Minggu ini sungguh sangat menguras pikiran, selain harus menyiapkan jadwal baru untuk pembelajaran siswa pada semester gasal atau satu ini.Â
Juga harus belajar secara mandiri tentang tata cara implementasi kurikulum merdeka.
Ya, karena di awal semester gasal tahun 2023 ini, sekolah kami sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka bagi kelas 7.
Sehingga jadwalnya pun juga harus disesuaikan, karena berbeda dengan jadwal pada kurikulum 2013 pada semester lalu.
Pada jadwal kurikulum merdeka, jadwalnya perlu disisipi implementasi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).
Dimana dalam pelaksanaanya dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu perjam, per hari dan per periode.
Per jam dimana guru memberikan alokasi waktu 1-2 jam untuk siswa melakukan eksplorasi lingkungan sekolah sebelum akhir pelajaran sesuai dengan tema yang dipih tanpa harus melibatkan guru lainnya.
Per hari mengalokasikan waktu dalam satu minggu untuk melakukan projek, dalam alokasi per hari tersebut, guru harus berkoordinasi dengan guru lain untuk menyiapkan projek sesuai tema yang ditentukan.
Per periode dimana guru bisa melakukan aksi kegiatan P5 dalam periode tertentu, misal setelah semester atau ketika jeda kelas (class miting) untuk membuat projek sekaligus menampilkam projek dengan berkoloborasi antar siswa dan guru.
Namun selain jadwal, yang penting dan juga perlu disiapkan dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah adalah administrasi guru.
Ya, dalam mengarungi implementasi kurikulum 2013, guru juga harus menyiapkan administrasi yang sesuai dengan kurikulum merdeka, lalu apa saja adminitrasi tersebut?.
1. Prota
Prota adalah rancangan alokasi waktu yang guru buat dalam satu tahun untuk menentukan ketercapaian Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran yang akan di lakukan.
2. Promes
Promes adalah program yang dibuat guru untuk menentapkan garis besar ketercapaian materi dalam satu semester, sehingga siswa dalam satu semester diharapkan mampu menguasai sikap, pengetahuan dan keterampilan tertentu.
3. Jadwal pelajaran
Jadwal pelajaran penting dimiliki guru untuk mengatur alokasi waktu dalam pembelajaran yang akan dilakukan, pada kurikukum merdeka jadwal pelajaran guru dapat dibuat per jam, per hari atau per periode sesuai kesepakatan dewan guru di sekolah.
4. Capaian Pembelajaran (CP)
Merupakan target atau capaian yang harus dikuasai peserta didik berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan pada setiap tahap perkembangan pada mata pelajaran, pada kurikulum 2013 Capaian Pembelajaran (CP) juga disebut dengan Kompetensi Inti (KI).
5. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan serangkaian tujuan pembelajaran yang digunakan untuk menjabarkan lebih rinci terhadap Capaian Pembelajaran (CP) yang telah dibuat, pada kurikulum 2013 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dapat disebut  Kompetensi Dasar (KD).
6. Modul Ajar
Modul ajar Merupakan suatu rancangan pembelajaran yang merunut detail proses pembelajaran dari awal hingga akhir yang disesuaikan dengan perkembangan peserta didik, pada kurikulum 2013 Modul Ajar dapat disebut dengan Rencana Rancangan Pembelajaran (RPP).
7. Buku Ajar
Buku ajar merupakan seperangkat sumber ajar (belajar) Â yang digunakan siswa dan guru dalam mempelajari suatu materi dalam rangka mencapai Capaian Pembelajaran (CP) yang telah disusun.
Melalui kesiapan guru dalam menyongsong implementasi kurikulum merdeka di sekolah.
Diharapkan dalam pelaksanaanya akan mampu memberikan perubahan pada pola belajar di kelas yang pada muaranya mampu membentuk karakter profil pelajar pancasila pada diri peserta didik dan membentuk sumber daya manusia Indonesia yang uanggul.Â
Amin
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H