Oleh : Nuraeni Maulida Azizah
Â
Indonesia mencoba gebrakan baru untuk kemajuan pendidikan dalam bidang teknologi khususnya. Pemerintah sekarang sudah mulai melirik pemanfaatan teknologi yang semakin maju. Pemanfaatan ini terlihat dari keputusan pemerintah untuk melaksanakan ujian nasional berbasis komputer. Awal penerapan ujian berbasis komputer pemerintah mencoba try out berbasis komputer. Ada beberapa sekolah di Indonesia sudah melaksanakan try out berbasis komputer ini. Siswa di minta memasuki lab komputer di sekolah dan mengerjakan soal-soal try out yang sudah di siapkan. Alasan pemerintah meyelenggarakan ujian berbasis komputer ini di beralasan untuk mengehemat biaya karena tidak menggunakan kertas. Selain itu pemerintah beranggapan bahwa ujian nasional berbasis komputer akan lebih jujur dan hasil dari ujian ini dapat segera di lihat oleh siswa dan orang tua (Indira permanasari dalam http://print.kompas.com/baca/2015/03/03/Ujian-Nasional-Berbasis-Kompute, Pada 3 maret 2015).
Namun dalam pelaksanaan ujian berbasis komputer ini memiliki banyak kendala, terlihat pada pelaksanaan try out contohnya banyak sekolah yang tidak dapat memaksimalkan komputer untuk melaksanakan try out ini. Selain kurangnya jumlah komputer akses internetpun menjadi kendala untuk beberapa sekolah karena jaringan internet yang masih kurang bagus mengakibatkan keterlambatan siswa mendapatkan akses internet ini. Selain akses internet dan kurangnya unit komputer listrik pun menjadi kendala lain yang mempengaruhi ujian berbasis komputer ini. Karena apabila listrik mati komputer akan mati lalu soal-soal yang sudah di kerjakan oleh siswa harus di ulangi kembali. Tidak banyak sekolah yang memiliki genset untuk cadangan listrik apabila listrik mati.
Banyak sekolah yang mengatasi kendala yang akan terjadi salah satu kendala yang dapat di atasi ialah penambahan unit komputer dengan meminta siswa untuk membawa laptop masing-masing ke sekolah. Pihak sekolah meminta siswa membawa laptop masing-masing untuk mengatasi kendala kurangnya unit komputer. Pihak sekolah mengosongkan file-file yang terdapat di laptop siswa agar tidak terjadi kecurangan dalam pelaksanaan ujian nanti. Kendala yang paling penting lainnya seperti listrik belum banyak sekolah yang mampu mengatasi kendala tersebut.
Pemerintah mungkin memiliki alasan yang kuat untuk melaksanakan ujian nasional berbasis komputer namun alangkah baiknya pemerintah melihat bahwa banyak kendala yang akan di hadapi oleh siswa jika masih melaksanakan ujian nasional berbasis komputer ini. Selain itu ujian nasional berbasis komputer ini tidak semua sekolah melaksanakan ujian berbasis komputer karena kurangnya fasilitas. Pemerintah pun masih melaksanakan ujian berbasis kertas di sekolah-sekolah tertentu dalam penghematan biaya seharusnya pemerintah lebih mengkaji lagi jika salah satu alasan melaksanakan ujian berbasis komputer hanya untuk menghemat anggaran biaya.
Selain alasan karena untuk menghemat anggaran pemerintah beralasan melaksanakan ujian berbasis komputer ini lebih jujur di bandingkan ujian yang menggunakan kertas. Namun menurut saya kejujuran pelaksanaan ujian nasional tidak hanya karena menggunakan komputer karena kejujuran itu timbul dari siswa sendiri. Akan banyak cara yang dilakukan oleh siswa untuk tidak jujur walaupun ujian berbasis komputer. Bisa saja terjadi kecurangan-kecurangan dalam pelaksanaan di lihat dari penyebaran soal ujian nasional yang menggunakan komputer soal-soal di simpan dalam flashdiks yang menurut saya jika sekolah tertentu memiliki ambisi untuk semua siswanya lulus 100% bisa saja membocorkan soal-soal tersebut dengan cara mengcoppy pastekan.
Kecurangan itu akan sangat besar peluangnya karena soal hanya di simpan di dalam flashdiks dan dapat di coppy dengan banyak tanpa meninggalkan jejak. Pemerintah seharusnya lebih melihat ke lapangan bagaimana proses belajar serta proses pelaksanaan ujian karena dengan hal itu pemerintah dapat mengevaluasi bagaimana pelaksanaan ujian nasional akan berjalan dengan penuh kejujuran.
Jika pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer memiliki alasan agar siswa dapat jujur menurut saya itu tidak masuk akal. Karena siswa dapat jujur jika lingkungan serta guru mampu menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa. Karena dengan menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa, siswa akan percaya diri mampu menjawab soal-soal ujian nasional dengan jujur. Selain dengan menumbuhkan rasa percaya diri siswapun harus mendapat dukungan penuh dari guru dan lingkungannya seperti keluarga,sekolah, dan teman-temannya dengan hal itu siswa akan terpacu semangat agar mengerjakan ujian secara jujur. Selain itu apabila pemerintah mengatakan bahwa pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer akan menghemat biaya menurut saya sama saja karena dalam pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer sekolah harus mengeluarkan biaya yang lebih untuk membayar listrik sama saja dengan penggunaan kertas dalam pelaksanaan ujian nasional.
Anggaran biaya ujian nasional tidak hemat di sebabkan oleh pemerintah sendiri yang tidak mampu mengkoordinir dengan baik untuk mencari percetakan yang dapat bekerja sama dengan baik. Karena pemerintah pusat sudah menuliskan anggaran untuk pelaksanaan ujian nasional. Karena sudah di tentukan anggaran yang akan diguanakan seharusnya kementrian pendidikan sudah dapat memiliki rincian-rincian pengeluaran yang akan di gunakan dalam pelaksanaan ujian nasional dengan memiliki rincian-rincian tersebut maka pengeluaran keuangan bisa saja tidak melebihi anggaran yang sudah di tentukan oleh pemerintah.Â
Â
Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H