Mohon tunggu...
Anugrah Akbar
Anugrah Akbar Mohon Tunggu... Freelancer - PROFIL

BIO

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lagu dan Gerak sebagai Media Pembelajaran Anak

7 Februari 2020   09:06 Diperbarui: 7 Februari 2020   09:18 4021
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

I0419016 Anugrah Akbar, Penulis, Mahasiswa Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret

Pendidikan merupakan kebutuhan bagi seluruh manusia. Begitu juga dengan anak usia dini.Orang tua dan guru Pendidikan Anak usia dini merupakan kunci untuk tumbuh dan kembangnya anak serta menentukan kualitas individu, karakter, dan struktur sosial anak dimasa depan anak. Karena anak merupakan tanggung jawab anak untuk menjadikannya individu yang berkualitas dan merupakan orang pertama yang berinteraksi memberikan pendidikan dasar bagi anak. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan dan pengalaman mengenai tata cara dan metode yang tepat untuk mendidik anak usia dini.

Metode dan cara yang dilakukan untuk mendidik anak usia dini harus dilakukan dengan cara dan metode yang tepat sesuai dengan daya tangkap anak. Yaitu dengan hal-hal yang menarik dan menyenangkan bagi anak sehingga anak dapat menangkap pembelajaran yang diberikan oleh guru yang dapat bermanfaat baginya dimasa yang akan datang untuk membentuk individu anak yang berkualitas. Cara yang digunakan juga harus mengandung hal-hal yang positif tanpa mengurangi kesenangan anak. Oleh karena itu dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman untuk mendidik anak usia dini agar cara yang dilakukan tepat.

Pembelajaran PAUD harus mencakup berbagai aspek pengembangan, mulai dari Nilai Agama Moral, sosial emosional, kognitif, fisik motorik, bahasa, dan seni. Aspek- aspek tersebut harus seluruhnya dimuat  dalam pembelajaran anak dan anak juga harus mampu untuk menangkap nilai-nilai positif tersebut yang berguna untuk masa depannya. Salah satu metode yang dilakukan yaitu dengan media lagu dan gerak.

Pembelajaran gerak dan lagu adalah bernyanyi dan latihan gerak tubuh yang sangat berhubungan erat,karena irama lagu dapat mempengaruhi dan mengendalikan pusat syaraf. Sehingga cara belajar yang baik bagi anak adalah melalui lagu dan gerakannya. Pembelajaran melalui gerak dan lagu yang dilakukan sambil bermain akan membantu anak untuk lebih mengembangkan kecerdasannya tidak hanya pada aspek pengembangan seni, bahasa dan fisiknya saja tetapi juga pada pengembangan emosional dan kognitif anak (Frigyes Sandor,1975 : 4) [1].

Penggunaan lagu anak-anak dalam dunia pendidikan anak usia dini (PAUD) sudah sangat umum dilakukan di berbagai negara. Penggunaan lagu tersebut tentu tidak lepas dari fungsi penting lagu dalam mengembangkan kecerdasan anak pada masa tumbuh kembangnya. Studi yang dilakukan Portowitz dan Klein (2007) menjelaskan bagaimana program musik di kelas PAUD mampu memperbaiki proses perkembangan kognitif anakanak, bahkan pada anak-anak dengan kesulitan belajar [2].

Dalam jurnal yang dimuat di jurnal UNS dilakukan penelitian yang dilakukan oleh Warananingtyas Palupi 1), Ruli Hafidah 2), Karsono3) dari Jurusan PG-PAUD, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta dalam jurnal berjudul SONG AND MOVEMENT AS MEDIA OF EARLY CHILDHOOD LANGUAGE DEVELOPMENT para peneliti meneliti pembelajaran di PAUD di Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Berdasarkan pengamatan pembelajaran di PAUD di Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo, metode lagu dan gerak (song and movement) merupakan metode pembelajaran yang paling sering digunakan dalam pembelajaran.

Dalam penelitiannya yang dimuat di jurnal UNS    para peneliti dari   Jurusan PG-PAUD, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta dalam jurnal berjudul SONG AND MOVEMENT AS MEDIA OF EARLY CHILDHOOD LANGUAGE DEVELOPMENT menyimpulkan bahwa Anak-anak usia dini pada dasarnyamenyukai kegiatan menyanyi dan bergerak. Oleh karena itu, pembelajaran di PAUD juga menggunakan nyanyian/lagu dan gerakan untuk membelajarkan anak berbagai hal. Gerak dan lagu yang diterapkan dalam pembelajaran di PAUD ternyata memiliki banyak manfaat bagi anak. Berbagai kecerdasan anak melalui gerak dan lagu juga ditingkatkan.

Salah satunya untuk mengembangkan kecerdasan lingustik anak. Dengan kata lain, gerak dan lagu dapat digunakanebagai media pengembangan bahasa anak, yaitu bahasa lisan anak. Dalam gerak dan lagu, anak belajar mengembangkan kemampuan berbahasa reseptif dan ekspresif sekaligus. Sehingga kemampuan dan kreativitas serta inovasi guru dituntut untuk bisa menciptakan berbagai gerak dan lagu dalam membelajarkan berbagai hal kepada anak.

Maka dapat disimpulkan dari penelitian bahwa dalam mendidik anak usia dini harus dilakukan dengan tepat agar anak dapat menangkap hal-hal positif yang akan bermanfaat untuk anak dimasa depannya. Salah satu nya yaitu dengan metode lagu dan gerak yang bermanfaat untuk anak diberbagai aspek. Salah satunya dalam hal melatih bahasa dan lisan anak agar menjadi manusia yang berkualitas.

Sekian dan terimakasih kepada para peneliti.

SUMBER : Warananingtyas, Palupi, dkk. (2019).  SONG AND MOVEMENT AS MEDIA OF EARLY CHILDHOOD LANGUAGE DEVELOPMENT. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun