Mohon tunggu...
Nur Asih Jayanti
Nur Asih Jayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Freelancer // Belajar menulis // CP : menurasih@gmail.com

Senang menulis tentang Pertanian, pangan, dan lifestyle. Enjoy the moment!

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Membina Komunikasi Bisnis Berbasis Teks untuk Bisnis Online

23 Februari 2023   15:02 Diperbarui: 23 Februari 2023   15:06 420
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber ilustrasi komunikasi teks : pexels.com

Menjalin interaksi dengan pelanggan sangat diperlukan untuk berkembangnya sebuah bisnis, salah satunya melalui komunikasi berbasis teks yang memudahkan kamu bisa terhubung dengan pelanggan.

Memberikan layanan pelanggan yang terbaik menjadi salah satu faktor penentu keberlangsungan dan keberhasilan sebuah bisnis apalagi bisnis online. Jika pelanggan merasa puas terhadap layanan yang diberikan maka kemungkinan mereka tidak akan berpindah ke lain hati.

Selain kualitas produk, setiap bisnis diperlukan ketepatan dalam berkomunikasi dengan pelanggan.  Banyak cara yang bisa dilakukan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, salah satunya melalui teks (chat). 

Cara berkomunikasi yang baik untuk merespon pertanyaan pelanggan harus diperhatikan karena komunikasi berbasis teks sangat berbeda dengan komunikasi yang dilakukan saat kita bertatap muka. 

Perlu memperhatikan berbagai aspek sebab komunikasi berbasis teks ini lewat pesan singkat (chat) saja dengan cara kita mengetikkan kata per kata pada gadget kita untuk membalas pesan pelanggan. 

Komunikasi melalui teks ini jika tidak hati hati dapat menimbulkan kesalahpahaman, hal ini mungkin disebabkan oleh salah ketik atau penggunaan emoticon yang kurang tepat. 

Akan tetapi dalam bisnis online komunikasi jarak jauh menjadi cara yang tepat dan jalan sukses dalam bisnis online karena bisa menjangkau pelanggan dimana pun tempatnya. 

Maka dari itu, diperlukan komunikasi  berbasis teks yang baik dalam menjawab chat pelanggan.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam komunikasi berbasis teks dengan pelanggan :

1. Menyapa dengan tepat 

Mengenal siapa pelanggan kamu dengan baik sudah menjadi kewajiban pebisnis. Apalagi pelanggan setia yang sering check out order di kamu. Pelanggan setia pasti senang jika kamu sapa dengan namanya artinya kamu mengenali dan memberi perhatian khusus. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun