Mohon tunggu...
Nur Dina Fitri
Nur Dina Fitri Mohon Tunggu... Human Resources - Nur Dina Fitri

Bisa menertawai dirimu sendir sama halnya kamu mencintai dirumu sendiri

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Makna Logo PT Telkom Indonesia dalam Komunikasi Visual

20 Juli 2021   19:37 Diperbarui: 20 Juli 2021   19:51 4159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Suatu sistem identitas sebuah perusahaan biasanya digunakan untuk mengkomunikasikan keberadaan suatu perusahaan ataupun organisasi. Identitas suatu perusahaan bukan hanya merupakan sebagai identitas melainkan sebagai sebuah identitas visual mulai dari strategi perusahaan dengan materi promosi.  

Komunikasi visual dalam perusahaan yaitu sebuah logo yang dimana logo merupakan suatu identitas yang dapat membuat suatu perusahaan atau organisasi dapat terus diingat masyarakatnya karena biasanya logo dibuat dengan bentuk, gambaran, teknik yang mencerminkan suatu  citra dalam perusahaan. 

Perusahaan PT Telkom Indonesia merupakan salah satu yang menggunakan logo sebagai identitas perusahaannya. Pada zaman sekarang dengan sebuah tuntutan persaingan dan perkembangan teknologi, wajib melakukan sebuah inovasi dan terobosan baru dengan tujuan agar tidak tenggelam di dunia persaingan. Begitu juga dengan sebuah logo yang dimana harus selalu memberikan inovasi  baru, ada kalanya kita juga perlu melakukan redesain sebuah logo untuk membawa citra, visi, misi, tujuan dan harapan untuk terus memberikan yang terbaik.

Terdapat perubahan logo yang dilakukan oleh PT Telkom Indonesia yang ternyata membawa  spirit, inovasi dan langka baru yang dicurahkan semuanya ke dalam bentuk logo yang mereka gunakan sekarang dengan berdasarkan pemilihan objek, bentuk, tulisan  dan warna. Dalam perubahan ini tentunya memberikan  sebuah inspirasi bagi sebagian desainer yang menciptakan sebuah desain logo yang biasanya digunakan dalam dunia bisnis lainnya.

PT Telkom Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa layanan teknologi dan komunikasi dengan jejaring telekomunikasi di seluruh  Indonesia. PT Telkom Indonesia biasanya kita  mengenal dan melihat logonya saja kita telah mengenali bahwa itu adalah logo dari Telkom, dengan logo tulisan Telkom Indonesia berwarna hitam dan terdapat gambar telapak tangan yang berwarna merah dengan lingkaran yang mengibaratkan sebuah bola dunia. 

Dalam desain logo PT Telkom Indonesia  ini telah diperbaru sejak tahun 2013 hingga sekarang. Perjalanan perubahan logo PT Telkom Indonesia bukan hanya sekali ini saja melainkan pada sejak tahun 1956 yang dimana banyak sekali perubahan – perubahan desain pada logo Telkom Indonesia ini, sebelum menggunakan logo yang sekarang ini Telkom menggunakan logo yang sejenis, namun berbeda warna. Dalam perkembangannya, logo mengalami deformasi bentuk mulai dari bentuk-bentuk logo yang rumit hingga menjadi bentuk yang mudah di ingat dan terlihat sederhana. 

Logo berperan penting dalam perusahaan yang dimana menjadi fungsi strategi bagi perusahaan, logo memberikan kesan pada masyarakat mengenai perusahaan yang dapat dilihat dari bentuk, tulisan dan warna.

Logo yang gunakan pada PT Telkom saat ini tentunya memiliki makna tersendiri bagi perusahaan. Logo yang dikembangkan pada 16 Agustus 2013 hingga saat ini memiliki penampilan logo baru yang dimana mencangkup perubahan logo secara menyeluruh dan terintegrasi dengan berbagai aspek salah satunya aspek dasar perusahaan, yaitu transformasi bisnis, infrastruktur, sistem dan model operasi serta terdapat sumber daya manusia.

Dalam logo di atas merupakan logo Telkom yang telah diperbarui dari tahun 2013 hingga sekarang yang masih digunakan. Dapat kita lihat dalam logo ini pada bagian :

Tipografi 

Tipografi yang digunakan adalah jenis Sans Serif – Arial Rounded Bold pada tulisan “Telkom Indonesia” dengan font tersebut akan memberikan kesan luwes, modern dan menunjukan keinginan untuk belajar dengan melakukan inovasi – inovasi baru.

Warna 

Pada warna logo Telkom warna ini dapat diartikan dan melambangkan mengenai PT Telkom seperti :

  • Merah melambangkan keberanian, berenergi, ulet dan bersemangat. Maka memiliki makna memberikan spirit Telkom yang selalu untuk optimis dan berani dalam menghadapi permasalahan dan tantangan perusahaan
  • Hitam melambangkan kemauan yang keras, kokoh, elegan dan percaya diri.
  • Putih pada logo melambangkan suci, damai, cahaya dan bersatu, maka mencerminkan spirit Telkom dalam hal memberikan  yang terbaik bagi bangsa Indonesia.
  • Abu – abu melambangkan sebuah kualitas, teknologi, modern, kecanggihan dan inovasi.

Bentuk /Elemen dan Folosofi

Bentuk pada logo PT Telkom terdiri dari : 

  • Lingkaran yang  memberikan makna filosofi tak berujung, melambangkan wawasan nusantara yang luas, ruang gerak Telkom  secara nasional dan internasional.
  • Tangan memberikan makna seperti meraih, dan menggapai suatu ekspansi luar.
  • Jari tangan  yang kecil memberikan makna kecermatan dan kepercayaan yang erat.
  • Kombinasi tangan dan lingkaran yang menyatu seperti bentuk matahari yang memberikan makna seperti matahari terbit yang melambangkan perubahan dan awal yang baru
  • Telapak tangan memberikan kesan menggapai kehidupan di masa depan.

Dapat kita simpulkan bahwa logo berperan penting dalam perusahaan dan dunia  bisnis yang dimana biasanya masyarakat lebih mudah mengingat bentuk dan warna dibandingkan dengan sebuah tulisan. Dalam komunikasi visual logo merupakan identitas yang  memberikan ciri dan menggambarkan sebuah perusahaan untuk masyarakat dapat terus mengingat dengan jasa atau produk yang kita berikan. Dengan logo kita dipermudah untuk dalam hal promosi yang dimana dengan memberikan sebuah logo perusahaan masyarakat bisa tahu dan mengenal bahwa itu adalah sebuah jasa atau produk yang kita hasilkan. Membuat dan mendesain logo tentunya tidaklah hanya sekedar menggabungkan dan menyatukan sebuah tulisan begitu saja, banyak sebuah pertimbangan -  pertimbangan yang harus dipikirkan untuk membuatnya karena logo harus dapat memberikan atau menceritakan mengenai identitas suatu perusahaan

Sumber Bacaan 

Tumpi Readhouse. (2015). Sejarah Perubahan Logo Telkom Indonesia. Tumpi.id. diakses pada 17 Juli 2021.

PT Telkom Indonesia (Persero). (2020). Brand Guideline Logo Telkom Indonesia. Jakarts.

Permata, Adam. Analisis Sejarah Perkembangan Desain Logo PT Telkom Indonesia Berdasarkan Elemen Dan Filosofinya. Semarang: UNNES.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun