Mohon tunggu...
Sam Nugroho
Sam Nugroho Mohon Tunggu... Freelancer - Notulis, typist, penulis konten, blogger

Simple Life Simple Problem

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

JNE Kembali Meraih Penghargaan Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023

30 Mei 2023   23:38 Diperbarui: 30 Mei 2023   23:42 692
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tanpa terasa JNE telah menginjak usianya yang ke-33 tahun ini. Sungguh merupakan kado terindah bagi perusahaan logistik yang telah lama memberikan layanan terbaik dan dedikasi penuh khususnya dalam jasa kirim antar barang kebanggaan tanah air. 

Belum genap pada perayaan puncak hari jadinya pada bulan November nanti, JNE telah lebih dulu menorehkan prestasi dengan kembali masuk ke dalam daftar 300 brand yang direkomendasikan pelanggan Indonesia dan berhasil memboyong penghargaan Gold Champion Indonesia dalam ajang WOW Brand Festive Day 2023 yang diselenggarakan oleh Markplus Inc. untuk kategori courier service.

Melalui salah satu divisinya yaitu MarkPlus Insight, yang telah menyelenggarakan survei Indonesia WOW Brand 2023 terhadap 6.584 responden di beberapa kota besar di Indonesia. Survei ini mengacu kepada konsep WOW Marketing yang mengadopsi konsep pemasaran Prof. Philip Kotler, Bapaknya Marketing Modern. Berdasarkan hasil survei tersebut terpilih brand-brand terbaik dari seluruh Indonesia dan bersyukur dipercaya mendapatkan predikat sebagai Indonesia WOW BRAND 2023.

Branding tahun ini sendiri hadir semakin kompetitif dengan fokus pada pasar Gen Z yang menantang. Pasalnya, konsumen Gen Z menunjukkan pola perilaku yang kritis, terbuka, dan emosional. Dengan demikian, hal itu mendorong merek-merek di Indonesia untuk tidak hanya menghasilkan iklan yang menarik secara visual, tetapi juga memberikan nilai dan dampak yang signifikan bagi konsumen.

Di jaman kiwari khususnya dalam era konektivitas seperti saat ini, ternyata perilaku pelanggan telah bergeser dari proses pengambilan keputusan yang dipengaruhi diri sendiri ke proses pengambilan keputusan yang dipengaruhi secara sosial. 

Oleh sebab itu, JNE diberikan anugerah kembali menjadi juara karena menerapkan WOW Marketing berdasarkan skor rasio advokasi merek dan tingkat awareness (kepercayaan) tertinggi dari merek - merek lain pada industri yang sejenis. Penghargaan diberikan langsung oleh Bapak Jacky Mussry sebagai Chief Executive Officer MarkPlus, Inc. yang selanjutnya diterima oleh Bapak Kurnia Nugraha, selaku Head of Media Relation JNE Express di Hotel The Westin, Jakarta pada Kamis (11/5).

Pada saat yang bersamaan untuk kedelapan kalinya MarkPlus, Inc. mengadakan konferensi pemasaran terbesar bagi para brand enthusiast, yang merupakan pestanya orang brand di Indonesia yang bertemakan, Branding for the Game Changer, dalam acara WOW Brand Festive Day

Event ini merupakan sebuah festival pemasaran terbesar bagi para brand enthusiast di Indonesia yang dihadiri sekitar 400 brand enthusiast dari lebih 300 brand terbaik Indonesia dan diisi oleh para pembicara brand expert yang memaparkan konsep brand terkini. Dalam kesempatan ini juga JNE memberikan pemaparan mengenai “Boost Affinity by Brand Collaboration” yang selama ini dilakukan oleh JNE dalam mendukung strategi kolaborasi yang dilakukan oleh JNE dan dibawakan oleh Bapak Kurnia Nugraha. 

dok. JNE
dok. JNE

Bapak Kurnia Nugraha selaku Head of Media Relation JNE mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan istimewa ini. Beliau mewakili seluruh karyawan dan manajemen JNE, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada MarkPlus, Inc. dan MarkPlus Insight atas penghargaan Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023 dalam kategori Courier Service.

Hal ini tak lepas dari komitmen JNE sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional, untuk berkontribusi secara nyata selama 33 tahun terhadap kemajuan perekonomian bangsa dan negara, yang diwujudkan dalam berbagai langkah bisnis yang dapat menjadi peluang bagi masyarakat. Pengembangan bisnis terus dilakukan dengan meningkatkan berbagai sektor penting agar JNE memiliki kualitas pelayanan terbaik, sehingga dapat selalu bermanfaat bagi seluruh stakeholder (pemangku kepentingan), pelanggan, maupun para mitra.

Meskipun dikenal oleh masyarakat sebagai perusahaan jasa pengiriman dan distribusi, JNE terus mengepakkan sayapnya dengan memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang atau money remittance. Pada akhir tahun 2012, JNE memisahkan diri dari divisi Logistik, menjadi unit usaha tersendiri dan terpisah dari unit kurir ekspres.

Mulai tahun 2013, JNE mulai berekspansi di bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight. Di tahun 2014, kemudian membuat JNE E-Commerce dan melakukan optimalisasi Mobile Applications, serta membangun 250 kantor operasional juga memperluas jaringan hingga lebih dari 7000 outlet di seluruh Indonesia untuk bersaing dalam Asia Free Trade Area yang berjalan sejak tahun 2015.

Bapak Kurnia juga menambahkan bahwa JNE didirikan dengan tujuan utama agar membawa manfaat bagi banyak orang, baik internal maupun eksternal perusahaan sesuai dengan tagline-nya yaitu “Connecting Happiness”. Oleh karena itu, penghargaan ini menjadi motivasi  seluruh manajemen dan karyawan untuk terus menjalankan performa kerja yang prima, dan melanjutkan komitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan bisnis. Besar harapan melalui berbagai program dan langkah JNE, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat secara luas. Amin

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun