Karena masa Covid-19 masih berlanjut, membuat sektor pada bidang pendidikan menyelenggarakan bentuk pembelajaran secara daring kembali, hal ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran covid yang kiat meningkat dan memutuskan rantai penyebarannya dengan tetap melaksanakan Social Distancing dan Physical Distancing.
penyelenggaraan pendidikan secara daring membuat para pengajar, guru dan dosen kesulitan memaksimalkan hasil pengajaran, yaitu adanya kesenjangan jarak membuat pengajar sulit untuk memantau  perkembangan pemahaman peserta didik, Sama halnya yang dialami oleh siswa SMP Negeri 1 Gunungguruh tempat saya melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata memiliki keluhan yang sama, para guru sedikit kesulitan untuk memantau, mengetahui seberapa jauh perkembangan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang telah di sampaikan.
Oleh karena itu pada kasus seperti ini adalah mengandalkan Pentingnya orang tua dalam mendampingi anaknya melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar, untuk mewujudkan hal tersebut saya berinisiatif memberikan pendampingan kepada orang tua murid dalam mendampingi anaknya melaksanakan pembelajaran daring, dengan cara bertatap maya melalui media jarak jauh Google Class Room untuk memulai presentasi memberikan arahan dan esensi pentingnya pendampingan orang tua terhadap anaknyaÂ
PERAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
1. MEMASTIKAN ANAK BELAJAR DENGAN AMAN DAN NYAMAN
   Orang tua membantu dan memfasilitasi anak agar bisa melaksanakan pembelajaran jarak jauh tetap efektif dan efisien
2. BERI SEMANGAT DAN MOTIVASI PADA ANAK
   Memberikan semangat pada anak yang mudah jenuh pada pembelajaran daring agar Kembali focus pada pembelajaran
3. Â MENGHUBUNGI GURU / DINAS
   Jika Orangtua mengalami kendala kendala saat mendampingi anak dalam belajar online dapat menghubungi guru wali kelas, atau     sekolah terkait
Lalu Bagaimana cara orang tua membimbing dan mendampingi anak dalam belajar daring ?
1. MEMPERHATIKAN JADWAL Â PEMBELAJARAN ANAK SETIAP HARINYA, Mengingatkan anak Terhadap Jadwal Belajarnya
2. MEMBIMBING ANAK DALAM MEMAHAMI MATERI, Melakukan Interaksi dengan anak, apakah ada materi yang yang disampaikan guru yang belum dipahami, dan coba untuk menjelaskan ulang
3. Â MEMBANTU ANAK DALAM MENGERJAKAN TUGAS, Jika dalam pengerjaan tugas, anak mengalami kesulitan orang tua berperan untuk membimbing, jika sama sama kesulitan boleh untuk menghubungi guru terkait
4. MEMFASILITASI KEBUTUHAN ANAK DALAM PENGEJAAN TUGAS, Memberikan fasilitas yang dibutuhkan anak untuk kepentingan belajar
5. MEMBERI REPON POSITIF DAN APRESIASI KEPADA ANAK YANG TELAH MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN, Memberikan apresiasi, penghargaan atau sekedar pujian dibutuhkan untuk anak, agar selalu termotivasi dan semangat dalam melaksanakan pembelajaran selanjutnya
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H