Pengertian Perkembangan Peserta DidikÂ
Menurut para ahli dapat disimpulkan bahwa perkembangan merupakan proses perubahan kualitatif yang mengacu pada mutu fungsi organ-organ jasmaninya.Â
Tidak hanya perubahan organ-organ jasmaninya saja kemudian dalam hubungannya dengan peserta didik maka pengertian perkembangan peserta didik merupakan perubahan yang mengarah pada kemajuan dan berkesinambungan untuk menjadi lebih sempurna melalui interaksi dengan lingkungan pendidikan.Â
perkembangan peserta didik ini merupakan suatu proses perubahan yang sangat besar sejak kemasukan dunia pendidikan serta didik akan mengalami perubahan yang tidak dapat dipungkiri baik itu dalam perilaku pengetahuan dan keterampilannya.
Tahapan Perkembangan Peserta DidikÂ
Perkembangan peserta didik dapat dibagi menjadi beberapa tahap, masing-masing dengan karakteristik dan tantangan yang unik.
1. Tahap awal: tahap awal perkembangan peserta didik dimulai sejak lahir dan berlangsung hingga usia dua atau tiga tahun. Selama tahap ini, peserta didik mengalami perkembangan yang pesat, baik secara fisik maupun kognitif. Mereka belajar mengendalikan gerakan mereka sendiri, mengenali dan mengikuti suara dan bahasa,sertamulai mengembangkan keterampilan sosial dasar.
2. Tahap persiapan:tahap ini berlangsung dari usia 3 hingga 5 tahun. Selama tahap ini,anak mulai mengembangkan keterampilan kognitif dan sosial yang lebih kompleks. Mereka belajar untuk berkomunikasi secara lebih efektif, mengikuti aturan sederhana, dan mulai mengembangkan rasa identitas.
3. Fase persiapan:fase ini berlangsung dari usia 5 hingga12 tahun. Selama periode ini, peserta didik mengalami perkembangan kognitif,emosional, dan sosial yang signifikan. Mereka belajar untuk memecahkan masalah, berpikir kritis, dan mengendalikan emosi. Mereka juga mengembangkan rasa percaya diri dan mulai menjadi bagian dari kelompok tertentu.
4. Tahap perkembangan remaja : tahap ini berlangsung dari usia 12 hingga18 tahun. Selama periode ini, peserta didik mengalami perubahan signifikan dalam fisik, kognisi, dan emosi mereka.Â
Mereka mengalami masa pertumbuhan, mengembangkan keterampilan kognitif yang lebih kompleks dan mulai mengidentifikasi diri mereka sendiri. Mereka juga mulai mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang lebih kompleks, termasuk kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, mengelola emosi, dan berpartisipasi dalam hubungan.
5. Tahap perkembangan dewasa : tahap ini berlangsung dari usia 18 hingga 65 tahun. Selama tahap ini, perkembangan pelajar lebih lambat, tetapi mereka mengalami perubahan dan perkembangan dalam fisik, kognisi, dan emosi mereka. Perubahan fisik melambat, keterampilan kognitif dan emosional yang lebih kompleks berkembang dan mereka mulai mengenali peran dan tanggung jawab mereka dimasyarakat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H