Mohon tunggu...
Nur Anniyyah
Nur Anniyyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - penulis

@nuranniyyah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Strategi Penentuan Harga Produk, Tidak Menimbulkan Kerugian bagi Perusahaan

22 Desember 2021   13:19 Diperbarui: 22 Desember 2021   13:23 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Perkenalkan nama saya Nur Anniyyah, saya merupakan mahasiswa jurusan manajemen di Universitas Muhamadiyah Malang. Tujuan saya menulis artikel ini demi memenuhi tugas tambahan mata kuliah akuntansi manajemen yang di bimbing oleh Ibu Chalimatuz Sa'diyah SE.,MM

Apakah itu penentuan harga? Bagaimana perusahaan menetapkan sebuah harga supaya tidak menimbulkan kerugian? Secara umum penetuan harga merupakan penetapan nilai yang di terima oleh produsen dalam menukarkan jasa maupun barang. Lantas bagaimana supaya penentuan harga agar tidak menimbulkan kerugian bagi perusahaan? Jadi disini kita akan membahas tentang bagaimana cara kita menentukan harga sehingga tidak menimbulkan kerugian.

Dalam sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan harus memperoleh laba yang maksimal sehingga dapat bersaing pada pasar internasional dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Dalam menetapkan harga jual memerlukan pertimbangan mulai dari produksi,oprasional yang di inginkan oleh perusahaan. ketika perusahaan menentukan harga pastinya tidak ingin rugi karena dalam menutupi biaya opersional perusahaan juga harus mendapatkan keungtungan karena perusahaan tersebut adalah perusahaan manufakturing,perusahaan- perusahaan ini juga ber profit oriented yaitu bisnis yang didirikan bertujuan semata mata ingin memperoleh keungtungan dan kesejahteraan karyawan sehingga dapat mengembangkan usaha lebih lanjut.

Terdapat Beberapa Cara Supaya Perusahaan Tidak Rugi Dalam Menentukan Harga:

1. Menentukan Tujuan dan Penetapan Harga Jual

Dalam mempertimbangkan pengembangan strategi harga jual yaitu dengan memahami tujuan untuk memberikan harga produk maupun layanan. Adapun tujuan lainnya yaitu:

* Posisi bisnis pada pasar

* Persaingan pasar

* Mampu mengendalikan peningkatan permintaan pada pasokan harga

2. Menghitung Biaya Bisnis

Ketika kita menetapkan harga dan harus menutupi biaya bisnis, maka kita harus mengetahui berapa harga penjualan pada produk yang baik. Untuk itu, sebelum kita menentukan harga jual kita terlebih dahulu menghitung biaya produk atau layanan,biaya produksi maupun biaya lainnya. Dalam mempertimbangkan harga jual terdapatbeberapa pertimbangan:

* Kondisi produk

* Kelayakan produk

* Biaya produksi

* Biaya operasional

* Kondisi pasar

* Brand

* Persaingan

3. Tentukan Target Pada Bisnis

Sebagai seorang pembisnis tentunya kita dapat menentukan target sehingga kita dapat mengetahui keuntungan yang akan kita dapatkan. Nah dalam penentuan target inipun perlu memperhitungkan biaya- biaya, diantaranya adalah biaya pemasaran maupun biaya produksi yang ingin kita tetapkan.

Sebagai contoh kita dapat memperkirakan jika kita mempunyai satu produk dan kita dapat memperkirakan jumlah per unit produk yang diharapkan mampu di jual selama beberapa tahun kedepan. Kemudian kita dapat membagi target pendapatan dengan jumlah unit pada produk yang kita harapkan untuk kita jual. Maka kita akan mendapatkan harga jual yang baik dan dapat mencapai keuntungan yang kita harapkan.Akan tetapi, ketika kita mempunyai produk yang berbeda kita perlu membagi target berdasarkan produk, lalu kita melakukan perhitungan yang sama untuk mecapai harga produk yang dibutuhkan.

4. Meninjau Bisnis Dengan Teratur

Dalam mengatur bisnis tentunya ada perubahan yang terjadi dan dapat membuat bisnis kita tidak lancar. Perubahan bisnis tersebut mungkin tanpa kita sadari dapat berpengaruh dari pelanggan, customer , biaya maupun pesaing yang mungkin saja berubah dan kita harus mengubah bentuk harga supaya mengikuti pasar. Dalam menjalankan bisnis pun kita harus siap akan adanya faktor eksternal dimana terkait dengan tingkat permintaan pelanggan yang meningkat dan menurun, persaingan semakin banyak, bahkan adanya peraturan dari pemerintah itu sendiri yang akan berpengaruh pada penjuala produk di masa yang akan datang.

5. Tentukan Harga Jual Yang Kompetitif

Cara penentuan harga jual secara kompetitif mengacu pada penetapan dalam penggunaan data harga jual sehingga mampu menjadi tolak ukur produk. Untuk itu kita perlu mengetahui para pesaing bisnis guna melihat apakah produk pada pesaing tersebut tawarkan bisa sebanding dengan produk yang kita jual. Kita juga harus melihat dan memperhatikan, apakah barang yang kita jual memiliki nilai tambah dan memiliki kualitas yang bagus? Nah ketika kita memiliki nilai tambah dan kualitas yang bagus pada produk kita, produk kita tentunya dapat mendukung untuk mendapatkan harga jual yang tinggi. Kuncinya yaitu kita tidak hanya harga jual saja yang di publikasikan tetapi harus sebanding dengan harga bersih.

Penentuan harga jual produk pada perusahaan merupakan hal yang harus kita pelajari lebih dalam.pada pembahasan di atas dapat kita simpulkan bahwa sebuah perusahaan memerlukan strategi yang baik untuk menentukan harga dalam menjual sebuah produk. Produk yang berkulaitas dan memiliki nilai tambah tentunya akan mendapatkan harga yang tinggi dan perusahaan pun mampu bersaing pada masa yang akan datang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun