Pembelajaran interaktif adalah pendekatan pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai pusat proses belajar mengajar. Dalam pembelajaran ini siswa tidak hanya menjadi pendengar pasif tetapi mereka aktif terlibat dalam aktivitas pembelajaran yang melibatkan diskusi, kolaborasi, eksperimen, dan pertukaran ide. Teknologi sering digunakan sebagai alat untuk meningkatkan interaksi yang memungkinkan penggunaan papan tulis interaktif, platform pembelajaran online, atau aplikasi pembelajaran khusus. Dalam pembelajaran interaktif guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing siswa mengeksplorasi, membantu mereka memahami konsep secara mendalam, dan merangsang pemikiran kritis serta kreativitas.
Pendekatan ini mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam pembelajaran memotivasi mereka untuk belajar dan meningkatkan pemahaman mereka melalui pengalaman langsung maupun kolaboratif. Desain pembelajaran interaktif adalah pendekatan pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif siswa melalui berbagai interaksi dan kegiatan dalam konteks kelas. Desain pembelajaran interaktif dapat mencakup berbagai elemen dan metode untuk meningkatkan keterlibatan siswa memotivasi belajar dan memfasilitasi pemahaman yang lebih baik.
Berikut adalah desain pembelajaran interaktif yang dapat diterapkan di kelas yaitu :
1. Diskusi kelompok
2. Simulasi
3. Proyek kolaboratif
4. Kuis interaktif
5. Papan tulis interaktif
6. Debat dan perdebatan
7. Penugasan proyek pembelajaran berbasis masalah
8. Penyajian multimedia
9. Jelajah lapangan virtual
Media pembelajaran interaktif memainkan peran krusial dalam mendukung pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Dengan penggunaan teknologi yang cerdas pendidik dan peserta didik dapat memperoleh manfaat dari pengalaman belajar yang menginspirasi mendalam dan berbasis interaksi membentuk generasi yang kreatif kritis dan siap menghadapi tantangan masa depan. Media pembelajaran interaktif adalah alat atau sumber yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran yang memungkinkan siswa berinteraksi secara aktif dengan materi pembelajaran. Agar sebuah media bisa dikatakan sebagai media pembelajaran interaktif ada beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain :
 1. Keterlibatan siswa
2. Ketersedian konten
3. Feedback
4. Pengguna harus dapat berinteraksi
5. Respon terhadap aksi pengguna
6. Pembelajaran yang dapat disesuaikan
7. Pilihan dan kontrol
8. Adaptasi
9. Ketersediaan informasi tambahan
10. Tujuan pembelajaran
11. Kesesuaian dengan materi
12. Aksibilitas
13. Pengukuran kemajuan
14. Intuitif dan mudah digunakan
Selain syarat di atas ada beberapa prinsip yang mendasari pembuatan media pembelajaran interaktif yang efektif untuk mendukung pembelajaran abad ke-21, diantaranya adalah :
1. Identifikasi tujuan pembelajaran
2. Pilih platform atau alat yang tepat
3. Kembangkan Konten yang Relevan
4. Tambahkan Elemen Interaktif
5. Pertimbangkan Keterlibatan Siswa
6. Responsif terhadap Kebutuhan Siswa
7. Uji Coba dan Evaluasi
8. Integrasi Teknologi yang Mendukung
9. Fasilitasi Keterlibatan Guru
10. Update Konten Secara Berkala
Â
Hasil dari beberapa penelitian yang telah dilakukan menyebutkan bahwa keuntungan utama dari penggunaan media pembelajaran interaktif dalam konteks pembelajaran yaitu :
a. Meningkatkan keterlibatan siswa
b. Personalisasi pembelajaran
c. Peningkatan retensi informasi
d. Pengembangan keterampilan kritis
e. Fleksibilitas dalam pembelajaran
f. Umpan balik instan
g. Memotivasi pembelajaran berkelanjutan
Berikut aplikasi pembuat media pembelajaran interaktif untuk guru yang mudah digunakan :
1. Canva
Aplikasi Canva merupakan salah satu aplikasi pengolah grafis atau visual yang cukup populer saat ini. Aplikasi Canva ini adalah aplikasi pengolah grafis berbasis cloud sehingga perlu terhubung dengan internet jika ingin menggunakannya. Sebagai guru dapat memanfaatkan aplikasi Canva untuk membuat media pembelajaran, seperti membuat infografis, rangkuman materi, worksheet, brosur, poster, template presentasi, thumbnail YouTube dan lainnya.
Kelebihan aplikasi Canva adalah telah tersedia template berdasarkan kategori-kategori tertentu. Ada tujuh kategori yaitu media sosial, presentasi, dokumen, personal, pendidikan, marketing, event, dan iklan. Pengguna tinggal memilih template mana yang paling cocok untuk media pengajaran yang ingin dibuat berdasarkan materi dan karakteristik siswa. Aplikasi media pembelajaran interaktif ini sangat mudah diakses. Aplikasi ini dapat pengguna akses menggunakan handphone atau komputer.
2. Classpoint
Classpoint adalah software yang dikembangkan oleh Inknoe. Aplikasi ini terintegrasi dengan PowerPoint. Classpoint menyediakan banyak fungsi untuk dibuat materi pembelajaran yang menarik. Dapat meningkatkan keterlibatan antara siswa dan materi pelajaran. Classpoint ini juga memungkinkan guru untuk membuat kuis yang menarik.
Classpoint ini mempunyai beberapa tools pertanyaan yang bisa kita gunakan, sehingga dapat menarik perhatian siswa. Diantaranya adalah bentuk multiple choise, word cloud, short answer, slide drawing, image upload dan whiteboard background. Hal yang menarik dari classpoint ini adalah setiap jawaban yang terkumpul, akan selalu disertai nama pengirimnya dan kemudian bisa disimpan, sehingga hal ini akan sangat membantu guru dalam memberikan penilaian proses.
3. Quizizz
Quizizz adalah suatu platform yang menyediakan berbagai macam fitur untuk pembelajaran secara online. Platform ini dapat dipakai guru untuk kegiatan belajar mengajar seperti mengadakan pre-test, penguatan materi, latihan soal, post-test, remedial, dan lain-lain. Sebagai media pembelajaran, Quizizz memiliki sifat fleksibel. Selain sebagai sarana untuk penyampaian materi juga dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan evaluasi pembelajaran yang menarik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya fitur yang dapat digunakan untuk membuat kuis interaktif (game) atau pertanyaan.
Fitur dalam Quizizz memungkinkan guru dapat membuat lima jenis soal. Jenis soal tersebut yaitu kotak centang, pemilihan atau survey, soal esai, isi bagian yang kosong dan soal pilihan ganda dengan alternatif jawaban. Dalam merancang kuis/materi yang akan disampaikan ke siswa, guru juga dapat menambahkan beberapa pendukung lain seperti grafik, tabel, gambar, dan lain sebagainya.
4. Kahoot!
Kahoot! adalah sebuah platform pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Platform ini adalah permainan pembelajaran, "Kahoots", adalah kuis pilihan ganda yang dibuat oleh pengguna yang dapat diakses melalui penjelajah web atau aplikasi Kahoot. Cara bermainnya sederhana; semua pemain terhubung menggunakan PIN permainan yang dihasilkan yang ditampilkan di layar umum, dan menggunakan perangkat untuk menjawab pertanyaan yang dibuat oleh guru, pemimpin bisnis, atau orang lain.
Pertanyaan-pertanyaan ini dapat diubah menjadi poin penghargaan. Pembuat dapat memilih, apakah pemain bisa mendapatkan 0 poin, hingga 1000 atau 2000. Poin yang didapat pemain dihitung hingga berapa banyak yang bisa didapat pemain dan berapa lama yang dibutuhkan pemain untuk menjawab. Semakin cepat pemain menjawab, semakin banyak poin yang mereka dapatkan jika pemain menjawab dengan benar. Poin kemudian muncul di papan peringkat setelah menyelesaikan setiap pertanyaan. Pemain juga bisa mendapatkan streak, yang berarti mereka menjawab lebih banyak pertanyaan secara berurutan. Semakin baik streak mereka, semakin banyak poin yang mereka dapatkan ketika menjawab pertanyaan dengan benar.
Demikian aplikasi-aplikasi yang dapat dikembangkan oleh guru untuk membuat media pembelajaran interaktif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H