Mohon tunggu...
Nurhayati Nurjat
Nurhayati Nurjat Mohon Tunggu... Guru - Guru sekolah menengah yang juga mahasiswa program studi Pendidikan Fisika

Guru sekolah menengah yang juga mahasiswa program studi Pendidikan Fisika

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Evaluasi Platform Rumah Belajar

9 Agustus 2019   15:23 Diperbarui: 9 Agustus 2019   15:23 895
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hasil screenshot Rumah Belajar. Dokpri.

OLEH : NURHAYATI NURJAT

Proses pembelajaran dengan mengaplikasikan berbagai model-model pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan minat, motivasi, aktivitas, dan hasil belajar. Hasil belajar siswa dapat diketahui meningkat atau rendah setelah dilaksanakan sebuah evaluasi. Proses evaluasi meliputi pengukuran dan penilaian. Pengukuran bersifat kuantitatif sedangkan penilaian bersifat kualitatif. Proses evaluasi bukan sekedar mengukur sejauh mana tujuan tercapai, tetapi digunakan untuk membuat keputusan. Keputusan dan pendapat akan dipengaruhi oleh kesan pribadi dari yang membuat keputusan.

Pengukuran dalam bidang pendidikan erat kaitannya dengan tes. Hal ini dikarenakan salah satu cara yang sering dipakai untuk mengukur hasil yang telah dicapai siswa adalah dengan tes. Penilaian merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dalam sistem pendidikan saat ini. Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilihat dari nilai-nilai yang diperoleh siswa. Tentu saja untuk itu diperlukan sistem penilaian yang baik dan tidak bias. Sistem penilaian yang baik akan mampu memberikan gambaran tentang kualitas pembelajaran sehingga pada gilirannya akan mampu membantu guru merencanakan strategi pembelajaran. Bagi siswa sendiri, sistem penilaian yang baik akan mampu memberikan motivasi untuk selalu meningkatkan kemampuannya.

Guru harus mampu mengukur kompetensi yang telah dicapai oleh siswa dari setiap proses pembelajaran sehingga guru dapat menentukan keputusan terhadap siswa tersebut. Oleh karena itu, guru setidaknya mampu menyusun instrumen tes maupun non tes, mampu membuat keputusan bagi posisi siswanya, apakah telah dicapai harapan penguasaannya secara optimal atau belum.

Evaluasi pembelajaran merupakan suatu usaha untuk memperbaiki mutu proses belajar mengajar. Informasi-informasi diperoleh dari pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada gilirannya digunakan untuk memperbaiki kualitas proses belajar mengajar. Evaluasi pembelajaran haruslah dilakukan sebagai ukuran keberhasilan sebuah pembelajaran.Namun, evaluasi tersebut bisa saja tidak efektif apabila alat yang digunakan tidak sesuai, salah satunya sesuai dengan syarat-syarat evaluasi. Setelah proses evaluasi selesai, maka guru akan mendapatkan data berupa nilai yang dapat digunakan untuk mengetahui keberhasilan suatu pembelajaran.


Menghadirkan metode dan sistem pembelajaran baru ke peserta didik dalam bentukteknologi digital di zaman era digital sekarang, memang bukanlah perkara sulit, karenasemakin mudahnya mendapatkan akses ke berbagai media jasa pelayanan. Namun akanmenjadi sulit bila guru sebagai tenaga pendidik belum menemukan sistem teknologipembelajaran yang cocok untuk diterapkan di kelas. Kita tidak dapat pungkiri bahwateknologi yang paling bagus adalah teknologi yang ada dan dapat ditemukan di sekitar kita.Kalimat itu sering didengung-dengungkan oleh pemateri setiap ada pelatihan-pelatihan yangberbau teknologi digital.

Di era milenial ini dunia pendidikan juga tidak ketinggalan dalam melakukanperkembangan dalam proses pembelajaran. Guru dan siswa dituntut saling bekerjasamadalam mewujudkan prestasi belajar. Salah satunya yaitu dengan menggunakan fitur rumah belajar.

Rumah Belajar ialah sebuah website portal yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemdikbud).Rumah Belajar dapat diakses pada alamat websitenya pada belajar.kemdikbud.go.id. Seperti namanya, Rumah Belajar merupakan rumah untuk belajar guru, siswa maupun orang umum.

Saat membuka halaman beranda dari Rumah Belajar kita dapat melihat berbagai fitur tersedia di website portal ini.Di beranda ini ada kategori Fitur Utama yang berisikan tentang fitur utama pada Rumah Belajar. Fitur Utama yang ada yakni: Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan Kelas Maya.

Selain Fitur Utama, ada pula kategori Konten Terbaru dan Fitur Pendukung. Jika Konten Terbaru berisikan konten materi terbaru; sedang Fitur Pendukung berisikan fitur pendukung belajar, seperti: Karya Komunitas, Karaya Guru serta Karya Bahasa dan Sastra.Disamping itu, Rumah Belajar juga terhubung dengan link-link seperti tv Edukasi, suara Edukasi, Radio Edukasi, tv Edukasi video on demand (VoD), Anugerah KiHajar, Klinik Konsultasi Pembelajaran, M-edukasi, SMA Terbuka dan Klub Pompi. Rumah Belajar dapat dimanfaatkan peserta didik, pendidik, dosen dan masyarakat luas.

Untuk dapat menggunakan Fitur yang ada, kita bisa melakukan pendaftaran sebagai anggota dengan menekan kata Daftar pada sisi kanan atas. Lalu kita akan diarahkan untuk memilih tipe pengguna untuk pendaftaran kita.Ada tiga pilihan, yaitu guru, siswa dan umum. Setelah terdaftar menjadi anggota, kita langsung bisa masuk mengakses berbagai fitur yang ada.

  1. Sumber Belajar merupakan layanan penyediaan aneka sumber belajar digital untuk jenjang Pendidikan PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK;
  2. Buku Sekolah Elektronik (BSE) merupakan layanan penyediaan buku-buku mata pelajaran digital sesuai kurikulum 2013;
  3. Bank Soal merupakan layanan penyediaan kumpulan soal sesuai dengan jenjang pendidikan dan juga dapat langsung membuat soal baru di fitur bank soal;
  4. Laboratorium Maya merupakan layanan laboratorium yang menjelaskan simulasi mata pelajaran terkait science;
  5. Peta Budaya merupakan layanan penyediaan informasi sejarah dan budaya Indonesia yang dikemas dalam perpustakaan digital;
  6. Wahana Jelajah Angkasa merupakan layanan penyediaan informasi tentang ruang angkasa yang dapat diakses sesuai format;
  7. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan layanan penyediaan diklat dengan metode Blended yaitu tatap muka dan online; dan
  8. Kelas Maya merupakan layanan penyediaan fasilitas e-learning untuk persekolahan.

Pengguna dari Aplikasi Rumah Belajar terbagi menjadi dua yaitu pengguna eksternal Kemendikbud dan pengguna internal Kemendikbud.Pengguna eksternal Kemendikbud terdiri dari peserta didik, pendidik atau tenaga pendidik, tenaga kependidikan (staf tata usaha, teknisi dan pengawas satuan pendidikan), dosen, praktisi pendidikan dan seluruh lapisan masyarakat.Sementara pengguna internal Kemendikbud antara lain adalah peneliti, Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP), Prakom, Teknisi Produksi dan Analis Teknologi Pembelajaran.

Rumah Belajar menjadi hal yang dibutuhkan bagi guru maupun siswa di zaman berkembangnya teknologi saat ini. Tampilan Rumah Belajar seakan menunjukkan sebagai rumah untuk belajar dengan fitur-fitur yang mendukung proses belajar. Belajarnya pun tak monoton, karena banyak pilihannya.

Rumah Belajar merupakan Sistem Manajemen Pembelajaran (SMP) atau Learning Management System (LSM). LMS atau yang lebih dikenal dengan Learning Management System adalah suatu perangkat lunak atau software untuk keperluan administrasi, dokumentasi, laporan sebuah kegiatan, kegiatan belajar mengajar dan kegiatan secara online (terhubung ke internet), e-learning dan materi-materi pelatihan yang semuanya dilakukan secara online.

Rumah Belajar dengan LSM-nya dapat dijadikan sebagai sarana untuk mendukung pendidikan dan proses pembelajaran. Rumah Belajar dapat dimanfaatkan pada pengelolaan proses pendidikan. Rumah Belajar memberikan konsep pembelajaran virtual dimana tujuan utamanya adalah untuk mendukung pembelajaran di dalam kelas melalui alat sistematis dan teknologi.

Rumah Belajar sebagai sistem pembelajaran secara interaktif berbasis web diharapkan akan mempercepat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat meningkatkan pembelajaran secara optimal. Rumah Belajar sebagai Learning Management System (LMS) bermanfaat untuk meningkatkan strandar proses pembelajaran dalam rangka memaksimalkan efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran. Peningkatan penggunaan sistem ini semakin terbuka peluangnya karena adanya peningkatan jumlah peserta didik yang menjadi pengguna handphone yang teritegrasi pada akses internet.

Melalui Rumah Belajar dapat dilakukan pengelolaan materi pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran secara online. Selain itu memungkinkan dapat meningkatkan dan melengkapi aktivitas tatap muka dalam kelas, memantau aktivitas pembelajaran peserta didik secara online dengan cepat dan mudah.

Kelebihan sistem ini adalah:

  1. Membuka peluang belajar kepada peserta didik dengan waktu yang lebih longgar dan dapat lebih banyak,
  2. Meningkatkan interaksi peserta didik dengan
  3. Pendidik tanpa batas waktu, dan dapat dilakukan dari mana pun serta kapan pun sepanjang peserta didik dapat terintegrasi pada akses internet.
  4. Sistem Manajemen Pembelajaran membuka peluang belajar yang lebih fleksibel dan lebih interaktif.
  5. Fitur-fitur interaktif memungkinkan pendidik menggunakan sistem untuk mengelola materi pembelajaran,
  6. Meningkatkan jumlah aktivitas belajar peserta didik,
  7. Meningkatkan aktivitas diskusi,
  8. Pengumpulan tugas secara online,
  9. Menampilkan produk belajar peserta didik secara online, mengkompetisikan peserta didik dalam sinergi kelompok, penyusunan bank soal, pelaksanaan tes secara online, menganalisis dan mendokumentasikan hasil tes,
  10. Navigasi sumber belajar cukup baik,
  11. Secara umum rumah belajar mudah dipelajari
  12. Akses menggunakan laptop cukup baik,

Kekurangan sistem ini adalah:

  • Tampilan fitur yang kurang menarik,
  • Materi yang terpisah-pisah tidak dalam satu tempat,
  • Blog yang ditampilkan dalam fitur tidak dapat dibuka, ada yang eror, konten sudah dihapus, dan maaf tidak ditemukan kata yang dicari, padahal web tersebut sangat penting dibuka dikarenakan kurangnya informasi di sumber belajar.
  • Tampilan fiturnya membingungkan
  • Pada bagian BSE buku yang tersedia belum update kurikulum 2013
  • Untuk mendapatkan soal latihan kita harus mencari satu persatu menu, tidak langsung tersedia permata pelajaran
  • Di handphone video tidak dapat diputar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun