Social-Emotional Learning (SEL) adalah pendekatan pendidikan yang berfokus pada pengembangan keterampilan sosial dan emosional individu. Dalam konteks pendidikan, SEL bertujuan untuk membantu siswa memahami dan mengelola emosi mereka, membangun hubungan yang positif, dan membuat keputusan yang bertanggung jawab. Salah satu organisasi yang berperan penting dalam pengembangan dan implementasi SEL adalah CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning). Dalam tulisan ini, kita akan membahas konsep SEL, peran CASEL, serta pentingnya integrasi SEL dalam sistem pendidikan.
A.Pengertian Social-Emotional Learning (SEL)
 SEL mencakup berbagai keterampilan yang diperlukan untuk berinteraksi dengan orang lain dan mengelola diri sendiri. Keterampilan ini meliputi:
1. Kesadaran Diri: Kemampuan untuk mengenali emosi, kekuatan, dan kelemahan diri sendiri. Kesadaran diri membantu individu memahami bagaimana perasaan mereka mempengaruhi perilaku dan interaksi dengan orang lain.
2. Pengelolaan Emosi: Kemampuan untuk mengelola emosi dengan cara yang positif. Ini termasuk kemampuan untuk mengatasi stres, mengendalikan impuls, dan beradaptasi dengan perubahan.
3. Keterampilan Sosial: Kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain secara efektif. Ini mencakup komunikasi, kolaborasi, dan kemampuan untuk membangun hubungan yang sehat.
4. Empati: Kemampuan untuk memahami dan merasakan apa yang dirasakan orang lain. Empati adalah kunci untuk membangun hubungan yang positif dan mengurangi konflik.
5. Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab: Kemampuan untuk membuat pilihan yang baik dan mempertimbangkan konsekuensi dari tindakan. Ini melibatkan pemikiran kritis dan pertimbangan etis.
B.Peran CASEL dalam SEL
CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning) adalah organisasi yang didirikan pada tahun 1994 dengan tujuan untuk mempromosikan dan mengintegrasikan SEL dalam pendidikan. CASEL berperan sebagai pemimpin dalam penelitian, pengembangan, dan penyebaran praktik terbaik dalam SEL. Beberapa kontribusi utama CASEL dalam pengembangan SEL meliputi:
1. Kerangka Kerja SEL: CASEL mengembangkan kerangka kerja yang mengidentifikasi lima kompetensi inti dalam SEL: kesadaran diri, pengelolaan emosi, keterampilan sosial, empati, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Kerangka kerja ini menjadi panduan bagi sekolah dan pendidik dalam merancang program SEL.