Prodi              : Manajemen Pendidikan
Mata Kuliah        : Manajemen Berbasis Sekolah & Networking Pendidikan
Dosen Pengampu    :  Dr. LILI NURLAILI M.Ed.
Artikel Manajemen Pendidikan
Tentang :
" Mewujudkan Otonomi Dan Partisipasi Dalam Pendidikan"
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah pendekatan dalam pengelolaan sekolah yang memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah untuk merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi proses pendidikan. Melalui MBS, sekolah diberikan wewenang untuk membuat keputusan dalam aspek-aspek kunci seperti kurikulum, alokasi anggaran, pengelolaan sumber daya manusia, dan pengembangan program pendidikan.
Pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dengan melibatkan partisipasi aktif dari semua pemangku kepentingan, termasuk guru, siswa, orang tua, dan masyarakat sekitar.
1. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
MBS bertujuan untuk mendesentralisasi pengelolaan sekolah dari tingkat pusat ke tingkat sekolah, sehingga memungkinkan adanya fleksibilitas dalam merespon kebutuhan lokal. Dalam sistem MBS, kepala sekolah dan dewan sekolah memiliki peran yang lebih signifikan dalam pengambilan keputusan, termasuk dalam aspek-aspek operasional seperti:
- Pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa serta lingkungan.
- Pengelolaan anggaran sekolah yang lebih mandiri, dengan memperhatikan prioritas kebutuhan sekolah.
- Pengelolaan sumber daya manusia, terutama dalam hal pengembangan profesional guru dan staf pendidikan lainnya.
Penilaian dan evaluasi kinerja sekolah yang lebih terfokus pada hasil dan dampak dari proses pembelajaran.