion peserta didik tepat di kolom tantangan/ sanksi maka peserta didik harus melakukan sanksi di kartu tantangan/ sanksi
  • Mahasiswa menjelaskan peran dan tanggung jawab peserta didik selama mengikuti bimbingan kelompok
  • Mahasiswa menanyakan kesiapan peserta didik di kelas untuk mengikuti kegiatan hari ini
  • Apabila peserta didik sudah siap, konselor langsung melanjutkan ketahap inti
  • Mahasiswa menyiapkan media monopoli beserta kartu materi, kartu sanksi/ tantangan, pion dan dadu
  • Mahasiswa menjelaskan tata cara bermain monopoli
  • Peserta didik yang akan memainkan monopoli melakukan hompimpa untuk menentukan urutan jalan
  • Peserta didik nomor urut 1 dapat melemparkan dadu dan menaruh pion permainan sesuai dengan angka yang ditunjukkan, setelahnya dapat mengikuti petunjuk yang tertera pada petak yang ia tempati
  • Peserta didik lain secara bergantian bermain dan mengikuti petujuk yang sebelumnya
  • Peserta didik yang mendapatkan petak atau kolom materi harus mengambil kartu materi yang telah disediakan dan menyampaikannya pada anggota kelompok lain
  • Peserta didik yang mendapatkan petak atau kolom tantangan/ sanksi harus mengambil kartu tantangan/ sanksi dan melakukan sesuai perintah kartu tersebut
  • Permainan dapat dilanjutkan sampai finish
  • Di akhir permainan siswa diajak untuk merefleksikan terkait hal yang didapat dan perasaannya setelah melakukan permainan monopoli karier
  • Mahasiswa memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menyimpulkan konsep perencanaan karier dari permainan yang sudah dilakukan
  • Mahasiswa memberikan penguatan terkait konsep perencanaan karier
  • Mahasiswa menutup kegiatan dengan menyampaikan terimakasih, doa penutup, dan salam

source pribadi
source pribadi

Saat pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan permainan monopoli, anggota kelompok aktif dalam bermaian, membacakan materi dan menjawab pertanyaan dengan baik, melakukan tantangan yang di dapatkan, membacakan pesan yang ada di kartu pesan, saling memberikan dukungan dengan sesama anggota kelompok, saling mendengarkan, saling menghargai, dan dapat merefleksikan pengalaman dan pelajaran yang diperoleh dari permainan monopoli mengenai rencana kariernya kedepan. Anggota kelompok saling terbuka satu sama lain mnegenai cita citanya, impiannya, bakat dan minatnya, kekurangan dan kelebihan dirinya hingga permasalahannya dalam merencanakan karier untuk masa depan. Mahasiswa juga menjadi merasa senang dengan ketersediaan anggota kelompok mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan senang hati dan aktif. Mahasiswa juga aktif mengarahka anggota kelompok agar mengikuti permainan sesuai prosedur yang telah dijelaskan sebelumnya sehingga layanan bimbingan kelompok dapat berjalan baik.

- Nurul Aini

- Ardiah Pramesthi Reghita Cahyani

- Alina Septia Nindiarto

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun