Mohon tunggu...
Nuha Wachidaa
Nuha Wachidaa Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Pembelajar

Prestasi adalah sebuah proses

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Anak Berbuat Salah, Haruskah Dihukum?

11 Maret 2020   12:42 Diperbarui: 11 Maret 2020   12:45 606
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: www.dokter.id

Sudah sering kita mendengar tentang hukuman yang diberikan seseorang kepada orang lain yang melakukan perilaku negatif dengan hukuman semena-mena. Baik itu dilakukan oleh orang tua kepada anaknya, guru kepada muridnya, maupun hukuman yang dilakukan masyarakat kepada orang lain yang melakukan kesalahan tanpa menggunakan prosedur yang jelas.

Seolah perilaku menghukum sudah melekat dalam diri, ketika melihat anak melakukan kesalahan, lantas kemudian menghukumnya. Padahal belum diketahui apa latar belakang seseorang melakukan perilaku negatif tersebut, apa yang sebenarnya terjadi, apa saja yang telah dilakukannya, bagaimana dampak dari perilakunya, dan sebagainya.

Kita terbiasa bertindak gegabah, mengambil keputusan tanpa berpikir panjang terhadap akibat yang akan ditimbulkan nantinya, baik itu kepada diri sendiri maupun orang lain. Pemberian hukuman yang asal-asalan bisa berujung ke dalam tindak kekerasan dan hal tersebut dapat melukai fisik serta mental anak karena tidak memiliki ukuran dan batasan jelas dalam pemberian hukumannya.

Hukuman hanya merupakan alat yang digunakan untuk mengurangi perilaku negatif yang dilakukan oleh anak.

Namun, hukuman bukan merupakan satu-satunya cara yang dapat dilakukan oleh orang tua maupun guru dalam mengurangi perilaku negatif. Masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendidik anak, mengurangi perilaku negatifnya, bahkan menghilangkan perilaku negatif tersebut.

Meskipun begitu, pemberian hukuman kepada anak dalam dunia pendidikan diperbolehkan, bahkan dalam beberapa kasus hal tersebut sangat dianjurkan, tetapi harus memerhatikan prinsip-prinsipnya. Hukuman berorientasi terhadap perilaku negatif anak yang tampak, bukan pada yang tidak tampak. Oleh karena itu, pemberian hukuman dilakukan untuk mengurangi perilaku negatif yang memang terlihat, dapat direkam, diukur, dan evaluasi serta fokus pada perilaku yang ingin diubah.

Selanjutnya, hukuman dilakukan untuk memberikan rasa tidak nyaman bagi anak setelah melakukan perilaku negatif. Hal tersebut merupakan konsekuensi yang diterima oleh anak atas hal yang telah dilakukan, sehingga anak tidak akan mengulangi perilaku yang sama.

Hukuman hendaknya tidak menimbulkan kekerasan fisik dan psikis pada anak. Jika hal tersebut terjadi, maka akan berakibat juga ketika sang anak dewasa. Anak akan cenderung melakukan hal sama kepada orang lain yang melakukan perilaku negatif. Hukuman hendaknya dijadikan sebagai upaya pendidikan bagi anak untuk mempelajari dan memahami hal-hal yang telah dilakukannya serta dampaknya bagi diri sendiri maupun orang lain. Dengan begitu, anak akan secara sadar memahami perilakunya dan tidak akan mengulangi perilaku yang sama.

Cara yang salah dalam menghukum anak dapat menimbulkan risiko-risiko negatif, di antaranya reaksi emosi negatif yang muncul dalam diri anak. ia akan memiliki rasa benci bahkan dendam kepada si pemberi hukuman, karena anak merasa tidak dihargai, direndahkan, dan tidak dimanusiakan. Hal tersebut bukan menyelesaikan masalah, tetapi menambah masalah baru yang lebih besar.

Selanjutnya, si penghukum akan kecanduan untuk menghukum. Jika guru atau orang tua menggunakan hukuman sebagai cara mendidik anak untuk mengurangi perilaku negatif yang dilakukan, maka pada hal yang lain, ia juga akan melakukan cara yang sama.

Upaya pemberian hukuman harus menggunakan prosedur yang tepat agar tidak menimbulkan kekerasan fisik dan mengganggu psikologis anak. Berikut prosedur pemberian hukuman yang tepat.

Pertama, harus terjadi kesepakatan antara si penghukum, baik orang tua atau guru dengan anak. hal tersebut dilakukan agar nantinya antara kedua belah pihak memiliki persepsi yang sama terhadap proses menghukum.

Kedua, jenis hukuman yang diberikan harus jelas, sehingga anak dapat memahami dengan baik konsekuensi kesalahan yang dilakukan.

Ketiga, hukuman yang dijalankan harus dapat diukur sejauh mana efektifitas dan tingkat keberhasilannya. Dengan begitu dapat dievalusi dan ditindaklanjuti kembali apabila belum menghasilkan perilaku yang diinginkan.

Keempat, hukuman harus segera diberikan sesuai konsekuensi apabila anak melakukan perilaku negatif

Hal-hal di atas jika dilakukan dengan tepat serta berasaskan kemanusiaan, maka perilaku negatif pada anak akan berubah. Sejatinya tidak ada perilaku yang tidak bisa diubah, karena perilaku terjadi atas hasil belajar dan pengamatan dari orang lain. Menghukum itu boleh, tetapi memanusiakan manusia adalah keharusan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun