Mohon tunggu...
Nurbaiti Dwi Damayanti
Nurbaiti Dwi Damayanti Mohon Tunggu... Freelancer - FreePerson

Love My Self

Selanjutnya

Tutup

Money

Industri 4.0 : E-Commerce x Jasa Pengiriman

16 Desember 2019   01:45 Diperbarui: 16 Desember 2019   01:47 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Sejarah sektor jasa pengiriman logistik sudah tak diragukan lagi. Dari era serba analog hingga era  #industri 4.0. Perubahan yang serba cepat di dunia bisnis turut menuntut sektor logistik berkembang begitu pesat.

Di era serba digital ini pertumbuhan jasa pengiriman terus meningkat. Persaingan untuk memberikan pelayanan terbaik di lakukan oleh perusahaan-perusahaan terkait. Mulai dari perusahaan berbasis BUMN hingga perusahaan swasta.

Menjamurnya perusahaan-perusahaan tersebut membuat konsumen lebih selektif dalam memilih jasa yang akan dipakai. Mereka tentunya tidak ingin logistik yang dikirim maupun diterima tidak sampai sesuai dengan keinginan.

Setiap konsumen tentunya memiliki perusahaan kepercayaan sendiri. Mengingat di Indonesia jasa pegiriman logistik sudah tersedia sejak lama. Tak mudah bagi para pesaing yang baru mengepakan sayapnya satu dekade terakhir ini.

Bukanlah hal yang mudah untuk menjadi sebuah perusahaan yang dapat dipercaya sepenuhnya oleh konsumen. Keterlambatan pengiriman hingga cacat logistik yang diterima adalah peyebab utama konsumen mulai beralih ke jasa yang lebih berintegritas.

Tak hanya itu, selaras dengan percepatan teknologi digital, konsumen akan mencari jasa pengiriman yang lebih mudah, aman, dan cepat. Asuransi terhadap logistik atau barang sering kali menjadi salah satu faktor pertimbangan untuk konsumen.

Melejitnya Jasa Pengiriman di Era E-commerce

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki pertumbuhan e-commerce (bisnis digital) yang sangat pesat. Pertumbuhan dahsyat ini ditunjang dengan perubahan gaya hidup masyarakat seiring munculnya revolusi #industri 4.0.

Hal tersebut kemudian membuka peluang yang lebih besar bagi para perusahaan yang bergerak di sektor jasa pengiriman logistik. Para perusahan tersebut saling bersaing untuk ikut berkontribusi dalam proses digitalisasi sektor bisnis.  Karena tak dapat dipungkiri, jika kedua sektor diatas merupakan salah satu indikator daam mengukur pertumbuhan ekonomi.

Dengan perkembangan yang pesat atas e-commerce atau juga biasa disebut jual beli berbasis online, jasa pengiriman logistic sangat diperlukan. Para penjual online tentunya akan memilih jasa pengiriman yang terpercaya dan mudah diakses untuk kerja sama tentunya.

Di Indonesia sendiri jasa pengiriman memang telah hadir sejak lama. Tak sedikit pula yang sudah menjadi andalan bagi beberapa generasi sebelum kita hingga sekarang. Namun tak sedikit pula yang akhirnya harus lenyap ditelan zaman karena tak bisa mengikuti percepatan.

Ditengah persaingan ketat disektor logistik, J&T Express hadir dengan segala pelayanannya. Meskipun tergolong perusahaan baru, J&T Express dapat berkembang pesat dan menjadi salah satu yang ter-eksis di bidangnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun