Mohon tunggu...
Nur Patimah
Nur Patimah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1

NIM: 43221120052 | Program Studi: Sarjana Akuntansi | Fakultas: Ekonomi dan Bisnis | Jurusan: Akuntansi | Universitas: Universitas Mercu Buana | Dosen: Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Manajemen Waktu "Weton" untuk Pengendalian Diri dan Penentuan Hari Baik

15 Oktober 2024   23:55 Diperbarui: 16 Oktober 2024   00:00 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Waktu adalah salah satu konsep paling fundamental dalam kehidupan manusia, yang tidak hanya dirasakan secara fisik melalui fenomena sehari-hari, tetapi juga dimaknai secara simbolis dan imajinatif. Melalui semiotika, waktu dapat dilihat sebagai tanda yang kaya akan makna dan interpretasi. Manusia dapat merasakan dan memproyeksikan waktu dalam pikiran mereka, menciptakan narasi dan makna di sekitar pengukuran yang mereka gunakan untuk memahami realitas. Menunjukkan bahwa waktu bukanlah sekadar satuan matematis yang baku, melainkan sebuah entitas yang dipahami melalui konstruksi sosial, budaya, dan persepsi individu.

Menurut Tinarbuko (2008), semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda supaya dapat mengetahui bagaimana tanda tersebut berfungsi dan menghasilkan suatu makna. Sementara itu, menurut Christomy dan Yuwono (2004), berpendapat bahwa semiotika adalah studi tentang tanda-tanda (sign), fungsi tanda, dan produksi tanda. 

Semiotika, ilmu yang mempelajari tanda dan makna, menawarkan perspektif menarik tentang waktu. Dalam konteks ini, waktu dapat dianggap sebagai sebuah tanda. Tanda ini tidak hanya merujuk pada waktu kronologis (misalnya, jam 3 sore), tetapi juga mengandung makna budaya, sosial, dan personal. Melalui "Sistem Tanggalan" yang memperlihatkan bahwa waktu dapat dibagi menjadi berbagai satuan seperti milenium, abad, dasawarsa, tahun, bulan, minggu, hari, jam, menit, hingga detik. Setiap satuan ini tidak hanya berfungsi sebagai alat ukur, tetapi juga mencerminkan bagaimana manusia membayangkan dan membangun pengertian tentang waktu. Misalnya, milenium yang merupakan 1000 tahun sering dipahami sebagai periode yang sangat panjang dan signifikan, mencerminkan pergerakan besar dalam sejarah peradaban manusia. Begitu juga dengan abad yang memiliki makna khusus dalam konteks perubahan generasi atau transformasi budaya. Pengukuran waktu yang lebih kecil, seperti minggu dan hari, menunjukkan bagaimana manusia mencoba membagi waktu menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan mudah dikelola untuk kebutuhan sehari-hari. Semua ini menunjukkan bahwa waktu adalah konstruksi yang terus berkembang, dibentuk oleh imajinasi dan kebutuhan manusia untuk mengorganisasi kehidupan mereka. 

Bagaimana waktu dikonstruksi oleh masyarakat.

Konsep "tua-muda", "klasik", "modern", dan "postmodern" adalah contoh bagaimana kita membagi waktu menjadi periode-periode sejarah dengan karakteristik yang berbeda. Selain itu, konsep "waktu plurasime" menyiratkan bahwa waktu tidak tunggal, melainkan bersifat jamak dan dipengaruhi oleh berbagai faktor sosial dan budaya.  Perayaan hari besar, libur, atau bahkan kebencian terhadap hari tertentu menunjukkan bahwa waktu tidak hanya tentang angka, tetapi juga sarat dengan makna simbolis dan emosional. Setiap budaya memiliki mitos dan cerita tentang waktu yang membentuk cara pandang mereka terhadap kehidupan dan alam semesta. 

"Waktu Pluralisme: Mitos Waktu" mengungkapkan bagaimana waktu dapat dimaknai secara berbeda oleh individu-individu dalam masyarakat, tergantung pada pengalaman dan kebiasaan mereka. Mitos-mitos tentang waktu, seperti kebencian terhadap hari Senin atau kegembiraan menghadapi malam Minggu, menunjukkan bahwa waktu tidak hanya diukur secara objektif, tetapi juga dipengaruhi oleh emosi dan persepsi subjektif. Hari Senin, misalnya, seringkali dikaitkan dengan permulaan minggu kerja yang melelahkan, sehingga banyak orang memiliki perasaan negatif terhadap hari tersebut. Sebaliknya, malam Minggu dianggap sebagai waktu yang lebih santai dan menyenangkan, yang sering dihabiskan bersama keluarga atau teman. Selain itu, konsep libur seperti libur kuliah atau libur kerja juga memberikan makna khusus pada waktu, di mana waktu yang biasanya digunakan untuk produktivitas kini digunakan untuk istirahat, refleksi, atau rekreasi. Hal ini menunjukkan bahwa pengalaman terhadap waktu sangat personal, dan bisa berbeda-beda antara satu individu dengan individu lainnya, tergantung pada kondisi sosial, ekonomi, dan psikologis mereka.

Modul Prof Apollo
Modul Prof Apollo

Sama seperti konsep waktu pada umumnya, weton juga sarat dengan makna simbolis. Hari kelahiran seseorang yang dihitung berdasarkan weton dipercaya memiliki pengaruh terhadap karakter, nasib, dan bahkan kecocokan dengan orang lain. Ini sejalan dengan konsep waktu sebagai konstruksi sosial dan budaya yang dibahas sebelumnya. Weton tidak hanya sekadar sistem penanggalan, tetapi juga menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat Jawa. Weton digunakan untuk menentukan hari baik untuk berbagai acara penting, seperti pernikahan, upacara adat, atau memulai usaha. Ini menunjukkan bahwa waktu, dalam hal ini weton, memiliki peran penting dalam mengatur ritme kehidupan manusia. Weton dapat dianggap sebagai sebuah sistem tanda. Setiap hari dan pasaran memiliki makna dan simbol tertentu yang membentuk sebuah sistem makna yang lebih besar. Misalnya, hari Selasa mungkin dikaitkan dengan sifat yang lebih berani, sementara pasaran Pahing mungkin dikaitkan dengan sifat yang lebih sabar. Konsep weton juga melibatkan unsur imajinasi. Masyarakat Jawa meyakini bahwa weton dapat memprediksi masa depan atau memberikan petunjuk tentang karakter seseorang. Ini menunjukkan bahwa waktu, dalam hal ini weton, tidak hanya bersifat objektif, tetapi juga subjektif dan dipengaruhi oleh imajinasi. 

Konsep weton dalam budaya Jawa memiliki kaitan yang erat dengan manajemen waktu. Weton, yang merupakan perhitungan hari lahir berdasarkan kalender Jawa, tidak hanya digunakan untuk mengetahui karakter seseorang, tetapi juga dipercaya dapat membantu dalam mengatur kehidupan sehari-hari. Prinsip-prinsip yang terkandung dalam weton dapat diadaptasi menjadi suatu bentuk manajemen waktu yang unik dan personal.

Pengendalian Diri Berdasarkan Weton

  • Mengenali Diri: Weton memberikan gambaran tentang karakteristik dasar seseorang. Dengan memahami karakteristik ini, individu dapat lebih mudah mengendalikan emosi dan perilaku. Misalnya, seseorang dengan weton yang cenderung impulsif dapat belajar untuk lebih sabar dan berhati-hati.
  • Menyesuaikan Diri: Weton juga dapat membantu individu menyesuaikan diri dengan ritme alam dan siklus kehidupan. Dengan memahami pengaruh weton terhadap energi dan mood, seseorang dapat mengatur aktivitas hariannya agar lebih seimbang dan produktif.
  • Meningkatkan Kesadaran Diri: Melalui pemahaman tentang weton, individu dapat mengembangkan kesadaran diri yang lebih tinggi. Mereka menjadi lebih peka terhadap sinyal-sinyal yang datang dari dalam diri dan lingkungan sekitar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun