Mohon tunggu...
Nur Amanah Zulfa Hasnasari
Nur Amanah Zulfa Hasnasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas PGRI Semarang

Saya Zulfa, saya tipe orang yang selalu penasaran dengan hal baru dan selalu tertarik ini mencobanya. Pengalaman saya akan hal pekerjaan mungkin minim, tapi saya memiliki Pengalaman organisasi yang cukup lama. Dari pengalaman Organisasi saya yang bisa mengatur waktu yang cukup efektif dan menjadwalkan kegiatan dengan detail dan teliti. hoby saya menonton film, menddengarkan musik, dan menulis hal-hal random.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengembangan Kompetensi Digital Marketing melalui Program Studi Independent di NF Academy

12 Juli 2024   20:01 Diperbarui: 12 Juli 2024   20:04 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Nur Amanah Zulfa Hasnasari Universitas PGRI Semarang Nuaffa24@gmail.com

Pembimbing Efriyani Sumastuti Dosen Manajemen Universitas PGRI Semarang

Abstract

Rapid technological developments are changing the marketing environment, requiring a shift from traditional marketing strategies to digital marketing strategies. This opens up new opportunities for individuals to improve their abilities in this field. Technological developments and internet penetration make digital marketing strategies complicated for a company's success. To ensure the effectiveness of this strategy, digital marketing competency testing is an important tool in measuring and improving the skills of marketers. The NF Academy Independent Study Program is the right solution to equip Independent Study Participants with the knowledge and skills needed to be successful in the digital era.

Keywords: Independent Study, Digital Marketing, NF Academy

 

Abstrak

Perkembangan teknologi yang pesat mengubah lingkungan pemasaran sehingga memerlukan peralihan dari strategi pemasaran tradisional ke strategi pemasaran digital. Hal ini membuka peluang baru bagi individu untuk meningkatkan kemampuannya di bidang tersebut. Perkembangan teknologi dan penetrasi internet membuat strategi pemasaran secara digital menjadi rumit bagi kesuksesan suatu perusahaan. Untuk memastikan efektivitas strategi ini, uji kompetensi digital marketing menjadi alat penting dalam mengukur dan meningkatkan keahlian tenaga pemasar. Program Studi Independent NF Academy merupakan solusi tepat untuk membekali Peserta Studi Indeoendent dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di era digital.

Kata Kunci : Studi Independent, Digital Marketing, NF Academy

Pendahuluan

Di era digital ini, kemampuan digital marketing menjadi semakin penting bagi individu dan organisasi. Hampir semua aspek bisnis, mulai dari branding hingga penjualan, kini memanfaatkan platform digital untuk menjangkau pelanggan. Hal ini mendorong kebutuhan akan tenaga ahli yang kompeten dalam bidang digital marketing. Perkembangan teknologi saat ini terlihat jelas dalam peralihan banyak industri ke sektor digital, yang pada akhirnya menciptakan lapangan kerja baru di industri ini. Pemerintah berusaha untuk mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia dengan mengintegrasikan pendidikan dengan kebutuhan industri atau lapangan kerja. Tujuannya adalah agar ketika lulus dari perguruan tinggi mahasiswa memiliki kesiapan kerja dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja (Jannah et al., 2023). Oleh karena itu, mahasiswa saat ini diharapkan untuk berkompetisi dalam meningkatkan keterampilan digital mereka melalui berbagai pelatihan keterampilan digital. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk membantu mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan ini adalah melalui program Studi Independen Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Purike, 2021; Arisandi et al., 2022; Sopiansyah et al., 2022).

Kegiatan Studi Independen ini memberikan ruang kepada mahasiswa untuk berkembang dan dapat belajar diluar aktivitas perkuliahan dan terjun langsung untuk mendapatkan ilmu dari praktisi yang sudah lama berkecimpung dibidangnya dan juga diakui oleh universitas dengan memberikan konversi sks perkuliahan, Hal ini tentu diharapkan menjadi kesempatan untuk mempelajari keahlian yang spesifik dan dibutuhkan di masa yang akan datang dengan mempelajari berbagai materi dan pembelajaran yang diberikan oleh praktisi sekaligus pengalaman mereka dalam kompetensi yang ditawarkan. Untuk itu Kampus Merdeka sebagai penyelenggara program melakukan kerjasama dengan mitra-mitra yang mau ikut berpartisipasi, Salah satu mitra yang bekerjasama adalah NF Academy (PT Nurul Fikri Cipta Inovasi).

NF ACADEMY adalah bagian dari grup Nurul Fikri yang telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia di bidang pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia selama lebih dari 24 tahun. Alumni-alumninya telah berkiprah dan diakui kualitas kerja dan integritasnya oleh dunia usaha. NF ACADEMY dirintis sejak tahun 1994 dan merupakan sebuah lembaga di bidang pendidikan dan pelatihan IT (Information Technology).

Program Digital Marketing meliputi pembelajaran individu dan project akhir dalam bentuk tim. Pada pembelajaran individu, setiap peserta akan mengikuti kelas dalam bentuk online meeting. Peserta dapat berkonsultasi dengan expert terkait materi yang dipelajarinya. Selain itu, setiap peserta akan memiliki pembimbing proyek dan dapat berkonsultasi jika peserta menemui kesulitan non-akademik dalam mengikuti pembelajaran maupun ketika mengerjakan proyek. Pada akhir pembelajaran, setiap 

peserta akan mengikuti ujian sebagai syarat untuk memperoleh sertifikat sebagai Digital Marketer. Pada projek akhir, peserta akan dibagi menjadi kelompok. Setiap kelompok akan mendapat proyek akhir mitra industri yang merupakan partner dari penyelenggara studi independen. Setiap kelompok juga akan memiliki seorang pembimbing kelompok.

Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian adalah pendekatan kualitatif. Menurut Sugiyono (2018), pendekatan kualitatif merupakan metode penelitian dimana didasarkan pada filsafat dan bertujuan untuk menyelidiki kondisi ilmiah di mana peneliti berperan sebagai instrumen. Metode ini melibatkan pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi hasil observasi, serta analisis yang bersifat kualitatif. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif digunakan dengan cara deskriptif dan teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi dan hasil dari dokumentasi observasi tersebut diambil sebuah kesimpulan. Metode tersebut digunakan untuk mendapatkan hasil yang akurat dan sesuai dengan data-data yang diperoleh. Setelah data terkumpul, analisis dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan hasilnya digambarkan dengan bentuk evaluasi deskriptif. Penelitian ini menganalisis implementasi pembelajaran Digital Marketing Berbasis Cloud dalam program studi Independent NF Academy (PT Nurul Fikri Cipta Inovasi).

Hasil dan Pembahasan

Program Digital Marketing Berbasis Cloud

Program Digital Marketing meliputi pembelajaran individu dan project akhir dalam bentuk tim. Pada pembelajaran individu, setiap peserta akan mengikuti kelas dalam bentuk online meeting. Peserta dapat berkonsultasi dengan expert terkait materi yang dipelajarinya. Selain itu, setiap peserta akan memiliki pembimbing proyek dan dapat berkonsultasi jika peserta menemui kesulitan non-akademik dalam mengikuti pembelajaran maupun ketika mengerjakan proyek. Pada akhir pembelajaran, setiap peserta akan mengikuti ujian sebagai syarat untuk memperoleh sertifikat sebagai Digital Marketer.

Pada projek akhir, peserta akan dibagi menjadi kelompok. Setiap kelompok akan mendapat proyek akhir mitra industri yang merupakan partner dari penyelenggara studi independen. Setiap kelompok juga akan memiliki seorang pembimbing kelompok.

Tahapan pembelajaran ini dikelompokkan dalam 19 (Sembilan Belas) kompetensi, yaitu:

  • Soft Skill : komunikasi interpersonal, Pemecahan Masalah, Kerjasama Tim, Manajemen Waktu, dan Creative Thinking.
  • Pengantar Digital Marketing Berbasis Cloud
  • Riset Pasar Berbasis Cloud
  • Analisis Perilaku Konsumen dengan Teknologi Cloud
  • Kewirausahaan dan Rencana Bisnis dengan Teknologi Cloud
  • Pengembangan Produk dengan Teknologi Cloud
  • Strategi Digital Marketing dengan Teknologi Cloud
  • Graphics Design untuk Digital Marketing Berbasis Cloud
  • Multimedia untuk Digital Marketing Berbasis Cloud
  • Public Relation dan Publikasi Online dengan Teknologi Cloud
  • Email Marketing dengan Teknologi Cloud
  • Social Media Marketing Berbasis Cloud
  • Web Design untuk Digital Marketing Berbasis Cloud
  • Content Marketing dan Keyword Research Berbasis Cloud
  • SEO (Search Engine Optimization) dan Web Analytics dengan Teknologi Cloud
  • Search Engine Marketing dan Advertising dengan Teknologi Cloud
  • E-Commerce dan Marketplace Berbasis Cloud
  • CRM (Customer Relationship Management) Berbasis Cloud
  • Final Project

Tujuan dari Digital Marketing Berbasis Cloud adalah peserta membangun kompetensi dalam salah satu dari 18 bidang spesialisasi digital marketing, yaitu:

  • Soft Skill

Belajar tentang Komunikasi Interpersonal (Interpersonal Communication), Pemecahan Masalah (Problem Solving), Kerjasama Tim (Teamwork), Manajemen Waktu (Time Management), Berpikir Kreatif (Creative Thinking)

  • Pengantar Digital Marketing

Tutorial dalam bentuk presentasi dan diskusi konsep digital marketing berbasis cloud pada berbagai jenis usaha/organisasi, kelebihan dan kekurangan digital marketing, jenis profesi dan tugas digital marketer, dan etika/aturan hukum yang berhubungan dengan digital marketing.

  • Riset Pasar

Tutorial dalam bentuk presentasi dan diskusi definisi riset pasar, jenis-jenis dan manfaat riset pasar, cara menyusun rencana riset dengan tools berbasis cloud.

  • Kewirausahaan dan Rencana Bisnis

Tutorial dalam bentuk presentasi dan diskusi cara membangun jiwa wirausaha, memahami proses penentuan model bisnis dengan kanvas, dan cara menyusun rencana bisnis.

  • Pengembangan Produk

Belajar tentang menyusun langkah-langkah pengembangan produk yang akan dipasarkan secara digital dengan teknologi cloud.

  • Perilaku Konsumen

Belajar meriset dengan teknologi cloud untuk mendapatkan USP (Unique Selling Proposition) sesuai dengan perilaku konsumen produk yang dipasarkan.

  • Strategi Digital Marketing

Menyusun strategi digital marketing dengan memanfaatkan teknologi cloud.

  • Graphics Design

Membuat gambar vektor dan bitmap untuk kebutuhan digital marketing, dengan teknologi cloud.

  • Multimedia

Membuat video untuk kebutuhan digital marketing dengan teknologi cloud.

  • Public Relation dan Publikasi Online

Membuat berita yang dilengkapi gambar dan atau video untuk publikasi online.

  • E-commerce dan Marketplace

Memasarkan produk melalui e-commerce dan marketplace.

  • Content Marketing dan Research Keyword

Tutorial dalam bentuk presentasi dan diskusi konsep content marketing dan riset kata kunci untuk digital marketing.

  • Social Media

Mengelola pemasaran produk melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, TikTok, Linkedin, dan Twitter. Membuat iklan dengan salah satu atau beberapa aplikasi periklananan: FB Ads, IG Ads, TikTok Ads, Linkedin Ads, dan Twitter Ads.

  • Web Desain

Membuat web untuk profil perusahaan, landing page, dan portal produk dengan teknologi cloud.

  • Email Marketing

Membuat program email marketing dengan menggunakan aplikasi formulir pengumpulan email dan pengelolaan beberapa akun email secara terintegrasi untuk kampanye atau promosi produk melalui email yang menggunakan teknologi cloud seperti MailChimp.

  • SEO & Web Analytics

Mengelola web dan media sosial Youtube untuk produk yang dipasarkan secara digital dengan memenuhi kriteria SEO, serta mengaudit hasil SEO dengan Google Search Console dan Google Analytics.

  • Search Engine Marketing & Advertising

Mengiklankan web dan media sosial Youtube dengan Google Ads dan menggunakan teknologi cloud.

  • CRM

Mengelola CRM untuk produk yang dipasarkan secara digital.

  • Final Project

Menyusun rencana strategi dan menjalankan proyek digital marketing untuk suatu produk dari mitra perusahaan, melalui beberapa saluran promosi dan penjualan produk secara digital, dengan teknologi cloud yang dibimbing oleh mentor.

Selain membangun kompetensi dalam salah satu bidang spesialisasi di atas, Digital Marketing Berbasis Cloud juga bertujuan membangun kompetensi dalam berkolaborasi dan berkomunikasi. Proses pengembangan seluruh kompetensi dilakukan dengan prinsip tahu-latihan-terampil, atau knowledge development-skill development-performance development. Peserta akan diajar untuk mengetahui pengetahuan dasar digital marketing, dilatih untuk menguasai keterampilan digital marketing dan didukung untuk dapat menghasilkan kolam customer (customer pool)/database customer/penjualan dari digital marketing yang telah dilakukan.

Penutup

Selama mengikuti program Digital Marketing Berbasis Cloud ini, mahasiswa telah mendapatkan pengetahuan baru yang berharga tentang dunia digital marketing. Pengetahuan yang diperoleh meliputi teknik penelitian keyword dan market research, pembangunan aset digital untuk bisnis, pembuatan halaman arahan (landing page), penulisan copywriting yang menarik, pelayanan pelanggan yang baik, kemampuan berbicara di depan umum terutama dalam live streaming, jenis- jenis traffic seperti organic dan paid traffic, tips dan teknik untuk meningkatkan iklan di berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok, serta koordinasi kerja dalam kelompok, dan masih banyak lagi. Dalam menjalankan semua proyek yang diberikan, mahasiswa juga diharuskan mempunyai sikap yang agile, kreatif, dan inovatif.

Referensi

Khansa Tsaabitah, A., Raya Rungkut Madya No, J., & Anyar, G. (2023). Implementasi Pembelajaran Daring pada Program Studi Independen di PT Revolusi Cita Edukasi (Revou) dalam Pengembangan Diri Bidang Teknologi Digital Implementation of Online Learning in Independent Study Programs at PT Revolusi Cita Edukasi (Revou) in Digital Technology Self-Development. 1(2), 63--74. https://doi.org/10.54066/jkb.v1i2.449

Kurniawan, R. A., Jamil, N., Novel, A., & Dewi, Y. R. (n.d.). Implementation Of Digital Marketing Learning In The Power Academy Independent Study Program (PT Mitra Semeru Indonesia) Implementasi Pembelajaran Digital Marketing Pada Program Studi Independen Power Academy (PT Mitra Semeru Indonesia). In JKIP: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (Vol. 4, Issue 1). http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index

https://nfacademy.id/

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun