Mohon tunggu...
Nur Alam Ali
Nur Alam Ali Mohon Tunggu... Editor - Literasi atau Mati Informasi

Hiduplah seperti orang hidup

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Fiksi Legenda Dukuh Canting

29 September 2021   14:08 Diperbarui: 29 September 2021   15:59 381
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada jaman dahulu kala hidup dua bersaudara yang bernama Ki Dalimah dan Ki Canting mereka mempunyai kesaktian yang luar biasa bhakan keduanya bisa merubah bentuk apapun yang mereka kehendaki, bisa berjalan diatas air dan bisa memanggil hujan, suatu saat terjadi pertengkaran antara Ki Dalimah dan Ki Canting merebutkan suatu wilayah. salah satu tempat yang paling keramat dan penting bagi keduanya, karena di situlah adalah tempat pertamakali mereka belajar ilmu pengetahuan dan ilmu kanuragan.

Semenjak gurunya meninggal tempat itu menjadi tempat yang tak terurus dan tidak bertuan ditumbuhi rumput liar dan bangunan yang terbekalai, akhirnya Ki Dalimah dan Ki Canting  merapikan dan menata tempat itu sehingga menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh masyrakat dan menjadi tepat pendidikan, perekonomian dan tempat paling dikagumi atas keindahan alamnya dan menjadi satu-satunya tempat paling keramat karena disitu adalah tempat yang pernah disinggahi orang yang sakti dan bijaksanah yaitu guru dari Keduanya (Ki Jepet).

Setelah tempat itu menjadi pemukiman Ki Canting yang merasa lebih berhak memiliki wilayah tersebut akhirnya meminta wilayah dari Kakaknya yaitu Ki Dalimah karena tidak dibolehkan akhirnya mereka sepakat untuk berkelahi sebagai kesatria siapa yang bisa bertahan hidup dia lah yang boleh menduduki wilayah tersebut. 

Mereka berkelahi di atas pohon, di atas air dan di dalam tanah yang mengherankan tidak ada satu orang pun yang tahu peristiwa itu, padahal terjadi perkelahian itu tujuh hari tujuh malam (Gelut Sedulur) yang mengakibatkan Ki Canting meninggal tapi bukan karena di bunuh Ki Dalimah tapi mati karena kelelahan tidak makan dan tidak minum selama tujuh hari, Ki Dalimah pun menyesali peristiwa itu demi menghormati meninggalnya adiknya akhirnya Ki Dalimah memberikan nama wilayah tersebut dengan sebutan Lemah Canting (tanah Canting) sebagai penghormatan terakhirnya yang kemudian hari disebut dengan nama Dukuh Canting.

Cerita ini dikarang oleh Alam Nuyah sebagai bentuk penghormatan atau penghargaan kepada beberapa masyarakat yang masih mempertahankan atau mempertentangkan Dukuh Dalimah atau Dukuh Canting sebagai perdukuhan yang resmi. Dukuh Canting sendiri adalah pedukuhan yang berada di Desa Klampok Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun