Mohon tunggu...
Nurkholis Ghufron
Nurkholis Ghufron Mohon Tunggu... wiraswasta -

Alumni MI Darussalam Padar, Mts Darussalam Ngoro, Darussalam Gontor 94, berwirausaha, Suka IT...To declare does'nt mean to be Proud of. It rather than to be thankful to teachers and carefully behaviour...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Islam Nusantara Yes, Anti Arab No...

24 September 2015   05:37 Diperbarui: 24 September 2015   09:10 1059
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Larangan Anti Arab Yang Pertama.

Baginda Rasulullah ﷺ berkata kepada Salman Al Farisi (orang Non Arab:Persia atau Iran sekarang): Hai Salman janganlah kamu membenciku yang menjadikanmu memisahi agamamu. Salman berkata :” Bagaimana mungkin aku membencimu sedangkan melalui dirimulah saya mendapatkan hidayah?.” Rasulullah ﷺ menjawab : “Kamu membenci Arab dan kamu membenciku.”Hadits riwayat Tirmizi dan Hakim Ra dengan sanad khasan ghorib.

Mungkin kita bisa mengkritisi sejenak hadist ini di luar pembahasan isnad, matan dan status hadist. Adalah sangat menarik jika larangan untuk membenci Arab ini disampaikan Nabi kepada orang Persia yang bernama Salman karna pada saat itu juga sudah ada muallaf dari benua lain, Bilal bin Rabah dari Afrika yang juga sangat dekat dengan Nabi ﷺ. Kenapa perbincangan yang intinya melarang “Anti Arab” ini dititipkan kepada Salman, seorang Persia yang sekarang bernama Iran?. Apakah ada hubungan kebangsaan Iran dan sentimen anti Arab ? dalam kancah “Anti Arab” isme di zaman setelah wafatnya Nabi.

Peristiwa ini terjadi kurang lebih pada tahun 5 Hijriah atau 1431 tahun yang lalu (berdasar kalender Hijriah ) yang artinya sebelum Syiah yang sekarang kita kenal sebagai mazhab di luar Aswaja terbentuk dan jauh sebelum sentimen anti Arab zaman modern dan post modern yang diinfiltrasikan kepada pergerakan Islam di luar Arab.

Kalau ada argumentasi bahwa terminologi Anti Arab ini ini didasarkan pada alasan bahwa Abu Jahal, Abu lahab dan kaum yang memusuhi Nabi adalah orang dari bangsa Arab. Jika argumen demikian ini bisa menjustifikasi gerakan Anti Arab maka tentunya Nabi ﷺ tak akan mewasiatkan ini kepada Salman yang konsekwensinya diriwayatkan oleh periwayat hadist yang kemudian dihafalkan, dikelompokkan dan dibukukan untuk sampai kepada kita untuk kita amalkan. Tapi Nabi ﷺ telah menyampaikan nasehat ini kepada Salman yang kelak mewakili kebangsaan Salman, Iran sebagai pusat Syiah.

Dalam dialog pertama dalam hadist di atas “ Janganlah kamu membenci ku wahai Salman sehingga dengan itu kamu memisahi agamamu !” . Dapat kita mengerti di sini bahwa memb enci Nabi ﷺ adalah sebab dari pisahnya Salman dengan agamanya , Islam. Kata yang dipakai Nabi bukan irtadda, atau khoroja yang bermakna murtad atau keluar dari agama tapi menggunakan kata “Faaroqo” dari akar yang sama dengan “firqoh” bermakna kelompok. Jadi, membenci Nabi boleh jadi orang yang bersangkutan akan tetap dalam “ Islam” tapi berpisah dari ajaran Islamnya Nabi ﷺ sesuai dengan ramalan berpecahnya Islam.

Menjawab Salman yang tak mungkin membenci beliau , Nabi ﷺ mengisyaratkan dalam hadist ini bahwa dengan bermula membenci Arab “tubghizdularoba”, maka kamu akan membenciku ”fatubghidzunii”. Dengan kata “fa” bermakna “maka” “atau tersebab dari itu” atau dengan tindakanmu itu , maka kamu juga melakukan tindakan itu kepadaku (Nabi ﷺ). Di sini telah tercipta korelasi yang kuat bersambung dari aksi membenci Arab ini akan menjadi pintu untuk membenci Nabi yang ada di dalam bangsa Arab.

Cinta Islam Nusantara tanpa Anti Arab .

Perdebatan terminologi Islam Nusantara yang diusung oleh NU memanas di medsos yang menjadi cermin dari situasi di masyarakat teraktual dalam memahaminya memang terbelah menjadi dua Pro dan Kontra . Salah satu penyebab semakin tajamnya perdebatan yang menjadi tidak produktif bagi peradaban Islam di dunia seperti yang digadang gadang dalam jargon Islam Nusantara ini adalah salah paham akan makna Islam Nusantara itu sendiri. Kesalahpahaman itu dipicu oleh sikap organisasi ini pada dekade belakangan dalam menterjemahkan dan menyikapi kejadian aktual kepada ummat Islam baik internal NU maupun muslim Indonesia khususnya yang cenderung tidak tawassuth dan i’tidal bersembunyi dalam stempel “moderat” yang diseruakkan ke publik.

Padahal Islam Nusantara adalah Islam dalam makna Islam yang tetap memegang adat adat Nusantara yang telah diislamkan oleh Walisongo. Walisongo sebagai penyebar Islam di tanah Jawa khususnya tidak boleh dengan sengaja dieliminasi oleh siapapun karna itu adalah keberislaman kita. Disukai atau tidak, berwasilah terhadap merekalah kita mendapatkah hidayah.

Jadi hadist ini jika kita letakkan sebagai rumus yang salah satu elemennya kita ganti dengan walisongo maka akan berbunyi;

(benci Arab )=(benci Nabi)

(benci Walisongo) = (benci Islam yang dibawanya)

Jadi Islam Nusantara yagn dimaksud adalah bukan suatu agama baru atau aliran baru dalam Islam maka Ini tak masalah alias tak jadi soal.

Yang jadi soal adalah di saat ada yang mengusung “anti Arab” dalam menyikapi serangan gerakan Wahaby dan radikalisme meski belum menjadi sikap resmi melainkan beberapa faksi atau oknum di internal NU . Ini akan menjadi sangat fatal jika sikap “anti Arab” ini di amini oleh mayoritas Nahdhiyyin karna berdasar dari hadist di atas kita akan “berpisah dengan Nabi” dari akar , padahal di saat yang sama kita gemar menyetempel diri kita dengan pengikut Aswaja sejati. Maka bagaimana kita tidak malu jika Aswaja kita malah menyelisihi hadits beliau.

Dalam penjelasan yagn penuh kekurangan karna dangkalnya ilmu saya , hadist di atas memberikan pencerahan lebih dari cukup kepada kita tentang pandangan Nabi Muhammad ﷺ terhadap gerakan “Anti Arab” ini yang beliau sabdakan 1431 tahun yang lalu (hitungan Hijri) adalah hal yang menyebabkan kita akan berpisah dengan beliau dan sumber sumber ilmu ke Islaman yang hampir semuanya berbentuk dalam tulisan Arab termasuk Al Qura dan Hadist yang menjadi dasar dari Ahlussunah Waljamaah di samping ijma’ dan qiyas.

Untuk lebih menguatkan jargon ini saya ingin mengutip hadist Nabi yang diriwayatkan oleh Thabrani dalam kitabnya AL Kabiir dan oleh Al Hakim dalam kitab al Mustadrak, dan Baihaqi dalam sya,bil Iman dari ibni Abbas:

Cintailah Arab karana tiga perkara:

Karna aku (Nabi ﷺ) adalah orang Arab , Al Quran berbahasa Arab dan karna lisan penduduk Syurga berbahasa Arab.

Jadi implikasi sikap “Anti Arab”, jika kita gabung dua hadist di atas dalam logika sederhana , akan menjadi pintu dalam membenci Baginda Rasulullah ﷺ, menjauhkan kita dari Al Qur’an dan yang sangat fatal adalah menjadikan kita tak bisa bahasa Arab ketika setekah dihisab yang artinya kita tak bisa masuk daftar penduduk Syurga . Nauzubillah min Zaalik.

Ketika seorang yang getol memperjuangkan Anti Arab saya tantang untuk mempertegas pendiriaannya dengan membentuk anti Eropa atau Anti Belanda dan yang sejenisnyapun tak mampu melakukannya sampai sekarang...karna sebenanya pengusung Anti Arab adalah Rasisme yagn berlindung di balik intelektual post modernisme. Padahal hidup ini terlalu singkat untuk menyemai Anti anti an...karna bagi Allahlah timur dan barat...

Dengan meminjam bahasa Cak Nur, saya katakan : Islam Nusantara Yes, Anti Arab No, Anti Barat juga No.

Wallohu a'lam Bisshowab.

 

Nur Kholis Ghufron.

 

 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun