Mohon tunggu...
Nur Asih Jayanti
Nur Asih Jayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Freelancer // Belajar menulis // CP : menurasih@gmail.com

Senang menulis tentang Pertanian, pangan, dan lifestyle. Enjoy the moment!

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Ini yang Membuat Konsumen Ingin Kembali Lagi ke Tempat Makan

31 Januari 2023   17:27 Diperbarui: 31 Januari 2023   17:31 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ketika mendatangi suatu tempat contohnya tempat makan, kita tentunya menginginkan sesuatu yang sesuai dengan ekspektasi kita. Apabila ekspektasi kita terpenuhi, inilah yang menyebabkan kita bisa repeat buying atau pembelian ulang. 

Bisnis akan benar benar berjalan jika konsumen yang pernah datang, datang kembali dan membeli lagi. Konsumen merekomendasikan brand kita ke konsumen yang lain. Hal tersebut merupakan marketing paling efektif. 

Sebenarnya apa alasan yang membuat konsumen ingin kembali lagi? Berikut beberapa faktor yang membuat konsumen kembali datang ke tempat makan tersebut :

1. Rasa makanan / minuman yang enak 

Rasa hidangan yang lezat dan bisa memanjakan lidah konsumen harus nomor satu . Faktor rasa menjadi faktor utama penentu kepuasan konsumen. Jika konsumen puas dengan produk kita maka persentase mereka untuk kembali lagi semakin terbuka lebar dan meningkat. 

2. Suasana yang nyaman 

Adanya suasana nyaman saat di tempat makan akan membuat konsumen untuk datang lagi. Suasana nyaman juga didukung dengan mendesain lingkungan seperti visual, pencahayaan, aroma dan bersih. Suasana nyaman akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Suasana tempat makan harus bisa membuat nyaman konsumen saat menyantap hidangan. 

3. Pelayanan baik 

Dengan memberikan pelayanan yang baik akan menjadi pertimbangan konsumen untuk datang lagi. Pelayanan yang ramah dan sopan saat menyajikan hidangan adalah kunci pelayanan yang baik. 

4. Kebersihan terjaga

Tempat makan yang bersih tentu akan menambah kepuasan konsumen. Bayangkan jika suatu restoran itu kotor, tentu konsumen tidak berselera untuk makan. 

5. Terdapat spot instagramable

Maraknya sosial media di masa sekarang ini, pasti apa apa akan diposting. Kebutuhan untuk melakukan foto dengan spot spot cantik yang instagramable menjadi meningkat. Begitu pula saat mencari tempat makan, restoran yang ada spot instagramablenya akan menjadi pertimbangan. Tempat makan yang estetik juga menambah kesenangan dan kepuasan konsumen. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun