Digital Marketing (atau Online Marketing) adalah pemasaran produk atau layanan menggunakan teknologi digital, terutama di Internet, namun juga termasuk telepon genggam, display advertising, dan sarana digital lainnya -Â Wikipedia
Â
Digital marketing bisa juga disebut online marketing, merupakan strategi pemasaran yang berbasis internet dan memanfaatkan teknologi. Ini mencakup berbagai bentuk aktivitas promosi, iklan, dan interaksi dengan audiens dilakukan di berbagai platform digital seperti media sosial, website, email, dan mensin pencarian lainnya. Segala kegiatan bisnis baik barang maupun jasa bisa dipasarkan dengan memanfaatkan digital marketing.
Pada intinya, kegiatan dalam digital marketing bertujuan untuk menjangkau target audiens yang lebih banyak dengan ncara yang lebih cepat, tepat, dan efisisen. Dengan adanya digital marketing, kita bisa menghemat waktu, tenaga, dan biaya.
Lingkup Dunia Digital Marketing
Search Engine Optimization (SEO)
SEO berfokus pada backed situs website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat pada mesin pencarian seperti Google.
Search Engine Marketing (SEM)
Berbeda dengan SEO, kegiatan SEM melibatkan penggunaan iklan berbayar untuk menaikkan traffic sebuah website. Saat ini tools yang paling populer dalam menjalankan SEM adalah Google Ads
Email Marketing
Email digunakan untuk berkomunikasi dengan audiens untuk memberikan informasi mengenai produk atau jasa yang kita tawarkan, newsletter, diskon, event, dan berbagai komunikasi lainnya.
Pay Per Click (PPC)
PPC adalah strategi yang bertujuan untuk mengarahkan traffic website perusahaan kita dimana kita membayar membayar setiap kali ada yang meng-klik iklan tersebut.
Content Marketing
Pembuatan konten pemasaran atau content marketing bertujuan untuk menghasilkan brand awareness, peningkatan traffic, dan customer.
Social Media Marketing
Social media marketing mengarah kepada kegiatan promosi brand dan konten di platform sosial media seperti Facebook dan Instagram.
Online Public Relations (PR)
PR merupakan praktik yang bertujuan untuk membangun dan memelihara hubungan antara perusahaan dan customer memlalui ruang online.
Manfaat Website dalam Digital Marketing
Â
Website adalah wajah online dari sebuah bisnis atau perusahaan. Dalam konteks sederhana website di inaratkan sebuah rumah yang menampilkan informasi berupa teks, audio, gambar, video, dan berbagai animasi lainnya.
Tujuan utama dari adanya website adalah untuk menyampaikan informasi. Menurut Global Web Index, sebanyak 62% pelanggan mengunjungi situs web untuk mencari tahu tentang merek dan produk.
Website dapat menjadi cerminan dan meningkatkan kresibilitas perusahaan. Dengan adanya webiste ini pelanggan bisa lebih mudah untuk mendapatkan informasi seputar produk yang mereka inginkan. Selain itu website juga dapat menjadi penghubung antar bisnis kita dan pelanggan baik untuk komunikasi maupun penyampaian informasi.
hal yang tak kalah penting seputar website ini adalah dapat meningkatkan penjualan, dengan menerapkan strategi marketung yang benar website dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan target yang lebih banyak.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H