Mohon tunggu...
Nur Fitrah Wahyuni
Nur Fitrah Wahyuni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Halo! Saya adalah seorang mahasiswi jurusan Informatika yang tertarik dengan dunia digital dan teknologi. Selamat membaca informasi yang saya bagikan!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan UMKM Melalui Pembuatan Desain Banner: Mahasiswa PMM UMM Gelombang 7 Kelompok 65 Mendukung Pengembangan Rest Area Pasar Wisata Sebaluh

20 Februari 2024   12:03 Diperbarui: 20 Februari 2024   12:12 527
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Banner umkm petik strawberry (Dok. pribadi)

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan salah satu upaya nyata untuk mengaplikasikan hasil hilirisasi penelitian dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Rest Area Pasar Wisata Sebaluh. Melalui kegiatan ini, mahasiswa berperan aktif dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan secara langsung terlibat dalam menangani permasalahan-permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. 

PMM juga berperan sebagai sarana yang efektif untuk memperkuat hubungan antara Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan masyarakat. Dengan keterlibatan langsung dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, mahasiswa tidak hanya memberikan solusi berdasarkan hasil penelitian universitas, tetapi juga membangun hubungan yang erat dengan berbagai pihak di masyarakat. Ini membantu menciptakan lingkungan yang inklusif dan berkelanjutan, di mana pengetahuan dan sumber daya dari universitas dapat diaplikasikan secara efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. 

Disini kami terdiri dari 5 anggota yaitu, Muhammad Ikbar Ananda Sulistio (Koordinator), Noraliza Putri Nabila (Sekretaris), Nur Fitrah Wahyuni (Bendahara), Rofiq Samanhudi (HUMAS), dan Dimas Arief Wicaksono (PDD), yang berasal dari Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang, dan dibimbing langsung oleh Ibu Evi Dwi Wahyuni, S.Kom., MKom, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). 

Kegiatan ini memerlukan persiapan yang matang, termasuk kordinasi dengan pemilik UMKM di Rest Area Pasar Wisata Sebaluh. Hal ini bertujuan untuk menetapkan Panjang banner yang diinginkan dan elemen-elemen apa saja yang diperlukan di dalam banner. Melalui kesepakatan Bersama dengan para pemilik UMKM, Mahasiswa PMM UMM dapat memastikan bahwa desain banner akan efektif dalam menarik perhatian pengunjung serta menyampaikan pesan secara jelas dan optimal dalam mendukung promosi pengembangan UMKM. 

Banner umkm daster
Banner umkm daster

Banner umkm kedai fadillah (Dok. pribadi)
Banner umkm kedai fadillah (Dok. pribadi)

Banner umkm gorengan dan kopi (Dok. pribadi)
Banner umkm gorengan dan kopi (Dok. pribadi)

Banner umkm pisang cino (Dok. pribadi)
Banner umkm pisang cino (Dok. pribadi)

Banner umkm kafe kembang srengenge (Dok. pribadi)
Banner umkm kafe kembang srengenge (Dok. pribadi)

Banner umkm peyek luber (Dok. pribadi)
Banner umkm peyek luber (Dok. pribadi)

Banner umkm kandang belang (Dok. pribadi)
Banner umkm kandang belang (Dok. pribadi)

Banner umkm petik strawberry (Dok. pribadi)
Banner umkm petik strawberry (Dok. pribadi)
Untuk banner yang dibuat, total ada sembilan banner, di mana delapan di antaranya adalah untuk promosi UMKM dan satu banner adalah untuk menyambut pengunjung dengan ucapan "Selamat Datang". Dengan penempatan yang tepat, sembilan banner ini akan menciptakan suasana yang ramah dan informatif bagi pengunjung Rest Area Pasar Wisata Sebaluh. Banner selamat datang akan memberikan sambutan hangat kepada pengunjung, sementara banner UMKM akan membantu dalam mempromosikan berbagai produk dan layanan yang ditawarkan oleh UMKM lokal. Dengan demikian, sembilan banner ini akan menjadi elemen penting dalam menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan berkesan bagi pengunjung Rest Area Pasar Wisata Sebaluh. 

Dengan diberikan kesempatan oleh pemilik UMKM di Rest Area Pasar Wisata Sebaluh, semoga desain banner ini mampu memberikan kontribusi yang siginifikan dalam meningkatkan kehadiran dan kesadaran akan UMKM lokal. Melalui desain yang menarik dan pesan yang jelas, diharapkan pengunjung akan merasa lebih tertarik untuk membeli produk dan layanan yang ditawarkan oleh UMKM tersebut. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun