Dampak Penggunaan Gadged di Kalangan Mahasiswa
Nur Ishami
Tadris IPS
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Abstrak: Artikel ini menjelaskan bagaimana dampak penggunaan gadged di kalangan mahasiswa. Gadged memberikan dampak besar bagi kehidupan manusia terutama bagi mahasiswa. Kehadiran gadged dalam bentuk smartphone telah banyak memberikan konstribusi dalam kehidupan sehari-hari. Gadged berguna sebagai media informasi, melakukan interaksi, mendapatkan hiburan atau bahkan sebagai media dalam berbisnis online. Gadged merupakan perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus di setiap jenisnya untuk memudahkan pekerjaan manusia menjadi lebih praktis dan efisien. Perkembangan teknologi yang begitu pesat merupakan bagian dari pengaruh globalisasi saat ini. Penggunaan gadged sangat diperlukan terkhususnya bagi mahasiswa yang sedang menempuh studinya. Seiring berjalannya waktu, mengharuskan mereka mempuyai alat media belajar yang canggih agar mempermudah mereka dalam menyelesaikan tugas. Dampak penggunaan gadged terhadap mahasiswa terdapat dampak positif dan dampak negatif. Akan tetapi kemajuan teknologi yang semakin pesat ini membuat para penggunanya tidak terkendali dalam hal pemakaian teknologi tersebut.
Kata Kunci: Dampak, Gadged, Mahasiswa
Pendahuluan
Perkembangan teknologi informasi tak luput dari berkembangnya ilmu pengetahuan manusia. Pada dasarnya manusia adalah makhluk ciptaan tuhan yang dibekali dengan akal dan segala kelebihannya sehingga mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk baginya. Manusia mampu berevolusi dan berkembang melalui ilmu pengetahuan dan penelitian yang dilakukannya. Dengan cara berevolusi inilah manusia dapat menciptakan sesuatu yang tidak pernah diciptakan tuhan sebelumnya.Â
Berkembangnya ilmu pengetahuan membuat manusia melakukan upaya dalam mengatasi dan memecahkan berbagai masalah hidup. Perkembangan ilmu pengetahuan manusia dapat memberikan perubahan pada pola-pola kehidupan manusia. Salah satu bentuk contoh dari perkembangan ilmu pengetahuan manusia ialah pada perkembangan IPTEK yang berdampak pada kehidupan globalisasi.
Kemajuan IPTEK yang dirasakan manusia saat ini salah satunya adalah alat komunikasi dalam bentuk gadged. Perkembangan teknologi yang terdapat pada gadged dari masa ke masa begitu menakjubkan dari bentuk yang paling sederhana hingga tercipta bentuk yang luar biasa. Semua itu merupakan bentuk dari perkembangan teknologi informasi yang kita rasakan saat ini. Dengan alat komunikasi inilah mempermudah manusia dalam berintekasi dengan seseorang dari jarak jauh.
Penggunaan gadged sangat luar biasa, bahkan penggunanya pun sudah merambah jauh ke desa termasuk menghilangkan batas usia pemakainya. Penggunaan gadged menimbulkan dampak bagi pengguna itu sendiri, baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Keberadaan gadged di kalangan mahasiswa sangat umum kita jumpai sekarang ini. Sangat tidak mungkin seorang mahasiswa tidak memiliki barang tersebut.
Pemanfaatan gadged tidak terlepas dari keberadaan sosial media dan perkembangan internet lainnya. Dominansi facebook, twitter, email, blog, atau youtube menjadi bagian yang tak kalah pentingnya dalam kehidupan mereka. Sebagai mahasiswa yang cerdas, pasti mampu mengendalikan dirinya dalam penggunaan gadged. Namun beberapa dari mereka bisa melupakan hal tersebut di karenakan berbagai faktor yang menyebabkan mereka lupa dan tidak peduli dengan keberadaan lilngkungan yang ada disekitarnya.
Pentingnya pemahaman penggunaan gadged dilakukan bagi para pelajar mahasiswa, agar tidak terkena dampak pengaruh negatif dari teknologi tersebut. Tetapi, kita dapat melakukan tindakan yang bijaksana terhadap diri kita sendiri, keluarga dan juga masyarakat luas, agar kemajuan teknologi yang semakin dahsyat ini tidak sampai menggeser jadi diri kita sebagai manusia yang memiliki norma dan juga nilai-nilai pekerti yang luhur.
PembahasanÂ
- Perkembangan Gadged
Gadged adalah sebuah benda (alat atau barang elektronik) teknologi kecil yang memiliki fungsi khusus, tetapi sering disesuaikan sebagai inovasi atau barang baru. Secara istilah gadged berasal dari bahasa inggris yang artinya perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa indonesia gadged disebut sebagai gawai yaitu media yang dipakai sebagai alat komunikasi modern untuk mempermudah kegiatan komunikasi pada manusia. (Putri, 2021)
Teknologi gadged pada awalnya berasal dari objek sederhana yang berada disekitar kita kemudian dirancang menjadi sebuah alat. Pembuatannya pun ada yang difaktorkan karena kesengajaan dan ada juga karena ketidak sengajaan. Namun manusia seiring jalannya perubahan zaman semakin banyak mendapatkan ilmu pengetahuan dari alat-alat sederhana tadi. Dengan ilmu yang didapat alat yang dibuat akan semakin kompleks dan baik performanya. (Wilanjaya, 2020)
Perkembangan gadged dari waktu ke waktu terus mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Kehadiran gadged dalam bentuk smartphone diantaranya seperti iphone, android, blackbarry, notebook, dan lain sebagainya. Alat ini diharapkan agar mampu mempermudah aktivitas manusia. Hampir di semua kalangan memanfaatkan gadged dalam aktivitas yang mereka lakukan setiap hari. Jadi secara tidak langsung kebutuhan gadged tidak lagi menjadi kebutuhan tambahan melainkan menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.
- Penggunaan Gadged di Kalangan Mahasiswa
Pada zaman revolusi industri 4.0 peran teknologi sangat besar bagi kegiatan mahasiswa, mahasiswa dituntut menyesuaikan dengan kondisi zaman yang serba online begitu pun dengan para dosen, mereka kadang harus mengikuti kelas online ketika dosen itu sedang berhalangan masuk, sehingga secara tidak langsung kebutuhan gadged wajib dimiliki oleh para mahasiswa.
Ketersediaan gadged dengan fitur internet sebagai jaringan dengan tingkat akses yang mengglobal semakin membuat para penggunanya meningkat dalam hal pemakaian. Penggunaan gadged sering dimaknai sebagai suatu inovasi yang membawa dampak perkembangan bagi kehidupan manusia. Tapi disamping itu, penggunaan gadged sering disalahgunakan bagi keberlangsungan hidup penggunanya, termasuk bagi kalangan muda yang sedang menempuh jalur pendidikan tidak terkecuali di kalangan mahasiswa. Sebagai mahasiswa yang masih perlu banyak menggali informasi baru tentang penguasaan materi yang harus ia lakukan tentunya gadged sangat membantu bagi kemudahan proses pembelajaran yang sedang ia jalani. Namun disamping itu, penggunaan gadged sebagai bentuk suatu inovasi yang memudahkan aktivitas manusia, sering juga dianggap sebagai suatu permasalahan bagi kalangan anak muda terutama terhadap mahasiswa.
- Dampak Gadged di Kalangan Mahasiswa
Gadged dalam pemakaian yang berlebihan akan membawa dampak buruk bagi penggunanya. Seseorang yang hanya menghabiskan waktunya dengan gadged akan lebih emosional saat diganggu ketika asyik memainkan gadged karena orang itu hanya memperdulikan gadgednya dan tidak memperdulikan lingkungan di sekitarnya. Seperti yang sama-sama kita tahu bahwa gadged sebagai inovasi yang amat penting keberadaannya banyak memberi pengaruh bagi kehidupan. Pengaruh gadged bagi setiap individu bisa saja berdeda-beda tergantung kepada pemaknaan yang tepat bagi keberhasilan suatu proses yang sedang dijalani.
Persoalan dampak mengenai penggunaan gadged di kalangan mahasiswa dapat dipaparkan dalam bentuk dampak positif dan dampak.
- Beberapa dampak positif penggunaan gadged sebagai berikut:
- Memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas kuliah.
- Mempermudah mahasiswa melakukan transaksi pembayaran UKT melalui gadged tanpa harus tarsfer ke bank.
- Menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang di dapat dari media sosial dengan mencari berbagai informasi di berbagai belahan dunia.
- Dapat mempermudah mahasiswa yang aktif dalam berbisnis online
- Mempermudah dalam berkomunikasi walau berada dalam jarak jauh sekalipun.
- Sebagai media hiburan untuk menghilangkan rasa stres serta dapat meningkatkan kemampuan dalam mengingat dan menghitung.
Beberapa dampak negatif penggunaan gadged sebagai berikut:
- Timbulnya rasa malas yang diakibatkan dari penggunaan gadged sehingga mahasiswa lebih memilih bermain gadged dari pada mengerjakan tugas
- Menyebabkan kecanduan dalam penggunaan gadged yang berlebihan, bahkan penyebab kecanduan inilah yang menyebabkan beberapa diantara remaja itu tidak memperdulikan dirinya sendiri.
- Penyalahgunaan gadged yang dikhawatirkan terdapat video dan gambar pornografi akan berdampak pada rusaknya otak sehingga mempersulit mereka untuk fokus dalam belajar
- Penggunaan gadged bisa menyebabkan seseorang lupa bagaimana cara bersosialisasi yang baik dengan masyarakat.
- Menyebabkan menurunnya prestasi akademik seorang mahasiswa yang terlalu sering bermain gadged sehingga kesulitan dalam mengingat ataupun menangkap informasi.
- Keasyikan dalam bermain gadged akan menimbulkan hilangnya minat seseorang dalam kegiatan lain seperti, tidak mau mengikuti organisasi yang ada di kampus.
- Memaraknya kasus pembulyingan di jejaring media sosial akibat salah kaprah dalam penggunaannya.
- Ketergantungan terhadap gadged membuat mereka menganggap bahwa gadged itu adalah segala-galanya bagi mereka, sehingga kecendrungan menjadi introvert.
Dengan demikian penggunaan gadged di kalangan para anak muda terkhususnya bagi mahasiswa harus pandai dalam memilah dan memilih mana yang baik dan mana yang buruk baginya. Karena disamping itu, banyak dampak negatif yang disebabkan dari penggunaan gadged itu sendiri. Oleh karena itu, pentingnya pemahaman tentang pengaruh gadged supaya dapat membatasi dalam penggunaannya.
Kesimpulan
Perkembangan teknologi yang mengalami kemajuan sangat pesat memberikan begitu banyak kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan dalam penggunaan teknologi. Teknologi gadged yang kini semakin canggih tidak membatasi usia dalam pengguananya, dengan kata lain mulai dari anak-anak sampai orang dewasa memanfaat gadged dalam kebutuhan hidupnya. Namun di sisi lain, pengguna harus mencari tahu apasaja manfaat dan dampak dari penggunaan teknologi tersebut.
Â
ReferensiÂ
Putri, L. D. (2021). Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 58--66.
Wilanjaya, E. K. (2020). PERKEMBANGAN GADGET DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN DI INDONESIA. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 7(1), 30--34.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H