TEKNOLOGI BARU DALAM PENGAJARAN DAN PEMBELAJARANÂ
Topik 6 Pembelajaran Jarak JauhÂ
Â
Nama : NUR AINIÂ
NIM : 202310630112346Â
Kelas : PGSD-001Â
ELABORASI PEMAHAMAN
- Cari dan hubungi guru khususnya guru penggerak yang memiliki pengalaman dan praktik baik dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.
- Guru tersebut selanjutnya diminta untuk menyampaikan pengalaman praktik baik selama melaksanakan pembelajaran jarak jauh.
- Anda dapat mencatat dan me-resume presentasi dari guru tamu tersebut.
- Hasil resume dikumpulkan pada link yang telah disediakan
Wawancara dengan guru penggerak di Kabupaten Pasuruan, bu Eka Nur Mafilah.
Berikut pertanyaan yang saya sampaikan:
- Bagaimana pengalaman Ibu dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa covid-19?
- Apakah kelebihan, kekurangannya atau suka dukanya saat pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama covid 19?
Resume hasil:
Menurut pengalaman bu Eka sebagai guru ketika melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau daring tentunya sangat mengesankan, dan luar biasa karena itu adalah hal baru yang harus dilakukan karena pandemi covid, dibutuhkan usaha yang luar biasa agar proses pembelajaran daring tetap bisa efektif, menyenangkan, dan tentu saja tidak membosankan, terlebih bu eka mengajar di paud. Hal tersebut mengesankan karena pada pembelajaran daring guru dituntut untuk melek teknologi, bagaimana membuat kelas secara online, bagaimana mendesain media pembelajaran yang harus disesuaikan dengan tahapan perkembangan peserta didik yang tetap mudah di gunakan dan di akses mereka sehingga proses pembelajaran tetap maksimal meskipun daring.
Selain itu terdapat kelebihannya selama PJJ yaitu guru semakin melek teknologi dan mau mengupgrade pengetahuan dan keilmuannya, serta mampu berinovasi bagaimana menciptakan media pembelajaran melalui beberapa aplikasi di internet yg sampai saat ini sangat bisa diterapkan kedalam  proses pembelajaran luring di dalam kelas. Dalam kelebihan tentu saja terdapat kekurangannya diantaranya yaitu mungkin di daerah yang minim akses internet hal itu sangat menjadi kendala. kekurangan atau kelemahan pembelajaran daring lainnya yaitu karena tidak bisa tatap muka guru kurang bisa atau terbatas dalam hal melihat hasil atau perkembangan peserta didik yang telah di capai atau masih belum tercapai dengan optimal.
Sebagai guru penggerak bu Eka mengalami suka dukanya yaitu tidak bisa bertemu secara langsung itu adalah duka bagi seorang guru karena bagi guru interaksi secara langsung dengan peserta didik menjadi hal penting yg sangat berhubungan dengan tugas guru yaitu tidak hanya menyampaikan materi tetapi juga untuk membimbing dan mengarahkan dan sukanya adalah waktu untuk keluarga menjadi lebih banyak.
Semoga tulisan ini dapat menginspirasi yang lain untuk selalu berkembang dan berinspirasi. Semangat selalu calon guru Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H