Tugas 1. Refleksi
1.Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan di sana?
POSITIF : PADA UMUR 11 SAYA TERPILIH UNTUK IKUT MEWAKILI SEKOLAH IKUT CERDAS CERMAT Â IPA
NEGATIF : PADA USIA 12 TAHUN SAYA SANGAT KECEWA KETIKA KEINGINAN SAYA MASUK SEKOLAH SMP YANG SANGAT SAYA IDAM IDAMKAN GAGAL
2. Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam masing-masing peristiwa tersebut?
Positif: WALI KELAS pada saat itu memilih lima perwakilan sekolah untuk mengikuti seleksi cerdas cermat walaupun tidak dapat juara tapi saya merasa bahagia. TEMAN SEBAYA kita berlima saling mendukung ,sama sama belajar.
Negatif: ORANG TUA ( IBU) ikut bersedih saat saya tidak bias sekolah di SMP yang saya suka ,karena beliaulah yang menemani dan mengantarkan saya untuk mendaftar ,saat menangis pun beliaulah yang menguatkan saya.
3. Dampak emosi apa saja yang saya rasakan hingga sekarangang? (silakan gunakan roda emosi Plutchik di Gambar 2 untuk mengidentifikasi persisnya perasaan Bapak/Ibu di masa itu)
Positif: merasa optimis ( bisa menang), antisipasi ( terus berusaha dan belajar)
Negatif: sedih, kecewa (sangat sedih sekali ), benci, marah( teman lain yang nilainya sama bias lolos)
4. Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat saya rasakan dan masih dapat memengaruhi diri saya di masa sekarang?
Momen tersebut masih sangat membekas diingatan terutama yang negatif kerena menurut saya itu tidak adil dan itu menjadikan motivasi buat saya untuk terus maju dan kedepanya dalam melakukan hal apapun akan selalu obyektif.
5. Pelajaran hidup apa yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi, terkait peran saya sebagai guru terhadap peserta didik saya?
Saya menyadari bahwa umur sangat mempengaruhi tingkat emosi semakin bertambahnya umur tingkat emosi akan semakin stabil sebagai seorang guru kita harus sangat menyadari hal tersebut karena setiap harinya kita akan diperhadapkan dengan siswa yang mungkin saja setiap waktu perubahan emosi itu terlihat dan kita harus mampu dan tepat dalm menangani dan mendampingi mereka
6. Bagaimana saya menuliskan nilai-nilai yang saya yakini sebagai seorang Guru, dalam 1 atau 2 kalimat menggunakan kata-kata: "guru", "murid", "belajar", "makna", "peran"?
Nilai-nilai yang saya yakini sebagai seorang guru
Menjadi seorang Guru harus menuntun memberi semangat ,mendampingi ,selalu ada dan memberi motivasi untuk siswa siswanya.
Menjadi seorang guru kita harus dapat menjadi contoh teladan selalu bersikap sesuai dengan nilai nilai dan norma norma menjadi teladan bagi siswa
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI