Pembelajaran bahasa Inggris sering menjadi tantangan besar bagi siswa tunarungu karena keterbatasan media pembelajaran yang mendukung cara mereka memahami bahasa secara visual. BAR Series hadir untuk menjawab tantangan tersebut dengan pendekatan teknologi AR, yang tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik, tetapi juga lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep.
BAR series merupakan kombinasi Buku Bilingual dan Kartu Kosakata Terintegrasi Teknologi Augmented Reality untuk Mendukung Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Tunarungu.
BAR series dibuat dengan menggunakan canva dan platform AR Web WorldCAST. Melalui Canva, teks deskriptif bilingual sederhana dibuat ke dalam format buku dan kartu kosakata dengan desain dan warna menarik.
Objek AR 3D dan bahasa isyarat terkait objek kemudian diintegrasikan melalui platform WorldCAST. Dalam hal ini, objek yang telah dibuat dengan paint 3D dan diunggah ke sketchfab kemudian dipanggil melalui sebuah marker melalui WorldCAST.
Media ini bertujuan membantu siswa tunarungu mempelajari bahasa Inggris dengan pendekatan interaktif, visual, dan menyenangkan. Kombinasi buku berbahasa ganda dan kartu kosakata yang divisualisasikan secara digital memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan kontekstual.
BAR Series merupakan hasil praktik baik yang dibuat dengan latar belakang adanya kesulitan peserta didik tunarungu dalam memahami kosakata abstrak serta berbagai objek yang belum ditemui atau diketahui.
BAR series dikembangkan dengan memanfaatkan akun belajar id dan fasilitas yang tersedia di sekolah. Hampir tidak ada pembiayaan yang dikeluarkan dalam pembuatannya. Dengan pengalaman di bidang pendidikan khusus, saya berupaya menghadirkan inovasi untuk memecahkan tantangan dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi siswa yang mengalami kesulitan pendengaran.
Melalui BAR Series siswa diharapkan mengalami pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Mereka dapat mengamati langsung ojek AR 3D saat membahas objek atau teks yang tertera dalam buku.
Dalam implementasinya, guru juga melaksanakan diferensiasi pembelajaran. Setelah selesai membahas, mengamati objek dan mendiskusikannya bersama, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memilih objek yang diminati untuk dianalisis lebih lanjut.
Peserta didik dengan minat/ketertarikan yang sama dapat mengamati objek AR 3D bersama. Dalam prosesnya mereka dapat saling berbagi pendapat dan berdiskusi mengenai objek yang diamati. Hal tersebut tentu saja menumbuhkan kemampuan kolaborasi dan interaksi nyaÂ
Walau peserta didik memiliki kesempatan untuk memilih objek serta berdiskusi bersama. Mereka memiliki kewajiban untuk mengisi Lembar Kerja secara mandiri.Â
Evaluasi diberikan sesuai dengan objek yang diamati dan kondisi atau kebutuhan belajar peserta didik. Peserta didik pure tunarungu dengan peserta didik tunarungu dengan hambatan intelektual ringan tentu saja diberikan lembar evaluasi berbeda.
Peserta didik dapat memanfaatkan buku bilingual dan kartu kosakata dengan memindainya menggunakan perangkat mobile yang mendukung AR. Setiap kartu kosakata akan memunculkan objek 3D yang interaktif serta video bahasa isyarat berkaitan dengan objek.1
Penggunaan dua bahasa (bilingual) juga membantu siswa memahami konteks lebih luas dan membantu transisi antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.iswa memvisualisasikan kata yang dipelajari. Selain itu, aplikasi AR dilengkapi dengan fitur audio-visual yang memungkinkan siswa membaca teks bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, serta melihat interpretasi visual dari kosakata tersebut.
Pendekatan ini memadukan teknik multisensori yang cocok untuk anak-anak tunarungu, membuat belajar bahasa menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.
Dengan adanya BAR Series, siswa tunarungu dapat merasakan pengalaman belajar yang lebih inklusif dan menyenangkan, membantu mereka mencapai pemahaman bahasa Inggris secara lebih baik dan meningkatkan keterampilan komunikasi mereka.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H