Mohon tunggu...
Nursini Rais
Nursini Rais Mohon Tunggu... Administrasi - Lahir di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tahun 1954.

Nenek 5 cucu, senang dipanggil Nenek. Menulis di usia senja sambil menunggu ajal menjemput.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Ini Dia, Tanaman Herbal Paling Ampuh untuk Ngusir Sakit Maag

14 Juli 2020   20:59 Diperbarui: 7 April 2021   11:06 11227
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tanaman herbal tumbuhan pegagan di sela-sela kerikil untuk atasi sakit maag (Foto NURSINI RAIS | dok. pribadi)

Seminggu belakangan, jagat media diguncang oleh berita mengagetkan. Kementan mengklaim kalung terapi berbahan baku tanaman eucalyptus, ampuh membunuh bermacam virus. Termasuk virus covid 19

Pro kontra menggaung di seluruh negeri. Ya, sudah. Ntar juga basi. Kini giliran saya mengenalkan obat herbal. Ia adalah tumbuhan pegagan untuk mengobati sakit maag. Keampuhannya telah terbukti melalui pengalaman pribadi.

Rumput liar yang berbahasa ilmiah Centella asiatica ini sering tumbuh di pematang sawah, di ladang, dan di pekarangan rumah.

Karena khasiatnya telah terbukti secara ilmiah, sejak ribuan tahun lalu pegagan disebut sebagai ramuan abadi. Digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. (hellosehat.com, diperbarui: 14/02/2019).

Masyarakat Kerinci menyebutnya daun “jerapak”. Biasa digunakan sebagai sayuran. Mereka percaya, rutin mengonsumsi jerapak dapat mencegah/mengobati berbagai penyakit, menghilangkan pegal setelah capek bekerja.

Saya punya riwayat sakit maag. Kalau termakan makanan/minuman teralalu asam dan kelewat pedas, perut saya kembung dan membuncit.

Rongga dada padat dan nyeri. Diisi mual, tidak diisi lapar, perih. Tidur menelentang napas sesak, miring perut rasa ditindih.

Karena sudah tahu penyebabnya, saya tidak pernah minta obat ke dokter atau ke tenaga medis. Tidak juga minum obat beli di warung. Cukup mengonsumsi tumbuhan pegagan, sakit maag saya kabur seketika.

Caldece pemicu sakit maag (bawah). (Foto NURSINI RAIS | dok.pribadi)
Caldece pemicu sakit maag (bawah). (Foto NURSINI RAIS | dok.pribadi)
Dua minggu lalu saya ada keluhan pada siku. Oleh dokter dikasih 4 macam tablet, plus satu tabung pil bermerek Caldece. Rasanya asam-asam manis. Tetapi lebih menonjol asamnya. Kata dia nutrisi untuk tulang.

Semua pil tersebut saya minum sesuai petunjuk. Empat macam habis pada hari ke 5. Caldece tersisa 5 biji. Hari ke 6 saya makan satu.

Wow... ampun. Malam itu saya tak bisa tidur. Perut saya padat dan kembung. Rupanya efek Caldece si nutrisi tulang tadi lebih ganas daripada makanan asam dan cabe rawit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun