Mohon tunggu...
Nurul Jubaedah
Nurul Jubaedah Mohon Tunggu... Guru - Teacher, writer, traveler, vloger

“Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak". Ali bin Abi Thalib

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sejarah Kebudayaan Islam K-13 Rasa IKM

8 November 2022   09:50 Diperbarui: 8 November 2022   10:05 733
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KBM Pertemuan ke 2 : SKI K-13 Rasa IKM  

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Pelaksanaan Kurikulum Merdeka tidak dipaksakan secara langsung. Hal ini merupakan bagian dari strategi pelaksanaan program yang dilandasi kesadaran bahwa proses perubahan pembelajaran di sekolah melalui penerapan program juga merupakan proses pembelajaran tentang perubahan proses pembelajaran seperti anak belajar berenang. Ada tahapan yang harus dilalui.

Pelaksanaan program pembelajaran merdeka lebih efektif jika setiap sekolah ingin melakukannya untuk motivasi intrinsik. Kemudian menerapkan program ini sesuai tingkat kerumitan tergantung kondisi sekolah. Untuk itu, baik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun Kementrian Agama RI mengembangkan strategi implementasi kurikulum yang bersifat sukarela dan bertahap.

Hal ini tidak serta merta mengubah keseluruhan program, tetapi dapat dimulai dengan mengimplementasikan beberapa komponen prinsip-prinsip utama program merdeka sekolah siap pakai dapat diganti. Pada dasarnya adalah perjalanan untuk meningkatkan pembelajaran. Pemerintah tidak ingin sekolah mengubah kurikulum hanya pada materi tanpa mempengaruhi kualitas pembelajaran, meskipun itulah tujuan sebenarnya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementrian Agama RI telah menyiapkan serangkaian strategi strategi untuk mendukung penerapan Kurikulum Merdeka dalam pengajaran unit. Mulai dari memberikan roadmap adopsi kurikulum secara bertahap, memberikan penilaian dan perangkat pendidikan melalui Platform Merdeka Mengajar, dan menyediakan sumber daya pelatihan dan pendidikan mandiri bagi tenaga pendidik, tenaga kependidikan, penyediaan sumber daya manusia untuk pengembangan komunitas belajar.

Pemerintah mendukung sekolah yang ingin membuat program merdeka, memiliki mekanisme penilaian mandiri di mana sekolah dapat menilai sendiri berdasarkan kesiapan mereka. Selain itu, dukungan teknologi bagi sekolah dalam melaksanakan Program Merdeka diberikan melalui Platform Merdeka Mengajar.

Platform penting saat ini dan sistem pendidikan harus mengambil terobosan teknologi untuk mempercepat pemberdayaan guru di semua daerah. Jadi, sekarang belajar tidak lagi menunggu kesempatan yang tepat, siapa saja bisa belajar, di mana saja, waktunya bisa disesuaikan, tergantung kemauannya.  Merdeka Mengajar adalah jawaban bagi guru di Indonesia untuk mengatasi krisis belajar peserta didik.

Adapun Implementasi mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang menggunakan K-13 tetapi mengadopsi gaya Kurikulum Merdeka telah diterapkan secara perdana khususnya di kelas IX-C pada awal KBM pada bulan Juli tahun 2022. Mengingat saat ini MTsN 2 Garut belum menjadi profile project Kurikulum Merdeka, namun sebagai solusi untuk mempersiapkan diri dalam menyambut Kurikulum Merdeka dengan ini penulis akan mulai menerapkannya.

KBM Pertemuan ke 2 : SKI K-13 Rasa IKM  

  • KBM berbasis Proyek
  • Pertemuan pertama membahas kontrak belajar dan pembagian kelompok presentasi virtual sebagai bahan produk dari model pembelajaran Project Based Learning. Kelompok I membahas tentang Sejarah masuknya Islam di Indonesia. Kelompok II membahas tentang Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. 
  • Kelompok III membahas tentang Peran Pesantren dalam Dakwah Islam di Indonesia. Kelompok IV membahas tentang Implementasi Nilai-nilai Islam Kearifan Lokal dari Berbagai Suku di Indonesia. Presentasi dilakukan secara virtual sehingga KBM terbentuk dari hasil budaya digital secara online via google drive yang berkolaborasi dengan pembelajaran tatap muka.
  • Fleksibel dalam Kegiatan Pembelajaran
  • Pertemuan ke dua peserta didik sudah menyiapkan video pembelajaran secara virtual yang dikirimkan melalui google drive untuk dipresentasikan di kelas secara tatap muka. Materi yang disajikan bukan hanya untuk satu pertemuan saja tetapi dari empat kelompok yang tersebar seperti yang sudah dijelaskan di atas adalah membahas materi untuk satu semester seperti yang ada di platform ATP SKI IKM 2022.
  • Jadi pada pertemuan berikutnya peserta didik yang telah berkolaborasi (collaboration)  tinggal mempertajam tahap komunikasi (communication), tanya jawab (critical thinking) dan merangkum atau menyimpulkan hasil presentasi (creativity). Peserta didik yang lebih cepat dalam mengirimkan tugas harus melakukan tutor sebaya kepada temannya yang membutuhkan bantuan sehingga KBM berjalan dengan efektif dan efisien.
  • Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil 'Alamin

Tema-tema yang terdapat dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil 'Alamin diantaranya adalah Berkeadaban (ta'adub), Keteladanan (qudwah), Kewarganegaraan dan Kebangsaan (muwatanah), Mengambil jalan tengah (tawassut), Berimbang (tawasut), Lurus dan Tegas (I'tidal), Kesetaraan (musawah), Musyawarah (syura), Toleransi (tasamuh), Dinamis dan Inovatif (tathawwur wa ibtikar). 

Materi yang dibahas dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yaitu, Kelompok I membahas tentang Sejarah masuknya Islam di Indonesia, materi ini mengandung PPK sesuai dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil 'Alamin yaitu Berkeadaban (ta'adub), Keteladanan (qudwah), Kewarganegaraan dan Kebangsaan (muwatanah), Mengambil jalan tengah (tawassut), Berimbang (tawasut), Lurus dan Tegas (I'tidal), Kesetaraan (musawah), Musyawarah (syura), Toleransi (tasamuh), Dinamis dan Inovatif (tathawwur wa ibtikar).

Kelompok II membahas tentang Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Materi bab II juga mengandung PPK sesuai dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil 'Alamin yaitu Berkeadaban (ta'adub), Keteladanan (qudwah), Kewarganegaraan dan Kebangsaan (muwatanah), Mengambil jalan tengah (tawassut), Berimbang (tawasut), Lurus dan Tegas (I'tidal), Kesetaraan (musawah), Musyawarah (syura), Toleransi (tasamuh), Dinamis dan Inovatif (tathawwur wa ibtikar).

Kelompok III membahas tentang Peran Pesantren dalam Dakwah Islam di Indonesia. Materi bab III juga mengandung PPK sesuai dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil 'Alamin yaitu Berkeadaban (ta'adub), Keteladanan (qudwah), Kewarganegaraan dan Kebangsaan (muwatanah), Mengambil jalan tengah (tawassut), Berimbang (tawasut), Lurus dan Tegas (I'tidal), Kesetaraan (musawah), Musyawarah (syura), Toleransi (tasamuh), Dinamis dan Inovatif (tathawwur wa ibtikar).

Kelompok IV membahas tentang Implementasi Nilai-nilai Islam Kearifan Lokal dari Berbagai Suku di Indonesia. Materi bab IV juga mengandung PPK sesuai dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil 'Alamin yaitu Berkeadaban (ta'adub), Keteladanan (qudwah), Kewarganegaraan dan Kebangsaan (muwatanah), Mengambil jalan tengah (tawassut), Berimbang (tawasut), Lurus dan Tegas (I'tidal), Kesetaraan (musawah), Musyawarah (syura), Toleransi (tasamuh), Dinamis dan Inovatif (tathawwur wa ibtikar).

  • Student Centered
  • Selama peserta didik presentasi dan diskusi, saya sebagai guru memantau KBM agar berlangsung secara kondusif. Nyaris saya tidak pernah duduk di meja guru, saya berkeliling di kelas sambil memantau perkembangan semua kelompok.
  • Peserta didik yang ngobrol akan terpantau begitu pula peserta didik yang aktif akan saya catat untuk menambah poin nilai. Peserta didik yang melakukan presentasi dengan baik seperti menguasai materi tanpa text, menyampaikan dengan suara lantang dan penuh percaya diri, menjawab pertanyaan dengan benar, singkat, dan padat lalu peserta didik yang mampu menyimpulkan hasil diskusi dengan tepat maka mereka berhak menerima nilai terbaik.
  • Adapun peserta didik yang mulai berkembang maka tugas saya di sana memberikan motivasi dan apresiasi dengan pujian, tepuk tangan agar mereka terus berusaha dengan baik dan penuh percaya diri. Peserta didik yang masih pasif, saya dorong mereka untuk mau mencoba setidaknya menyiapkan satu pertanyaan saja kepada kelompok yang sedang presentasi.

Mengenai SKI K-13 rasa IKM disilahkan untuk menyimak langsung agar semakin jelas yaitu tertera dalam link youtube Nurul Jubaedah sebagai berikut. Presentasi virtual SKI Kelas IX-C Semester 1 TP. 2022/2023 MTsN 2 Garut : (1) https://youtu.be/JYFFqDocRYM Bab 1, (2) https://youtu.be/kvFaCJJAs2s Bab 2. (3)  https://youtu.be/6b_BfFOnHVk Bab 3. (4) https://youtu.be/clZ046xn-9E Bab 4. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

Abdullah, U. M. K., & Azis, A. (2019). Efektifitas Strategi Pembelajaran Analisis Nilai Terhadap Pengembangan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 51-62.

Aslan, A., & Suhari, S. (2018). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Rahman, M. S., Nurhayati, N., & Luawo, D. W. M. (2021). Persepsi Guru Terhadap Kebeijakan Merdeka Belajar Tentang Penyederhaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Di MTs Negeri 1 Manado. Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization, 2(1).

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141-157.

Susanty, S. (2020). Inovasi pembelajaran daring dalam merdeka belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 157-166.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1).

Biodata

Nurul Jubaedah lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan  : D1 Akuntansi (1995), S1 PAI UNIGA ( 2001), S1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S2 PAI UIN SGD Bandung (2012). Prestasi : Pembimbing KIR : Membimbing 27 judul Karya Ilmiah Remaja kategori sosial budaya, menghantarkan peserta didik juara 1,2,3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat Provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat Nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 di GTK Madrasah (2021), lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022). Karya : 4 buku solo, 20 buku antologi (Januari-Juli 2022). Memiliki 540 konten pendidikan di canal youtube dan 100 artikel (Oktober 2021-Agustus 2022). Blog : http://nuruljubaedah6.blogspot.com/. Instagram (nj_78). Email : nuruljubaedah6@gmail.com. Whatsapp : 081322292789.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun