Mohon tunggu...
Nur Azizah
Nur Azizah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

saya adalah mahasiswa teknik informatika universitas halu oleo. hobi saya adalah nonton drakor dan membaca wattpad

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Terapan Ilmu Aljabar Linear dalam Komputer

14 Mei 2024   13:29 Diperbarui: 15 Mei 2024   10:35 418
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSAt_RGuTpPnuOUNU3fDN8LIAPX_RPecUBdcjA8mY6HJvcecqAFTlD1oDjPmmWzQ6hKu-U&usqp=CAU

Aljabar linear adalah cabang matematika yang mempelajari tentang vektor, ruang vektor, dan transformasi linear antar ruang-ruang tersebut. Hal ini termaksud studi tentang sistem persamaan linear, matriks, determinan, ruang vektor, transformasi linear dan nilai eigen. Aljabar linear ini sangat penting dalam banyak bidang ilmu, salah satunya ialah ilmu komputer dan IT. Dalam IT, aljabar linear digunakan untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan struktur data, sistem informasi, dan analisis data. Berikut ini beberapa penjelasan lebih rinci tentang penerapan ilmu aljabar linear dalam komputer.

1. Pengolahan citra/Image Processing

Operasi-operasi seperti rotasi, pergeseran, dan perubahan skala pada citra digital melibatkan transformasi linear yang direpresentasikan oleh matriks. Pengolahan citra adalah pemrosesan citra, khususnya dengan menggunakan komputer, menjadi citra yang kualitasnya lebih baik. Sebagai contoh perhatikan gambar berikut. 

Terlihat pada gambar sebelah kiri, gambar tersebut tampak agak gelap lalu dengan operasi pengolahan citra kontrasnya di perbaiki sehingga menjadi lebih cerah dan lebih tajam seperti pada gambar sebelah kanan, semua itu menggunakan penerapan matriks. Citra digital direpresentasikan sebagai matriks, di mana setiap elemen matriks mewakili nilai dari intensitas pixel. Pengolahan citra digital meliputi beberapa proses seperti pengolahan citra hitam putih (biner), pengolahan citra berwarna (RGB), dan pengolahan citra berbasis vektor.

RGB merupakan singkatan dari Red, Green, Blue, masing-masing dari tiga warna tersebut memiliki intensitas saturasi dari 0 hingga 255. Nilai 0 menandakan warna dasar tersebut ialah menjadi hitam (#000000), dan nilai 255 menandakan warna asli dari salah satu warna dasar tersebut, misalnya warna merah murni dengan kode #FF0000. Bila ketiganya dicampurkan pada intensitas maksimalnya maka terbentuklah warna putih (#FFFFFF).

https://1.bp.blogspot.com/-hDKc3dSBq5A/V8BaVfn215I/AAAAAAAACRA/tHE7oYypkwkctefA_REzqlJ7vIfzUuD-wCLcB/s320/warna-primer.png
https://1.bp.blogspot.com/-hDKc3dSBq5A/V8BaVfn215I/AAAAAAAACRA/tHE7oYypkwkctefA_REzqlJ7vIfzUuD-wCLcB/s320/warna-primer.png

Dari gambar tersebut dapat disimpulkan warna diciptakann dari jumlah presentasi intensitas warna dasar merah,hijau,biru. Salah satu cara untuk memodelkan warna ialah dengan mengidentifiksdi warna dasar sebagai sebagai vektor yakni:

R = (1,0,0)

G = (0,1,0)

B = (0,0,1)

2. Grafika Komputer/computer graphics

Sama seperti benda pada umumnya, grafis komputer juga dapat terlihat oleh mata manusia hanya saja penampilannya tidak nyata (semu). Mulai dari grafis 2D hingga 3D. Mulai dari monokromatis hingga kromatis 32 bit. Sebagai contoh game dengan grafik 2D atau 3D menggunakan beberapa operasi matriks untuk menampilkan game sekaligus karakternya.

Dalam representasi objek aljabar vektor digunakan untuk merepresentasikan posisi. Arah, dan skala objek dalam ruang 2 atau 3 dimensi. Misalnya vektor dapat menggambarkan lokasi titik-titik dalam ruang. Sedangkan aljabar matriks memungkinkan transformasi geometri pada objek grafis seperti:

Rotasi : mengubah orientasi objek dengan memutar sekitar sumbu tertentu

Translasi : memindahkan objek dari satu lokasi ke lokasi lainnya

Skalasi : mengubah ukuran objek dengan fektor tertentu.

Dalam pemrosesan warna, aljabar linear juga memungkinkan kita untuk melakukan manipulasi warna menggunakan operasi vektor dan matriks. Misalnya kita dapat mengubah warna objek dengan mengalikan matriks warna dengan vektor warna.

Sifat geometris poligon bermanfaat untuk membuat gambar tampak tiga dimensi. Hal ini dilakukan dengan membagi objek menjadi poligon yang lebih kecil hingga bagian terkecil yang dirender menjadi segitiga. Pembuatan objek 3D merupakan bagian dari proses rendering poligon. Contoh paling sederhana penggunaan poligon dalam grafik 3D adalah dalam bentuk model wireframe objek. Gambar rangka 3D merupakan representasi kerangka dari objek dunia nyata.

3. Keamanan informasi

Keamanan informasi atau cyber securty selalu melibatkan matematika, termasuk aljabar linear. Sistem cyber menghitung angka setiap ada perintah menjalankan tes penetrasi untuk mengungguli  peretas atau menyusun laporan data dalam mengidentifikasi ancaman.

Dalam analisis kriptografi aljabar linear digunakan untuk menganalisis dan mengembangkan algoritma kriptografi. Misalnya dalam enskripsi dan deskripsi, matriks dan vektor digunakan untuk mengubah pesan menjadi bentuk yang sulit dipecahkan  dan mengembalikannya ke bentuk semula.

Dalam deteksi anomali aljabar linear membantu mengidentifikasi pola anomali dalam data lalu lintas jaringan. Matriks dan vektor digunakan untuk memodelkan perilaku normal dan mendeteksi perubahan yang mencurigakan.

Dalam analisis jaringan aljabar linear digunakan untuk menganalisis hubungan antara entitas dalam jaringan komputer. Misalnya matriks ketetanggaan digunakan untuk merepresentasikan hubungan antara sampul (node) dalam grafik jaringan.

Dalam analisis log keamanan aljabar linear membantu menggali  wawasan dari log keamanan yang mencatat aktivitas sistem. Penggunaan matriks dan vektor memungkinkan analisis tren, deteksi serangan, dan identifikasi pola aneh.

---

Secara umum, aljabar linear menyediakan alat-alat matematika yang sangat penting untuk memformulasikan dan memecahkan masalah-masalah dalam pemrograman komputer dan ilmu komputer. Pemahaman yang baik tentang aljabar linear memungkinkan kita untuk mengembangkan algoritma yang efisien dan membuat aplikasi yang kuat dalam berbagai bidang.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun