kuis cepat tepat yang saya lontarkan.
Tot-tot, ckrukukuk-ckrukuk, ping-pong-ping-pong dan gong-ging-gong membahana di ruang kelas takala siswa akan menjawab pertanyaan dariSuasana riuh dan antusias itu ditunjukan siswa pada pembelajaran IPS materi letak dan sejarah berdirinya ASEAN di kelas VIIIB.
Hal itu saya lakukan untuk menguji pemahaman siswa tentang materi letak dan sejarah berdirinya ASEAN.
Selain untuk menguji pemahaman siswa tentang materi ASEAN yang telah dipelajari siswa, kegiatan itu dilakukan untuk merangsang siswa agar antusias dalam mengikuti pembelajaran IPS.
Karena menurut saya materi ASEAN banyak terdapat materi yang sifatnya menghafal, mulai dari singkatan, tahun berdiri, negara-negara anggota ASEAN atau letak ASEAN.
Bila hal itu saya sampaikan secara konvensional, maka pembelajaran akan terasa monoton dan tidak berkembang karena tidak adanya antusias siswa dalam mempelajari materi ASEAN.
Oleh karena itu, sebelum melakukan kuis cepat tepat, pada pertemuan sebelumnya saya mengajak siswa ke perpustakaan.
Agar siswa dapat mencari lebih banyak informasi tentang ASEAN dengan pertanyaan pemandu yang saya berikan kepada siswa.
Maka setelah siswa mendapat banyak informasi, selanjutnya saya ingin menguji pemahaman tersebut dengan melakukan kuis cepat tepat kepada siswa.
Langkah-langkah Bermain Kuis Cepat Tepat
Itu saya lakukan dengan cara mengelompokan siswa sesuai lajur kursinya yang berjumlah 5 lajur dan masing-masing lajur kursi terdiri dari 5 dan 6 orang siswa dengan kemampuan yang bervariasi.