Simpati
Simpati menurut Gillin ialah sebuah proses ketertarikan seseorang pada pihak lain. Adanya simpati terdorong dari rasa keinginan untuk memahami dan mau bekerja sama.Â
Sedangkan,  menurut Eisenberg ialah serangakaian proses interaksi sosial yang timbul dari adanya kejadian tertentu sehingga memunculkan respon terhadap  perasaan yang dirasakan oleh individu lain yang sedang menderita serta memerlukan bantuan.
Jadi, simpati adalah proses terjadinya ketertarikan individu terhadap orang lain, ketertarikan itu didasari oleh keinginan untuk memahami perasaan orang lain.
Empati
Empati menurut M. Umar ialah kecenderungan yang terjadi pada diri seseorang untuk merasakan segala sesuai yang dilakukan orang lainnya dalam kondisi serta situasi yang sama.
Sedangkan, menurut Thomas F. Mader dan Diane C Mader ialah kemampuan seseorang untuk berbagi perasaan yang dilandasi oleh rasa kepedulian, dan ada beberapa tingkatan dari kepedulian tersebut.
Jadi , empati ialah kemampuan untuk merasakan perasaan orang lain yang mendalam dan kemampuan untuk membayangkan dan merasakan apa yang terjadi pada orang lain.
Komunikasi merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari oleh setiap manusia. Sebagai mahluk sosial, manusia dikodratkan untuk hidup bermasyarakat dan berinteraksi dengan manusia lainnya dengan berkomunikasi. Dalam simpati dan empati diperlukan komunikasi karena dengan adanya komunikasi dapat terjalinnya interkasi yang dapat saling memahami perasaan lawan bicara dan bisa menempatkan diri dengan apa yang sedang dialami oleh lawan bicara, komunikasi simpatik dan empatik itu apa sih?
Komunikasi Simpatik
Komunikasi simpatik ialah komunikasi yang menimbulkan saling keterkaitan dan saling pengertian sehingga pelaku komunikasi mampu memahami perasaan lawan komunukasinya. . Pada komunikasi simpatik  komunikan hanya memposisikan diri sebagai pendengar dan ikut merasakan perasaan yang disampaikan oleh komunikator tetapi ia tidak menempatkan dirinya sama dengan apa yang dialami oleh komunikator
Contoh komunikasi simpati yaitu;
- mengungkapkan rasa bela sungkawa kepada keluarga yang baru saja mendapat musibah seperti kecelakaan maupun meninggal dunia.
- Â mengucapkan selamat terhadap temn yang berulang tahun, wisuda, dan pernikahan.
Komunikasi Empatik
Komunikasi empatik ialah komunikasi yang menunjukkan adanya saling pengertian antara komunikator dengan komunikan. Komunikasi ini menciptkan interaksi yang membuat satu pihak memahami sudut pandang pihak lainnya.Â
Contoh: ketika seorang siswa terlambat ke sekolah, kemudian guru yang sedang bertugas bertanya alasan kenapa siswa tsb terlambat dengan cara empati, sehingga membuat siswa menyadari kesalahanya dan tidak akan mengulanginy.
Bagaimana menciptakan simpati dan empati dalam berkomunikasi?
- Sabar untuk tidak memotong pembicaraan
- Bersikap tenang ,meskipun menangkap ungkapan emosi yang kuat
- Sikap penuh pengertian
- Â Tidak berprasangka, atau tidak evaluatif, kecuali jika sangat diperlukan
- Menggunakan sudut pandang komunikan
Bagaimana teknik berkomunikasi Simpatik dan Empatik yang baik bagi lawan bicara?
- Bicara dengan '"bahasa orang lain". Bicara dengan cara/bahasa orang lain berarti kita berupaya untuk menempatkan diri kita diposisi orang lain, seperti halnya kita memiliki keinginan-keinginan begitu pula dengan orang lain. Oleh sebab itu, kita dapat memahami dan mengerti perasaan lawan bicara sehingga kita dapat memberikan dukungan serta nasihat kepada lawan bicara.
- Fokus dalam pembicaraan dengan mencurahkan segala kesediaan mendengar dan memberi/memenuhi kebutuhan lawan bicara. Fokus dalam pembicaraan bukan sekedar mendengarkan segala pembicaraan dengan baik namun juga mengkondisikan segala aspek nonverbal yang dapat medukung efektifitas komunikasi.
Nur Rahmawati
NIM (2106015045)
Program Studi Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H