Mohon tunggu...
Nurhaida Hafni
Nurhaida Hafni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Strata 1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Saya merupakan seorang Mahasiswi S1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peran Aktif Pelayanan Perpustakaan dalam Meningkatkan Kenyamanan Pembaca

22 Juni 2023   22:56 Diperbarui: 26 Juni 2023   08:12 167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Perpustakaan jakarta, Sumber: pribadi

Sebagai wadah yang menyediakan informasi dan juga menjembatani ilmu pengetahuan, perpustakaan harus memberikan kenyamanan bagi para pembaca. Salah satunya dengan menyediakan sarana dan prasarana, serta memberikan pelayanan yang baik bagi para pembaca. Rasa nyaman yang diberikan merupakan salah satu cara meningkatkan keinginan masyarakat untuk datang ke perpustakaan yang berpengaruh pada meningkatnya minat baca.                                                                                                     

Menurut UUD No.43 Pasal 1 ayat (11) "Masyarakat adalah setiap orang, kelompok orang, atau lembaga yang berdomisili pada suatu wilayah yang mempunyai perhatian dan peranan dalam bidang perpustakaan". Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat merupakan elemen penting pada perpustakaan. Masyarakat yang memanfaatkan fasilitas layanan perpustakaan disebut pemustaka.

Pada Pasal 5 dan 6, dijelaskan bahwa masyarakat memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban masyarakat diantaranya :

            A. Hak Masyarakat

                1. Memperoleh layanan serta memanfaatkan dan mendayagunakan fasilitas perpustakaan;

               2. Mengusulkan keanggotaan Dewan Perpustakaan;

               3. Mendirikan dan menyelenggarakan perpustakaan;

               4. Berperan serta dalam pengawasan dan evaluasi terhadap penyelenggaraan perpustakaan.

          B.  Kewajiban Masyarakat

               1. Menjaga dan memelihara kelestarian koleksi perpustakaan;

               2. Menyimpan, merawat, dan melestarikan naskah kuno yang dimilikinya dan mendaftarkannya ke Perpustakaan Nasional;

               3. Menjaga kelestarian dan keselamatan sumber daya perpustakaan di lingkungannya;

               4. Mendukung upaya penyediaan fasilitas layanan perpustakaan di lingkungannya;

               5. Mematuhi seluruh ketentuan dan peraturan dalam pemanfaatan fasilitas perpustakaan;

               6. Menjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanan lingkungan perpustakaan.

Salah satu hak yakni mendapatkan layanan perpustakaan. Layanan perpustakaan, yaitu: pemberian informasi dan fasilitas kepada pemakai, melalui pelayanan perpustakaan. Pemustaka dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan secara optimal dari berbagai media dan manfaat berbagai alat bantu penelusuran yang tersedia. Jenis-jenis layanan perpustakaan itu, diantaranya  :

  • Layanan sirkulasi: Melalui Layanan sirkulasi ini pengunjung perpustakaan atau pemustaka dapat melakukan peminjaman dan pengembalian buku serta mengurus administrasi keanggotaan perpustakaan tersebut.
  • Layanan perpustakaan keliling: Layanan perpustakaan keliling merupakan layanan perpustakaan mobile yang bergerak dengan menggunakan kendaraan, salah satunya Mobil Perpustakaan Keliling (MPK). Layanan ini memberikan layanan sirkulasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat dengan cara mendatangi pemustaka di daerah-daerah. Dengan kata lain, layanan perpustakaan keliling bertujuan untuk lebih mendekatkan bahan pustaka kepada pemustaka dengan mendatangi di tempat-tempat mereka agar meningkatkan minat baca hingga ke daerah-daerah.
  • Layanan rujukan/referensi: Layanan rujukan/referensiyaitu kegiatan memberikan informasi kepada pemustaka dalam bentuk pencarian koleksi berdasarkan sumber rujukan yang diperlukan. Contohnya seperti, misal pemustaka membutuhkan informasi dalam sebuah buku ensiklopedia, maka pustakawan mencarikan koleksi rujukan sesuai yang diperlukan pemustaka tersebut.
  • Layanan penelusuran literatur: Layanan penelusuran literatur yaitu layanan penelusuran atau penemuan kembali            informasi kepustakaan rujukan yang pernah terbit atau pernah ada mengenai suatu bidang tertentu menggunakan bantuan data koleksi perpustakaan. Kegiatan ini dapat membantu menemukan sumber sebagai penguat penulisan ilmiah atau penelitian, dan juga sebagai bahan bacaan.
  • Layanan audio visual: Layanan audio visual yaitu layanan yang diberikan kepada pemustaka berupa penggunaan peralatan audiovisual seperti komputer ataupun pemutaran film koleksi perpustakaan.
  • Bimbingan pemakai: Bimbingan pemakai yaitu layanan yang diberikan kepada pengunjung baru perpustakaan. Layanan ini memberikan penjelasan dan bimbingan tentang berbagai informasi perpustakaan dan cara penggunaan perpustakaan.
  • Bimbingan membaca: Layanan bimbingan membaca adalah kegiatan memberi bimbingan, petunjuk atau panduan kepada pemustaka tentang tata cara membaca yang baik, secara cepat dan benar dengan menggunakan koleksi dan peralatan perpustakaan.
  • Layanan mendongeng kepada anak: Layanan yang memberikan cerita kepada anak-anak mengenai isi suatu buku cerita atau buku bacaan dengan berbagai cara penyampaian untuk menanamkan minat baca dan menambah pengetahuan anak.
  • Layanan internet: Layanan perpustakaan berupa penyediaan sarana internet dan wifi/hotspot. Perpustakaan menyediakan perangkat internet untuk dapat dipergunakan secara gratis dan bersama-sama sebagai media pendukung pencarian informasi melalui laman internet.

Dapat kita ambil salah satu contoh layanan perpustakaan yang ada pada perpustakaan Jakarta, yaitu :

    1. Layanan sirkulasi: Pada saat kedatangan, pengunjung diarahkan untuk mendaftar kunjungan melalui laman web perpustakaan Jakarta yakni  https://perpustakaan.jakarta.go.id. setelah itu mendapatkan kode pengunjung dan barcode untuk bukti pendaftaran dan pendataan pengunjung. Setelah mendapatkan kode dan barcode, pengunjung diarahkan untuk scan ke mesin pendataaan yang ada di pintu masuk. Setelah itu, untuk administrasi dan peminjaman buku, dapat langsung diakses pada web resmi perpustakaan Jakarta.

   2. Layanan loker: Setelah selesai pendafataran masuk, terdapat layanan loker untuk menyimpan barang bawaan. Barang bawaan tidak boleh dibawa masuk, kecuali peralatan untuk penunjang pembelajaran dan pencatatan. Akan disediakan tas khusus dari petugas untuk membawa barang yang diperlukan dan juga diberikan nametag untuk akses loker.

   3. Layanan penulusuran literatur: Terdapat stan untuk layanan ini, baik manual dengan bertanya kepada petugas, maupun elektronik menggunakan komputer yang telah disediakan.

   4. Layanan audio visual: Terdapat ruangan khusus untuk layanan ini yang dapat digunakan pengunjung menikmati audio dan visual.

   5. Bimbingan pemakai perpustakaan: Terdapat petugas disetiap lantainya yang membantu pengunjung atau pemustaka menemukan ruangan ataupun rak buku yang diperlukan.

    6.Bimbingan bercerita anak: Memang tidak ada petugas khusus untuk memberikan layanan ini, namun perpustakaan menyediakan lantai khusus yang berisikan rak buku serta ruangan-ruangan untuk anak-anak membaca atau mendengarkan orangtuanya bercerita.

    7.Layanan internet: Terdapat internet khusus yang dapat digunakan pengunjung untuk mengakses informasi yang dapat membantu literasi dan aktifitas pengunjung perpustakaan.

Setelah kita ketahui bersama dari perpustakaan jakarta dapat kita lihat peran aktif dalam layanan perpustakaan sangat di perlukan untuk memberikan kenyamanan serta meningkatkan minat baca masyarakat sekitar.  Buku adalah jembatan ilmu, dengan demikian perpustakaan adalah tempat yang menyediakan berbagai pengetahuan. Masyarakat sebagai konsumen perpustakaan sedianya mendapatkan pelayanan dan juga sarana prasarana perpustakaan guna menambah minat baca, serta kenyamanan dan keamanan. Apabila telah terlaksana pelayanan yang baik yang mempengaruhi minat baca, maka tercapailah salah satu tujuan bangsa, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun