Ketika anda sedang mencari pekerjaan  di suatu perusahaan baik perusahaan besar maupun kecil, pastilah memiliki harus menyiapkan syarat-syarat yang untuk mendaftar ke perusahaan tersebut, salah satu yang wajib kita siapkan adalah surat lamaran
Surat lamaran adalah sebuah surat yang dibuat untuk keperluan permohonan bergabung atau bekerja di sebuah perusahaan dengan posisi atau jabatan sesuai dengan apa yang di butuhkan oleh perusahaan penyedia lowongan kerja
Kali ini saya akan memberikan beberapa tips cara membuat surat lamaran yang baik dan benar :
1. Jangan menulis ulang yang ada di CV
Surat lamaran pekerjaan seharusnya memang menjelaskan apa pencapaian kalian dan beberapa hal yang ada di CV. Namun usahakan jangan membuatnya sama dengan CV yang kalian tulis di lampiran. Coba rangkum pencapaian data-data kalian dengan singkat dan menggunakan kata-kata yang menarik.
2. Paragraf pertama dan terakhir
Perhatikan paragraf pertama dan terakhir pada surat lamaran kerja. Pastikan paragraf awal kalian tidak berbelit-belit dan langsung ke pokok bahasan. Paragraf awal harus jelas dan bersifat menjual sementara di paragraf terakhir kalian harus terlihat tegas dan meminta mereka menghubungi jika berkenan, jangan pernah membuat paragraf yang mengambang, terlihat tak peduli atau terlalu berharap dengan cara yang buruk
3. Bicarakan perusahaan
Sebelum menulis surat lamara pekerjaan, lakukan duluy beberapa penelitian terkait perusahaan. Pihak perusahaan akan senang jika kalian mengetahui banyak tentang mereka, Namun jangan berbusa-busa ketika membicarakannya. Tetap jelas dan tunjukkan bagaimana perusahaan tersebut membuat anda terkesan dan di bidang apa kalian berguna untuk mereka
4. Jangan sebutkan semua kemampuan
Semua kemampuan dan ketrampilan yang kalian miliki tentunya sudah ada CV ysng kslisn lampirkan. Untuk itu jangan repot-repot menyebutkan semuanya di surat lamaran pekerjaan.
Sebutkan tiga atau maksimal lima saja kemampuan serta pengalaman yang kalian anggap terbaik dan sesuai dengan pekerjaan kalian lamar
5. Tunjukan kepribadian
Pastikan surat lamaran kerja yang kalian tulis bisa mencermikan betapa antusiasnya kalian untuk mendapat pekerjaan tersebut.
jangan gunakan kata-kata negatif dan gunakan kalimat kerja aktif yang dinamis.
6. Tanda tangan surat lamaran kerja
Kecuali kalian menggunakan lembar lamaran kerja khiusus dari perusahaan atau secara online, pastikan kalian menandatangani surat lamaran kerja yang kalian kirimkan. Ini merupakan terlihat kuno, namun ini menunjukkan keaslian diri kalian melalui tanda tanganÂ
7. Presentasi surat
Meski isinya menarik, namun jika surat lamaran kalian jelek, kotor, penuh dengan typo dan salah krtik, maka nilai lamaran kalian akan berkurang,. Untuk itu, sebelum mengirimnya, cek ulang. Minta teman atau keluarga untuk membacanya dan mencari tahu kesalahannya sebelum dikirim
Itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan bisa menarik perhatikan pihak perusahaan. Jika kalian ingin mengirim surat lamaran kerja, akan lebih baik jika mengirimnya di harmengirimnya di hari senin, seperti hasil penelitian di sini, selamat mencoba !
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H