Assalamu'alaikum Wr. Wb.
A. Pengertian
   Eksistensialisme menurut etimologi berasal dari kata "eks" yang berarti di luar, "sistensi" yang berdiri atau menempatkan dan "isme" yang berarti paham atau ajaran. Eksistensialisme didefinisikan sebagai usaha untuk memfilsafatkan sesuatu dari sudut pandang pelakunya, dibandingkan cara tradisional, yaitu dari sudut penelitinya. Pada hakikatnya adalah aliran filsafat yang bertujuan mengembalikan keberadaan umat manusia sesuai dengan keadaan hidup asasi yang dimiliki dan dihadapinya. Pendidikan dan eksistensialisme bersinggungan satu sama lain dalam masalah-masalah yang sama, yakni manusia. Dalam hubunganya dengan pendidikan, filsafat eksistensialisme dapat ditinjau dari berbagai implikasinya, yaitu terhadap 1) tujuan pendidikan, 2) pendidikan dan sekolah,3) peranan pendidik/guru, 4) tugas anak didik, 5) kurikulum, dan 6) materi pembelajaran
B. Pemikiran tokoh
1. Soren Aabye Kierkegaard
   Inti pemikiran Kierkegaard adalah eksistensi manusia bukanlah sesuatu yang statis tetapu senantiasa menjadi, manusia selalu bergerak dari kemungkinan menuju suatu kenyataan, dari cita-cita menuju kenyataan hidup saat ini. Jadi, ditekankan harus ada keberanian dari manusia untuk mewujudkan apa yang ia cita-citakan atau apa yang ia anggap kemungkinan.
2. Friedrich Nietzsche
   Menurutnya manusia yang bereksistensi adalah manusia yang mempunyai keinginan untuk berkuasa (will to power), dan untuk berkuasa manusia harus menjadi manusia super (ubermensch) yang mempunyaiental majikan bukan mental budak. Dan kemampuan ini hanya dapat dicapai dengan penderitaan karena dengan menderita orang akan berfikir lebih aktif dan akan menemukan dirinya sendiri
3. Martin Heidegger
   Inti pemikirannya adalah keberadaan manusia diantara keberadaan yang lain ,segala sesuatu yang berasa di luar manusia selalu dikaitkan dengan manusia itu sendiri, dan benda-benda yang ada di luar manusia baru mempunyai makna apabila dikaitkan dengan manusia karena benda-benda yang berada di luar itu selalu digunakan manusia pada setiap tindakan dan tujuan mereka.
4. Jean Paul Sarte