Mohon tunggu...
Nur Mutiani
Nur Mutiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Membangun Masa Depan Melalui Sistem Pendidikan Indonesia

30 Juni 2023   19:50 Diperbarui: 30 Juni 2023   19:56 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Membangun Masa Depan Melalui Sistem Pendidikan Indonesia: MengatasiTantangan, Peningkatan Kualitas Pembelajaran, dan Mencapai Tujuan Pendidikan

Nabilah 1,Nur reski amaliah2 , Nur mutiani3

Program StudiPendidikanAgama Islam,FakultasTarbiyah,Institute Agama Islam Negeri Parepare

Email :nabilanacaning@gmail.com

 

 

 

Abstract

Integrated learning is a teaching approach that combines multiple subjects into a single lesson, acknowledging the interconnectedness and relationships between different subject areas. In order to explore the implementation of integrated learning and its impact on the quality of education, a systematic literature review was conducted, focusing on 94 scientific articles published within the last 10 years. The search process involved specific inclusion and exclusion criteria, concentrating on keywords such as "implementation of integrated learning," "integrated learning," and "increasing the quality of learning."The findings of this study indicate that the implementation of integrated learning can be effectively achieved through the application of innovative learning models. By incorporating various flexible and adaptable learning approaches, integrated learning encourages active participation from learners, enabling them to construct knowledge. This integration of subjects not only enhances the learning experience but also fosters a deeper understanding of the interrelationships between different disciplines.

In conclusion, the implementation of integrated learning offers a promising approach to improve the quality of education. By incorporating innovative learning models, students are provided with opportunities for active engagement and a more holistic understanding of various subjects. The findings of this study emphasize the significance of integrating different disciplines to create meaningful and effective learning experie

Abstrak

Pembelajaranterpaduadalahpendekatanpengajaran yang menggabungkanbeberapamatapelajarankedalamsatupelajaran. Pendekataninimengakuiketerkaitan dan hubunganantaraberbagaibidangstudi yang berbeda. Untukmengeksplorasiimplementasipembelajaranterpadu dan dampaknyaterhadapkualitaspendidikan, dilakukantinjauanliteratursistematisdenganfokus pada 94 artikelilmiah yang diterbitkandalam 10 tahunterakhir. Proses pencarianmelibatkankriteriainklusi dan eksklusi yang spesifik, denganmemusatkan pada kata kunciseperti "implementasipembelajaranterpadu," "pembelajaranterpadu," dan "peningkatankualitaspembelajaran."Temuandaripenelitianinimenunjukkanbahwaimplementasipembelajaranterpadudapatberhasildicapaimelaluipenerapan model pembelajaraninovatif. Denganmenggabungkanberbagaipendekatanpembelajaran yang fleksibel dan dapatdisesuaikan, pembelajaranterpadumendorongpartisipasiaktifdaripesertadidik, memungkinkanmerekauntukmengkonstruksipengetahuan. Integrasi matapelajaraninitidakhanyameningkatkanpengalamanbelajar, tetapi juga memupukpemahaman yang lebihmendalamtentanghubunganantaradisiplinilmu yang berbeda.Sebagaikesimpulan, implementasipembelajaranterpadumenawarkanpendekatan yang menjanjikanuntukmeningkatkankualitaspendidikan. Denganmenggabungkan model pembelajaraninovatif, siswadiberikankesempatanuntukterlibatsecaraaktif dan memahamisecaraholistikberbagaimatapelajaran. Temuandaripenelitianinimenekankanpentingnyamengintegrasikandisiplinilmu yang berbedauntukmenciptakanpengalamanbelajar yang bermakna dan efektif.

Pendahuluan

Pendidikan memainkanperankrusialdalammembangun masa depansuatubangsa. Di Indonesia, sistempendidikanmenjadifondasipentingbagikemajuan dan kemakmuran negara ini. Namun, sepertihalnya negara-negara lain di dunia, Indonesia juga dihadapkan pada berbagaitantangandalammengembangkansistempendidikan yang efektif dan berkualitas.

Tantangan-tantangantersebutmeliputimasalahsepertirendahnyamutupendidikan, kesenjanganaksespendidikanantar wilayah, ketimpangandalamdistribusisumberdaya, dan kesesuaiankurikulumdengankebutuhan dunia kerja. Untukmengatasitantanganini, diperlukanupayanyatadalammeningkatkankualitaspembelajaran dan mencapaitujuanpendidikan yang diinginkan.

Peningkatankualitaspembelajaranmenjadi salah satufokusutamadalammenghadapitantangantersebut. Pembelajaran yang efektif, inovatif, dan relevandenganperkembangan zaman akanmemberikanlandasankuatbagipesertadidikuntukmengembangkanpotensimerekasecaramaksimal. Dalamhalini, penerapanmetodepembelajaran yang terintegrasi, di mana beberapamatapelajarandigabungkanmenjadisatupelajaran, dapatmenjadialternatif yang menarik.

Melaluipembelajaranterpadu, pesertadidikdapatmemahamiketerkaitanantaraberbagaibidangstudi, mengembangkanketerampilanlintasdisiplin, dan mengaplikasikanpengetahuanmerekadalamkontekskehidupannyata. Selainitu, penggunaan model pembelajaraninovatif juga menjadikuncidalammeningkatkanminat dan keterlibatanpesertadidikdalam proses pembelajaran.

Dalamupayamembangun masa depanmelaluisistempendidikan Indonesia, pentinguntukmengatasitantangan yang ada, meningkatkankualitaspembelajaran, dan mencapaitujuanpendidikan yang telahditetapkan. Denganmengintegrasikanberbagaimatapelajaran, menerapkanmetodepembelajaraninovatif, dan mengadaptasikurikulumsesuaidengankebutuhan zaman, sistempendidikan Indonesia dapatmenjadi pilar kuatdalammencetakgenerasi yang kompeten, kreatif, dan siapmenghadapiperubahan global.

MetodePenelitian

Dalampenelitianinimenggunakanmetodekualitatifdenganpendekatanstudipustakauntukmengkajiterkaitinformasidarisumberreferensisebagairujukandalampenelitian. Studipustakamerupakansebuahmetodeuntukmenggaliinformasi dan data yang sudahadaterutamadokumenataucatatanmengenaipembelajaran (Wahyudi, Bahri, dan Handayani, 2019). Adapun proses dalampenelitianiniyaitupertama, menentukansertamengkajisumberreferensiberupastudipustaka yang dimuatdalamsumberbuku dan artikelilmiah yang dapatdiaksesmelalui Google Cendekiawan yang sesuaikajiandalampenelitian. Kedua, mengkajisertamemverifikasisumber-sumberstudipustakauntukmendapatkangagasan yang sesuai dan relevandenganpenelitian. Setelahitu, proses untukmenginterpretasikaninformasi yang didapatkandalamsebuahgagasanterkaitpenelitian yang sedangdikaji.

Hasil dan Pembahasan

MengatasiTantangan

Pendidikan memegangperankrusialdalampembangunannasional, sehinggakepemimpinandalam dunia pendidikan sangat vital dalammerumuskanarah dan pelaksanaankebijakanpendidikan. Mengakuibahwapendidikanmerupakanmasalahkompleks yang sulitditangani, pemerintahtelahmengimplementasikanberbagaikebijakan, meskipunkadang-kadangterjadipenyimpangandariketetapan. Namun, usahapemerintahdalammengatasiberbagaitantangandalampendidikanpatutdiapresiasi.

Salah satutantanganutamabagi Indonesia, terutamabagipemerintah, adalahmeningkatkanmutusumberdayamanusiadalam negara yang memilikijumlahpendudukbesar. Meningkatkanmutupendidikanmenjadituntutanterbesarbagibangsaini. Oleh karenaitu, perbaikan dan pembaharuan di berbagaisektorterkaitdenganpendidikanharusdilakukan.

Transformasipendidikan di Indonesia menjadihal yang takterhindarkan, dan arahsertaperubahandalampendidikanakan sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan yang muncul. Era reformasi sejaktahun 1998 menjaditransisi yang mempengaruhi dunia pendidikannasional, termasuklahirnyaUndang-UndangNomor 20 Tahun 2003 tentangSistem Pendidikan Nasional, yang memberikanruanguntukperubahan, termasukdesentralisasipendidikan. Perubahaninimembawakonsekuensidalampenyelenggaraanpendidikannasional dan menjaditantanganbagipemerintah, baik di tingkatpusatmaupundaerah, untukmengelolawewenangsecaraefektif.

Selainitu, di tengah era globalisasi, pemerataan dan peningkatanmutupendidikanmenjadikebutuhanbagi Indonesia dalammenghadapipersaingan global. Dunia pendidikanharusresponsif dan tanggapdalammenyusunsistempendidikansesuaidengantuntutan zamanMendepan, prospekpendidikannasionaldihadapkan pada perkembanganglobalisasi, dan kesadaranakanpeningkatansumberdayamanusiamenjadiprioritasbagi dunia pendidikan. Pendidikan dianggapsebagaiinvestasiuntukmempersiapkansumberdayamanusiaberkualitas di Indonesia.

Diharapkanbahwakebijakan-kebijakanpemerintahdalambidangpendidikan, seiringdengan reformasi pendidikannasional, akanmengarahkeperbaikan yang lebihbaik.

PeningkatanKualitasPembelajaran

Penurunankualitasbelajar dan hasilbelajardisebabkan oleh tekanan yang terlalutinggidalammenguasaimaterikurikulum, tanpamemperhatikanminat dan kehidupananak. Hal inimenyebabkankurangnyaperhatianterhadapminat, kemampuan, dan minatanakdalam proses pembelajaran, sehinggabelajar di sekolahdianggapsebagaibeban dan kurangmenyenangkan. Interaksi dan partisipasiaktifsiswadalampembelajaranberkualitasdapatdicapaimelaluipenerapan model pembelajaraninovatif.

Salah satupendekatan yang dapatdigunakanadalahpembelajaranterpadu, yang melibatkanperencanaan, pelaksanaan, dan evaluasidalambeberapatahap. Model pembelajaranterpaduinidapatdisesuaikandenganberbagai model pembelajaran yang fleksibel. Dengandemikian, siswadapatsecaraaktifmembangunpengetahuan, sehinggameningkatkanhasilbelajarmereka.

Secarakesimpulan, penerapanpembelajaraninovatif dan menyenangkandapatmendorongpeningkatanhasilbelajar. Pembelajaranterpadu yang mengaitkankonsep, proses, matapelajaran, dan model pembelajaran yang digunakan oleh pengajardapatmenciptakanpembelajaran yang inovatif dan fleksibel. Dengandemikian, siswatidakmerasatertekansaatbelajar, dan merekaakantumbuh rasa cintaterhadappembelajaran, yang secaratidaklangsungberdampakpositif pada peningkatanhasilbelajar. Oleh karenaitu, penerapanpembelajaranterpadumemungkinkanpengajaruntukmencari model pembelajaran yang sesuaiuntukmeningkatkankualitaspendidikan.

MencapaiTujuan Pendidikan

Pendidikan memilikiperan yang sangat pentingdalampembangunansuatu negara. Tujuanpendidikanbukanhanyauntukmentransferpengetahuan, tetapi juga untukmembentukkarakter yang baiksertamenggalipotensisetiapindividu. Dalamartikelini, kitaakanmenjelajahibagaimanapendidikandapatmencapaitujuannyadenganmenggalipotensisiswa dan membangunkarakter yang kuat.

Pertama-tama, pendidikanharusmampumenggalipotensisiswa. Setiapindividumemilikibakat, minat, dan kemampuan yang unik. Melaluipendekatanpendidikan yang inklusif, setiapsiswaharusdiberikankesempatanuntukmengembangkanpotensimereka. Hal inidapatdilakukanmelaluipenekanan pada pendekatanpembelajaran yang berpusat pada siswa, di mana merekadiberikankebebasanuntukmengeksplorasiminat dan bakatmerekasecaraaktif. Guru sebagaifasilitatordapatmembantumengidentifikasipotensisiswa dan memberikanarahan yang tepatuntukmengembangkannya. Denganmenggalipotensisiswa, pendidikandapatmemberikanlandasan yang kuatuntukkeberhasilan masa depanmereka.

Selainmenggalipotensi, pendidikan juga harusfokus pada pembangunankarakter yang baik. Karaktermerupakanpondasi yang pentingdalammembentukkepribadianseseorang. Dalamlingkunganpendidikan, siswaperludiajarkannilai-nilai moral, etika, integritas, tanggungjawab, kerjasama, dan kepemimpinan. Hal inidapatdicapaimelaluipengembangankurikulum yang melibatkanpendidikankaraktersebagaibagian integral daripembelajaran. Sekolahharusmenjaditempat di mana siswatidakhanyabelajarakademik, tetapi juga belajarmenjadiindividu yang bertanggungjawab, jujur, empatik, dan memilikikepedulianterhadaplingkungansekitar.

Pentingnyamencapaitujuanpendidikantidakhanyaterbatas pada pengetahuan dan keterampilanakademik. Tujuanpendidikan yang lebihluasadalahmenciptakanindividu yang siapmenghadapitantangan dunia nyata dan menjadikontributor yang berartidalammasyarakat. Oleh karenaitu, pendidikanharusmampumelibatkansiswadalampembelajaran yang relevandengankehidupansehari-hari, mengembangkanketerampilanabad ke-21 sepertipemecahanmasalah, kreativitas, kolaborasi, dan pemikirankritis. Selainitu, pendidikan juga harusmemberikanpemahaman yang mendalamtentangisu-isu global, keberagamanbudaya, dan keberlanjutanlingkungan.

Dalamupayamencapaitujuanpendidikan, peransemuapemangkukepentingan sangat penting. Pemerintahperlumemberikandukungan yang memadaidalamhalanggaran, kebijakan, dan infrastrukturpendidikan yang memadai. Guru sebagaiagenperubahan di dalamkelasharusmemilikikualifikasi yang baik, terusmengembangkandiri, dan berinovasidalammetodepengajaran. Orang tua juga harusaktifterlibatdalampendidikananak-anakmereka, mendukungperkembanganmereka di sekolah, dan membantumerekamengenalipotensimereka.         

Dalamkesimpulannya, mencapaitujuanpendidikanmelibatkanmenggalipotensisiswa dan membangunkarakter yang kuat. Pendidikan harusmemberikankesempatanbagisetiapsiswauntukmengembangkanbakat, minat, dan kemampuanmereka. Selainitu, pendidikan juga harusmendorongpembangunankarakter yang baik, melaluipembelajarannilai-nilai moral, etika, dan kepemimpinan. Denganmenggalipotensi dan membangunkarakter yang kuat, pendidikandapatmembantusiswamenjadiindividu yang siapmenghadapitantangan dunia nyata dan memberikankontribusipositifdalammasyaraka

 

Kesimpulan

Membangun masa depanmelaluisistempendidikan Indonesia adalahsebuahtugas yang kompleksnamun sangat penting. Dalammenghadapitantangan yang ada, peningkatankualitaspembelajaranmenjadikunciuntukmencapaitujuanpendidikan yang lebihbaik.

Tantangandalamsistempendidikan Indonesia mencakupberbagaiaspek, sepertikurangnyaaksespendidikan yang merata, ketimpangankualitaspendidikanantar wilayah, kesenjangansosial-ekonomi, dan penyesuaiandenganperkembangan global. Untukmengatasitantanganini, perluadanyaupayakolaboratifdariberbagaipihak, termasukpemerintah, sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat.

Peningkatankualitaspembelajaranmenjadifokusutamadalammencapaitujuanpendidikan yang lebihbaik. Hal inimelibatkanpengembangankurikulum yang relevandengankehidupannyata, pendekatanpembelajaran yang inovatif dan inklusif, sertapemberdayaan guru sebagaifasilitatorpembelajaran yang efektif. Pendidikan juga harusmampumenggalipotensisiswa, memperhatikanminat dan bakatmereka, sertamembangunkarakter yang baik.

Untukmencapaitujuanpendidikan yang lebihbaik, perluadanyakoordinasi dan sinergiantarapemerintah, sekolah, guru, dan masyarakat. Pemerintahperlumemberikandukungan yang memadaidalamhalanggaran, kebijakan, dan infrastrukturpendidikan. Sekolah dan guru harusterusmengembangkandiri, menggunakanmetodepembelajaran yang inovatif, dan melibatkansiswasecaraaktifdalam proses pembelajaran. Orang tuaperluterlibatdalampendidikananak-anakmereka, mendukungperkembanganmereka di sekolah, dan menjalinkerjasamadengansekolah.

Denganmengatasitantangan, meningkatkankualitaspembelajaran, dan mencapaitujuanpendidikan, sistempendidikan Indonesia dapatmembangun masa depan yang lebihbaik. Pendidikan yang berkualitasakanmenghasilkangenerasi yang siapmenghadapiperkembangan global, memilikiketerampilan yang relevan, karakter yang baik, sertakemampuanuntukberkontribusipositifdalammasyarakat. Membangun masa depanmelaluisistempendidikan Indonesia adalahinvestasijangkapanjang yang akanmembawamanfaatbagibangsa dan negara.

Daftar Pustaka

Getteng, Abd Rahman. 2011. Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika. Yokyakarta: Graha Guru

Rahman, K. (2018). Perkembangan Lembaga Pendidikan di Indonesia. JurnalTarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 2(1).

Haerullah, H., &Elihami, E. (2020). DimensiPerkembangan Pendidikan Formal Dan Non Formal. DimensiPerkembangan Pendidikan Form

Ratna Wulan, E., &Rusdiana, H. A. (2015). EvaluasiPembelajaranDenganPedekatanKurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia.

S. Hamid Hasan. 2008. EvaluasiKurikulum. Hal. 170-173

Hamzah B. Uno, 2008. Perencanaanpembelajaran, Jakarta, BumiAksara.

Daryanto, H. 2001. Evaluasi Pendidikan. Cetakan II. Jakarta: RinekaCipta.

 

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun