Mohon tunggu...
Nur Asih Jayanti
Nur Asih Jayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Freelancer // Belajar menulis // CP : menurasih@gmail.com

Senang menulis tentang Pertanian, pangan, dan lifestyle. Enjoy the moment!

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Mengenal Karakteristik Pelanggan dari yang Baru Hingga Setia

22 Februari 2023   14:06 Diperbarui: 22 Februari 2023   14:09 302
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber ilustrasi pelanggan: pexels.com

Faktor utama yang mempengaruhi penjualan suatu usaha yaitu pelanggan, maka perhatikan karakteristik pelanggan untuk mengatur strategi bisnis.

Pelanggan merupakan seorang maupun kelompok tertentu yang mengkonsumsi produk baik itu produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh pebisnis. Pelanggan akan memberi pengaruh terhadap performasi suatu usaha yang dijalankan oleh pelaku usaha. 

Pebisnis harus menjaga kepercayaan pelanggan karena pelanggan merupakan individu yang menggunakan produk sehingga memiliki fokus dan perhatian pada produk yang dijual.

Selain itu, memberikan layanan yang terbaik untuk kepuasan pelanggan juga tidak kalah penting bagi pebisnis dalam menjalankan usaha sehingga usaha dapat terus dijalankan dan bertahan lama. 

Untuk bisa memberikan kepuasan terhadap konsumen, sebaiknya memahami apa saja karateristik pelanggan. Hal ini bertujuan untuk memahami sifat pelanggan dan menjalin hubungan interaksi yang baik agar pelanggan terus setia kepada produk kita dan tidak pindah ke produk lain. 

Dengan memahami karakteristik pelanggan, seorang pebisnis akan lebih mudah dalam menghadapi mereka dalam proses melayani sampai akhir kegiatan transaksi. 

Berikut beberapa karakteristik pelanggan yang biasa kita temui:

1. Pelanggan baru

Pelanggan baru atau pertama kali membeli produk yang ditawarkan ditandai dengan sering bertanya mengenai produk yang kita jual. Bertanya tentang keunggulan produk dibanding kompetitor, harga produk apakah lebih mahal atau lebih murah, ukuran produk apa saja, dan sebagainya. 

Sebagai seorang pebisnis, jawab saja dengan ramah dan berikan penjelasan dengan detail mengenai produk tersebut. Berikan pelayanan yang ramah sehingga pelanggan merasa nyaman saat kegiatan jual beli dan akhirnya membeli produk. 

Pelanggan baru bisa menjadi angin segar karena jika sudah tertarik pasti akan kembali lagi sehingga bisa menjadikan pelanggan yang potensial. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun