Mohon tunggu...
Nur Cahyo
Nur Cahyo Mohon Tunggu... Pengacara - Pengacara

Pop Art Your Life

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Perjalanan Panjang Sepeda Motor Honda Meng-aspal di Indonesia

27 Oktober 2023   14:29 Diperbarui: 27 Oktober 2023   14:33 1524
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Setiap saya berkendara dengan sepeda motor dan berhenti di lampu lalu lintas, tengok kanan tengok kiri, pasti terlihat sepeda motor berlogo sayap merah alias sepeda motor besutan Astra Honda Motor. Mulai dari Honda BeAT, Scoopy, Vario atau PCX pasti terselip di antara lajunya sepeda motor yang menjelajah aspal-aspal Indonesia. Apalagi Oktober 2023 ini PT Astra Honda Motor juga eksis di ajang MotoGP yang digelar di Mandalika Lombok, yang makin membuat para fans berat sepeda motor berlogo sayap merah makin merasa "Satu Hati" dengan tunggangan kesayangannya.  

Slogan "One Heart" dan "Satu Hati' yang terpasang di racing suit dan sepeda motor para pembalap dunia membuat saya merasakan chemistry "One Heart" antara Honda RC213V dengan Marc Marquez. Chemistry "One Heart" yang sama juga saya rasakan dengan tunggangan saya yaitu Honda PCX. Astra Honda Motor atau sering disingkat AHM ini cukup mumpuni membangun ikatan yang kuat antara pengguna sepeda motor dengan tunggangannya, dengan slogan "Satu Hati" ini.

Sebagai biker's yang menua bersama sepeda motor Honda, saya merasakan tahun demi tahun bersama sepeda motor Honda produksi Astra Honda Motor ini. Ayah saya saat muda di tahun 1970an memercayakan CB100 warna merah 99cc untuk kuliah dan bekerja. Sayangnya CB100 itu harus dijual untuk membiayai kelahiran saya. Saat kuliah pun saya membesut Honda Tiger 2000 dengan kapasitas mesin 200 cc, yang cukup mumpuni melibas aspal Jakarta-Bandung untuk kuliah dan dilanjutkan dengan kerja yang membutuhkan mobilitas tinggi dengan sepeda motor.

Kiprah PT Astra Honda Motor meng-aApa dulu gempanya di laut yg jauh ya? Lupa jg gueMotor serta beberapa anak perusahaan merger dan membentuk perusahaan bernama PT Astra Honda Motor, dengan porsi saham 50% PT Astra International Tbk serta 50% Honda Motor Co. Japan. Setelah merger, tarikan gas AHM semakin kencang. Berbagai tipe sepeda motor mulai menggebrak pasar Indonesia. Tiga tahun kemudian, pabrik sepeda motor Honda yang semula hanya di Sunter Jakarta Utara dan Pegangsaan Dua Kelapa Gading Jakarta Utara bertambah dengan dibangunnya pabrik ketiga yaitu di MM2100 Cikarang Bekasi. Bertambahnya pabrik AHM ini membuat Astra Honda Motor semakin garang tancap gas dengan produksi 3 juta unit per tahun.

Pada suatu kesempatan saya berkunjung ke pabrik AHM di MM2100 Cikarang Bekasi, sepanjang plant tour terlihat karyawan-karyawan AHM menggunakan seragam atasan dan celana kerja putih, Warna yang kontras dengan pabrik otomotif yang biasanya kotor dan terkadang risiko terkena cipratan oli, layaknya di bengkel sepeda motor pinggir jalan. Ternyata warna seragam putih ini memiliki makna sendiri bagi AHM, yaitu seluruh proses kerja dilaksanakan dengan mengutamakan kebersihan dan ini tecermin dalam seragam kerjanya. Proses kerja yang bersih akan menghasilkan produk yang presisi. Lingkungan pabrik juga terlihat mengedepankan K3 (Keselamatan, Kebersihan dan Keamanan) kerja bagi karyawan serta pengunjung pabrik. Peralatan kerja pabrik juga menggunakan teknologi produksi sepeda motor kualitas paling terkini.

Astra Honda Motor juga pernah membuat heboh masyarakat pencinta sepeda motor yang sudah jenuh dengan tipe motor bebek yang "itu-itu" saja. Pada tahun 2010, AHM mengeluarkan tipe Scoopy, sepeda motor 110 cc dengan tampilan retro classic, yang langsung direspon baik oleh pasar Indonesia. Tampilan retro classic ditambah dengan warna yang tidak hanya hitam saja, yaitu paduan putih krem atau bahkan putih merah muda, membuatnya menjadi trend setter di kalangan anak muda.

Untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar sepeda motor, PT Astra Honda Motor pada tahun 2010 memperkenalkan "One Heart" atau "Satu Hati" sebagai filosofi perusahaan, yang mencerminkan hubungan mendalam antara pengendara dan sepeda motornya. Filosofi ini menurut saya "gue banget" karena saya memang merasakan chemistry "One Heart" antara saya dengan sepeda motor PCX tunggangan saya. Slogan ini juga terpasang dengan gagah di racing suit para pembalap kelas dunia seperti Marc Marquez. Hampir tidak percaya ketika melihat MotoGP dengan tulisan "Satu Hati" tertempel di racing suit dan sepeda motor tempur para pembalap kelas dunia. Bangga rasanya AHM sebagai perusahaan Indonesia bisa turut muncul di ajang bergengsi balap kelas dunia.  

Inovasi AHM tidak berhenti pada slogan saja, secara teknologi juga PT Astra Honda Motor juga banyak menelurkan inovasi. Pada tahun 2011 AHM melaksanakan penerapan teknologi fuel injection (PGM-FI) pada seluruh sepeda motor Honda secara bertahap. Secara konsisten AHM hanya memproduksi dan memasarkan sepeda motor dengan teknologi injeksi.

Tarikan gas AHM di industry sepeda motor semakin membuat kompetitor ketar-ketir. Pada tahun 2014 pabrik keempat AHM diresmikan di Karawang. Pabrik dengan teknologi terdepan ini meningkatkan kapasitas produksi PT Astra Honda Motor menjadi 5,5 juta unit per tahun, yang dicatatkan pada tahun 2015. Prestasi membanggakan di tahun yang sama dicatatkan AHM dengan produksi unit sepeda motor ke 50 juta. Hal ini membanggakan bagi industri sepeda motor di tingkat ASEAN, lebih membanggakan lagi karena prestasi ini diraih Indonesia.

Tahun 2015 sepertinya merupakan tahun inovasi bagi AHM. Selain prestasi produksi unit ke 50 juta, PT Astra Honda Motor memberanikan dulu untuk masuk ke segmen big bike Honda kategori premium. Terhitung 6 model big bike diluncurkan, yaitu CBR1000RR dan Honda NM4 Vultus yang diimpor secara CBU dari Jepang, serta CBR650F, CB500F, Honda CB500X yang diimpor CBU dari Thailand. Inovasi AHM rupanya tidak tertahankan, PT Astra Honda Motor melakukan ekspor perdana Honda BeAT ke Filipina di tahun 2015 juga. Saat ini juga sudah merambah ke Asia hingga Amerika.

Inovasi-inovasi pada teknologi sepeda motor pastinya terus berkembang, AHM menyadari generasi-generasi muda Indonesia dapat menelurkan inovasi yang lebih maju lagi. PT Astra Honda Motor melakukan kerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan membuat Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dengan konsep pengajaran yaitu Teaching Factory (TEFA). Total saat ini 705 SMK binaan AHM yang tersebar di 36 provinsi di wilayah Indonesia. Melihat kepedulian AHM terhadap generasi muda dan Angkatan kerja di Indonesia semakin membuat saya "Satu Hati" dengan Astra Honda Motor.

Sambil mencuci PCX hitam sepeda motor tempur harian, saya rapikan dan poles kembali stiker "Satu Hati" yang tertempel di bodi sepeda motor, Honda bagi saya buat hanya sekadar sepeda motor legenda sejak tahun 1970an, namun lebih dari itu. AHM mampu membuat konsumennya "Satu Hati" dengan inovasi dan kepeduliannya terhadap generasi muda angkatan kerja dan perkembangan teknologi sepeda motor di Indonesia.

           

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun