Teknologi Informasi pada saat ini mengalami perkembangan yang begitu pesat. Perkembangan yang pesat ini diawali dengan adanya teknologi jaringan (Internet) yang menghubungkan antar jutaan komputer.
Selain itu, Teknologi Informasi juga telah menjadi sebuah teknologi yang bersifat universal atau dengan kata lain bahwa Teknologi Informasi dapat dimanfaatkan diberbagai bidang kehidupan manusia, tak terkecuali bidang pendidikan.
Bidang pendidikan pada saat ini pun telah mengalami kemajuan yang sangat pesat pula dibandingkan dengan beberapa dekade yang lalu. Pendidikan sekarang telah mengarah ke pendidikan yang didukung oleh Teknologi Informasi.
Hal ini dikarenakan sifat teknologi ini yang sangat membantu proses pembelajaran, bahkan dalam beberapa tahun ke depan setiap sekolah akan mempunyai Teknologi Informasi sebagai alat bantu pembelajaran.
Alasan ini dikemukakan, karena sekarang ini Teknologi Informasi sudah menjadi suatu kebutuhan di setiap sekolah. Adanya Teknologi Informasi tersebut akan menyebabkan munculnya suatu paradigma baru dibidang pendidikan.
Jika dilihat pada zaman sekarang bahwa teknologi sangat dibutuhkan oleh manusia, dimana teknologi memiliki tujuan yaitu untuk membantu manusia dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugasnya.
Manfaat teknologi sangat banyak, terutama dalam bidang pendidikan. Proses pembelajaran untuk saat ini pendidik maupun peserta didik akan membutuhkan alat-alat elektronik seperti leptop, handphone dan lain-lain. Hal ini akan memudahkan dalam proses pembelajaran.
Dalam teknologi terdapat akses internet. Pada internet manusia akan lebih mudah untuk mencari dan menambah pengetahuan. Selain itu teknologi yang mengakses kepada internet akan meningkatkan kualitas pendidikan yaitu media pembelajaran berbasis teknologi.
Penggunaan media pembelajaran menggunakan Teknologi Informasi pada abad 21 ini dimaksudkan untuk mengembangkan kurikulum di sekolah yang arahnya menuju peningkatan kualitas pendidikan.
Program ini menitik beratkan pada perubahan metode mengajar yang semula menggunakan media pembelajaran konvensional menuju media pembelajaran dengan menggunakan Teknologi Informasi. Adanya inovasi media ini, diharapkan dapat memperbaiki proses belajar mengajar pada guru maupun siswa, dapat lebih efektif, efisien, serta mendorong kreativitas siswa.
Guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran sangat diharapkan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi, untuk meningkatkan minat belajar dan memunculkan motivasi yang baru bagi peserta didik. Membangkitkan minat dan motivasi dalam pembelajaran dapat merangsang kegiatan belajar bahkan membawa pengaruh yang positif.
Pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi sangat dibutuhkan demi tercapainya tujuan pendidikan. Model pembelajaran berbasis teknologi ini merupakan model pembelajaran yang inovatif dengan konsep dasar pembelajaran modern.
Sistem pembelajaran berbasis teknologi dapat menyajikan materi pelajaran dikemas menjadi lebih menarik, tidak monoton, dan memudahkan penyampaian karena fitur-fitur pembelajarannya dengan melibatkan teks, gambar, suara atau video.
Dengan begitu hal tersebut dapat memotivasi peserta didik saat pembelajaran berlangsung, juga peserta didik dapat menjelajah berbagai pengetahuan atau inovasi baru karena dalam perangkat teknologi tersebut sudah dilengkapi dengan program berbasis multimedia.
Agar dapat melaksanakan program pembelajaran berbasis multimedia ini maka fasilitas bagi setia peserta didik kuga harus terpenuhi. Sepeeti oleh sekolah penyediaan infokus dan laptop.
Selain itu mengupayakan berbagai pelatihan untuk peserta didik diluar jam belajar, sehingga hal tersebut dapat membantu meningkatkan soft kill peserta didik di bidamg teknologi. Bimbingan kepada guru perlu dilakukan agar guru mendapatkan pengetahuan dan pembekalan yang cukup. Agar guru dapat memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin sebagai penunjang media pembelajarannya.
Adanya inovasi media ini, diharapkan dapat memperbaiki proses belajar mengajar pada guru maupun siswa yang lebih efektif, efisien, serta mendorong kreativitas siswa. Keuntungan lain adalah pada penghematan biaya operasional pembelajaran dan mempermudah persiapan guru dalam mengajar.
Akibat inovasi tersebut dapat meningkatkan kreativitas keuletan serta kemampuan siswa, sebagai media untuk mendapatkan metode pembelajaran yang sesuai dengan keinginan siswa sehingga siswa dapat lebih menyukai pembelajaran. Dapat menghemat biaya pendidikan, walaupun pada saat pertama kali perlu biaya yang besar, tetapi untuk selanjutnya akan jauh lebih murah. Hal ini dikarenakan sifat teknologi yang universal sehingga dapat digunakan dalam berbagai fungsi yang berbeda.
Pendidikan dewasa ini sudah mengarah kepada pendidikan berbasis teknologi salah satunya terkait dengan media pembelajaran yang digunakan. Penggunaan teknologi dalam media pembelajaran dilakukan sebagai salah satu upaya pengembangan kurikulum yang mengarah pada pencapaian bahkan peningkatan kualitas pendidikan.
Dengan menggunakan teknologi akan memudahkan berbagai stakeholder terkait dalam dunia pendidikan untuk berkembang dan lebih mudah untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Selain itu, penggunaan teknologi dalam media pembelajaran juga akan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik karena variatif sehingga diharapkan peserta didik dapat termotivasi untuk menjajal inovasi terbaru dalam perangkat teknologi.
Sehingga dengan adanya inovasi media pembelajaran berbasisi teknologi ini dapat membantu memperbaiki efektivitas, efisiensi, mendorong kreativitas saat belajar.
Kesimpulan
Penggunaan media pembelajaran menggunakan Teknologi Informasi untuk merupakan pengembangkan kurikulum di sekolah yang arahnya menuju peningkatan kualitas pendidikan. Penggunaan media ini memerlukan persiapan-persiapan seperti sumber daya manusia seperti kesiapan guru, siswa maupun orang tua murid.
Selain itu memerlukan sarana seperti laboratorium komputer beserta pendukungnya. Penggunaan media pembelajaran ini diharapkan dapat memperbaiki proses belajar mengajar pada guru maupun siswa, dapat lebih efektif, efisien, serta mendorong kreatifitas siswa.
Keuntungan lain adalah pada penghematan biaya operasional pembelajaran dan mempermudah persiapan guru dalam mengajar. Selain itu juga, akan mempermudah penilaian, mengatasi keterbatasan media pembelajaran yang tidak tersedia, serta harapannya dapat meningkatkan pengetahuan siswa.
Daftar Pustaka
Adam. S. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal. 3. (2). 78-90.
Suprapto. (2006). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi Di Sekolah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, volume 3 nomor 1
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H