Sayuran mengandung berbagai zat gizi yang diperlukan oleh tubuh kita. Hal ini membuka peluang bisnis sayuran untuk terus berkembang dan terjadi persaingan yang ketat. Untuk itu diperlukan adanya strategi pemasaran untuk mendapatkan pasar dalam usaha sayuran ini (Ramadhani et al., 2021). Â Strategi merupakan suatu rencana yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan.Â
Pemasaran produk pertanian di Indonesia berlangsung secara pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya produk pertanian seperti sayuran yang dijual di supermarket maupun di outlet secara online. Persaingan yang semakin ketat mengharuskan seorang pelaku usaha untuk bisa lebih mengenalkan produknya kepada masyarakat dengan memperhatikan 4P (Wangge dan Roni, 2021).Â
Strategi pemasaran mencakup 4 komponen yaitu product, price, place, promotion. Strategi pemasaran ini biasa disebut dengan 4P. Menurut Wangge dan Roni (2021) berikut penjelasan strategi pemasaran 4P ini:
1. Strategi Produk (Product). Kualitas produk sayuran menjadi hal penting dalam suatu pemasaran. Kualitas produk sayuran ini dapat dilihat dari penampilan sayuran yang segar dan memiliki daya simpan yang baik.Â
2. Strategi Harga (Price). Penetapan harga jual sayuran harus dipertimbangkan dengan teliti. Penetapan harga yang salah akan mempengaruhi keuntungan usaha sayuran ini. Dalam hal penetapan harga ini sebaiknya diketahui target market sasaran dalam produk sayuran.Â
3. Strategi Tempat (Place). Hal ini berkaitan dengan tempat pemasaran terhadap produk yang kita jual. Sebagai contoh yaitu sayuran yang memiliki grade biasa dapat dipasarkan di pasar tradisional sedangkan sayuran yang memiliki grade premium dapat dipasarkan ke pasar modern. Selain itu pelaku usaha sayuran juga dapat bermitra dengan menjadi supplier hotel maupun restoran untuk memudahkan pendistribusian produk sayuran ini.
4. Strategi Promosi (Promotion). Promosi berkaitan dengan bagaimana cara pelaku usaha sayuran memenangkan hati konsumen. Promosi menjadi hal yang penting untuk memperkenalkan produk sayuran ini. Cara promosi dapat dilakukan secara online yang mana masyarakat Indonesia sekarang lebih senang beralih ke digital. Promosi melalui sosial media seperti instagram, website, twitter dapat menjadi pertimbangan kita.Â
Strategi pemasaran 4P tersebut dapat menjadi acuan dalam melakukan pemasaran produk sayuran. Strategi pemasaran diharapkan dapat memenuhi tujuan suatu usaha sehingga akan dihasilkan keuntungan.Â
Referensi :
Ramadhani, A., Susilowati, D., dan Hindarti, S. 2021. Analisis strategi pemasaran sayuran organik studi kasus di Abang Sayur Organik Kota Malang. J. Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 9 (2) : 1-10.Â
Wangge, R. K., dan Noni, S. 2021. Strategi bauran pemasaran sayuran dalam meningkatkan minat beli konsumen. J. Agribisnis. 10 (1) : 53-59.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H